10 Langkah Sederhana Menjaga Emosi Agar Segera Mendapatkan Momongan

10 Langkah Sederhana Menjaga Emosi Agar Segera Mendapatkan Momongan

Langkah Sederhana Menjaga Emosi Agar Segera Mendapatkan MomonganSeperti yang pernah dibahas oleh akuinginhamil.com sebelumnya, salah satu hal yang harus dihindari demi segera mengandung bayi adalah rasa stres. Tapi, tak dapat dipungkiri bahwa stres bisa datang kapan saja tanpa kita sadari. Entah stres karena pekerjaan, kejadian buruk yang datang secara tiba-tiba, bahkan stres karena kehamilan tidak kunjung menghampiri Anda. Daripada Anda tidak kunjung mendapatkan anak, alangkah baiknya jika Anda segera mengambil cara yang mungkin mengontrol emosi. Tak perlu ambil langkah yang amat sulit, 10 langkah sederhana pengontrol emosi ini bisa Anda lakukan demi tercapainya impian Anda segera menimang anak.

1. Ambil kendali emosi Anda

Adalah sebuah kewajaran apabila Anda merasa cemas dan heran karena tak kunjung dikaruniai momongan. Namun, sebelum rasa cemas dan heran tersebut berubah menjadi stres yang berat, kendalikanlah pikiran dan emosi Anda. Tidak perlu terlalu panik dan membawanya sebagai suatu permasalahan yang amat berat. Buatlah pikiran Anda tetap ringan agar Anda dapat merasa lebih baik.

2. Tetap menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat

Sekedar menunggu sampai Anda hamil saja, kadang bisa membuat bosan. Bahkan, bukan tidak mungkin lagi Anda akan terbawa stres jika hanya sekedar menunggu dan selalu berpikir kapan akan hamil. Sebaliknya, jalanilah dengan perasaan yang mengalir.
Jika Anda memang bekerja dan punya kesibukan lain selain di rumah, kerjakanlah kesibukan itu dengan senang hati. Atau cobalah berolahraga, menonton film, melihat pertunjukan, atau pergi jalan-jalan. Pastikan Anda selalu melakukan sesuatu, tidak menunggu, dan hanya bertanya-tanya.

3. Istirahat yang cukup

Meskipun punya banyak kegiatan yang membuat Anda sangat sibuk, pastikan apapun yang Anda lakukan tetap menyisakan waktu untuk beristirahat dan merencanakan kehamilan. Namun, bila profesi Anda menuntut waktu yang banyak atau pekerjaan fisik dan lapangan yang sangat berat, ada baiknya ada mengambil rehat demi fokus untuk hamil. Istirahat mental dan fisik dapat membantu Anda hamil dalam jangka panjang dan meringankan pikiran dari beban-beban yang sering hinggap di pikiran Anda.

4. Cari tahu tentang fakta-fakta untuk kesuburan

Selagi merencanakan kehamilan, perbanyaklah pengetahuan Anda tentang kesuburan dan kehamilan. Membaca informasi kehamilan di akuinginhamil.com, misalnya. Mengetahui hal-hal tersebut dapat membantu Anda untuk lebih merasa tenang dan belajar mengantisipasi segala kesulitan sejak dini. Cari tahu apa saja yang terjadi ketika Anda berovulasi dan cari cara untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

5. Tetap bercinta dan melakukan modifikasi-modifikasi tertentu

Bagaimana pun juga, jangan menyerah dan tetaplah terus bercinta dengan suami Anda. Agar tidak merasa bosan dan tidak putus asa, cobalah gunakan modifikasi-modifikasi lain dalam bercinta. Misalnya dengan menambahkan gerakan atau goyangan, mecoba lingerie baru yang seksi, atau menggunakan musik yang mendukung. Coba juga merubah tempat bercinta Anda. Di hotel yang nyaman saat sengaja berlibur untuk bulan madu lagi atau dengan cara mendekor kembali ruang tidur Anda dan suami. Lakukanlah modifikasi apa saja yang tetap dapat menjaga suasana hati Anda dan suami dalam bercinta.

6. Memanjakan diri

Masa-masa merencanakan kehamilan adalah saat tepat untuk benar-benar memanjakan diri sendiri. Pilih sesuatu yang Anda cintai seperti makan cokelat, pijat refleksi, menonton film yang menyenangkan, atau traveling ke tempat yang jauh. Anda benar-benar pantas mendapatkan itu semua dan justru itu akan membantu Anda menghilangkan rasa cemas dan stres selama menunggu kehamilan.

7. Meminta bantuan dari keluarga dan teman-teman

Apakah Anda sudah pernah berbagi cerita dan meminta saran dari keluarga dan teman-teman Anda? Jika belum, cobalah berbagi dengan keluarga dan teman terdekat Anda. Apalagi jika mereka sudah berpengalaman hamil, pastinya mereka memiliki empati dan tips-tips yang akan mendukung Anda supaya cepat hamil. Atau Anda juga bisa meminta mereka mendatangi Anda dan menikmati waktu bersama. Pergi hang out atau perawatan ke salon, sebagai contohnya. Meskipun Anda tidak mendapatkan saran langsung dari mereka, paling tidak Anda telah menggunakan waktu Anda untuk sedikit rileks dan tidak stres selama merencanakan dan menunggu kehamilan.

8. Tak perlu gentar dengan pertanyaan orang

Barangkali Anda pernah mendapat pertanyaan dari kawan-kawan, tetangga, mertua, atau bahkan orang tua Anda sendiri. “Kapan punya momongan?” Ya, kadang pertanyaan basa-basi seperti itu sudah sama menyebalkannya seperti seorang jomblo ditanyai “Kapan menikah?”. Jangan langsung gusar dengan pertanyaan tersebut. Jika mereka-mereka yang sudah tega menanyakan itu pada Anda, tidak memberikan saran yang membantu sedikit pun, omongan mereka tak ada pentingnya untuk dimasukkan ke hati. Tetap tenang, ucapkan terima kasih, dan fokuslah pada perencanaan kehamilan Anda.

9. Tak perlu menutupi perasaan

Rasa cemas, depresi, sedih, ataupun bersalah adalah hal yang normal dialami jika Anda tak turut hamil setelah pernikahan. Tapi, Anda tak perlu menutupi perasaan tersebut. Memendam perasaan malah akan menjadi beban dan masalah yang lebih besar lagi. Bahkan, bisa membuat Anda stres dan mempengaruhi tingkat kesuburan.
Paling tidak, berbicaralah dari hati ke hati dengan pasangan Anda. Setelahnya, Anda pasti akan merasa lebih baik. Selanjutnya, Anda dan suami dapat memutuskan mencari informasi dan menemukan solusi dengan lega.

10. Temukan dukungan dari para ahli kandungan

Jangan ragu pula untuk menemui dokter ahli kandungan untuk sekedar konseling. Bila berdasarkan anjurannya Anda memang membutuhkan perawatan atau terapi khusus, cobalah saja ikuti nasehatnya. Bisa jadi, ada gaya hidup yang selama ini tidak sehat dan perlu Anda ubah demi meningkatnya kesburan Anda.

Membesarkan anak memang perlu pengorbanan dan ketelatenan. Begitu pula yang terjadi untuk segera mendapatkan momongan. Anda harus sabar dan senantiasa berusaha meningkatkan kesuburan. Dengan 10 langkah sederhana di atas, pastikan Anda selalu berpikiran positif dan rileks. Semoga Anda dapat segera mendapatkan kehamilan yang menyenangkan ya!

Obat Kesuburan Fertilaid