Fakta Vagina yang Wajib Diketahui Calon Ibu
≡ Menu
Home » Kesuburan Wanita » 10 Fakta Tentang Vagina yang Wajib…

10 Fakta Tentang Vagina yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Fakta vagina: sabun wangi mempengaruhi pH vagina - via livestrongcdn.com

Fakta vagina: sabun wangi mempengaruhi pH vagina – via livestrongcdn.com

Dear, calon ibu! Vagina merupakan salah satu organ reproduksi yang penting untuk kehamilan. Lewat vagina, sperma mendapatkan jalan masuk untuk menemui sel telur.

Untuk itu, membekali diri dengan pengetahuan tentang fakta vagina sangat penting. Jika sudah tahu, niscaya Anda terdorong untuk merawatnya baik-baik. Yuk, kita ketahui 10 fakta vagina berikut ini!

1. Vagina adalah bagian otot yang elastis, di mana ia mengarah dari pembukaan vulva ke uterus

Klitoris dan labia membentuk bagian vulva di luar klitoris vagina. Klitoris sendiri adalah sekelompok jaringan dengan sejumlah ujung syaraf yang sangat sensitif. Letaknya ada di dekat bagian atas labia dalam (yang berdaging), pada bagian mirip bibir di sekitar pembukaan vagina.

2. Keberadaan G-spot pada vagina masih kontroversi hingga kini

Keberadaan G-spot pada organ reproduksi wanita masih jadi kontroversi hingga hari ini. Awal mula G-spot tercetus pada tahun 1950. Seorang dokter dari Jerman bernama Ernst Grafenberg mengklaim kalau G-spot adalah area spesifik di dinding vagina, yang bisa memicu orgasme. Sayangnya, belum ada bukti yang konsisten untuk mendukungnya.

3. Ukuran dan bentuk vagina setiap wanita tidaklah sama

Studi menunjukkan, ada banyak perbedaan dalam ukuran dan bentuk vagina di setiap wanita. Namun, ini adalah hal yang lumrah sebab tidak ada ukuran dan bentuk vagina yang standar. Sejauh ini, tinggi badan dan usia wanita diketahui mempengaruhi ukuran dan bentuk vagina.

4. Latihan dasar panggul bermanfaat untuk vagina

Latihan dasar panggul (pelvic floor exercises) atau kerap disebut Kegel, adalah kontraksi otot-otot yang menahan kandung kemih dan uretra (tabung di mana urin mengalir keluar). Dengan demikian, kandung kemih dan uretra tetap berada di tempat yang seharusnya.

Melakukan latihan ini tidak hanya memperkuat otot-otot yang menahan kandung kemih dan uretra. Ia juga membantu mengatasi inkontinensia (tidak mampu menahan buang air kecil), yang sering terjadi sebagai gejala awal kehamilan. Uterus dan kandung kemih pun terhindar dari kekenduran ke arah vagina.

Otot panggul yang kuat dapat meningkatkan sensitivitas saat hubungan seksual dan mengintensifkan orgasme. Jadi, Anda masih pikir-pikir untuk mengikuti kelas latihan dasar panggul?

5. Rasa sakit saat berhubungan seksual itu biasa

Rasa sakit saat berhubungan terjadi pada satu dari empat wanita selama hidup mereka. Namun jika Anda selalu merasakannya setiap kali berhubungan, bahkan terasa semakin parah, pergilah ke dokter atau klinik kesehatan dan jalani pemeriksaan.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan rasa sakit ini. Mulai dari endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid, efek melahirkan yang terjadi belum lama ini, keringnya vagina, masalah psikologis, hingga kurangnya gairah seksual.

Untuk mengatasi rasa sakit, Anda bisa menghindari hubungan seksual sementara saat merasa lelah atau cemas. Buat diri Anda serta pasangan rileks dan intim melalui pijatan sebelum berhubungan.

6. Menghindari celana dalam yang ketat menghindarkan Anda dari sariawan vagina

Mungkin Anda tidak percaya, tapi sariawan pada vagina memang ada. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan celana dalam yang sangat ketat. Selain menyebabkan keputihan, kebersihan vagina juga sangat rawan. Gesekan dari kain cenderung membantu pergerakan bakteri atau materi dari feses, mengarah ke vagina dari rektum.

Jika higienitas masih menjadi prioritas Anda, mengganti celana dalam yang ketat harus dilakukan sekarang juga. Pakailah celana dalam yang longgar, nyaman, dan menjamin pertukaran udara untuk vagina.

7. Toxic shock syndrome berpotensi mengancam nyawa Anda jika mengenakan tampon lebih dari 8 jam

Toxic shock syndrome (TTS) adalah infeksi bakteri yang terbilang langka, namun mampu mengancam kehidupan. Anda bisa terkena infeksi ini jika menggunakan tampon lebih dari 8 jam. Waspadalah jika Anda mengalami gejala muntah, ruam kulit seperti terbakar matahari, diare, nyeri otot, pusing, atau kebingungan. Kalau satu atau lebih gejala di atas diiringi suhu tinggi yang mendadak, segera dapatkan bantuan medis sebelum TTS positif menghampiri.

8. Jika jumlah, warna, dan konsistensi keputihan selalu berubah, itu lazim

Pada waktu yang berbeda dalam satu bulan, keputihan Anda mungkin berbentuk seperti awan putih. Kadang juga jernih. Konsistensinya juga akan terus bervariasi, dari lengket, seperti krim, hingga menyerupai putih telur mentah. Namun, debit keputihan yang sehat biasanya tidak berbau tajam dan tidak berwarna.

9. Perubahan mendadak pada keputihan bisa mengindikasikan infeksi vagina

Keputihan yang mendadak lebih banyak daripada biasanya, gatal, dan baunya sangat berubah, berpotensi pada bacterial vaginosis (BV) atau sariawan vagina. BV dapat dipicu oleh ketidakseimbangan pH akibat penyemprot vagina, sabun wangi, hubungan seksual dengan pasangan baru, atau penggunaan antibiotik.

10. Jika Anda pernah melahirkan secara caesar, tak berarti kelahiran selanjutnya juga caesar

Faktanya, wanita yang punya riwayat menjalani operasi caesar, bisa melahirkan bayi secara alami untuk kehamilan sesudahnya. Mintalah saran dokter atau bidan untuk pilihan persalinan yang terbaik untuk Anda.

Kesepuluh fakta vagina di atas, jangan pernah Anda abaikan. Terlebih jika Anda ingin segera memiliki momongan. Bila terdeteksi masalah, segera konsultasikan pada dokter yang terpercaya supaya masalah infertilitas tidak mengganggu rencana kehamilan Anda. Good luck!