14 Tips Meningkatkan Gairah Bercinta Saat Program Hamil

14 Tips Meningkatkan Gairah Bercinta Saat Program HamilSaat anda berencana untuk punya bayi, membangun hubungan intim yang menyenangkan dan hangat perlu senantiasa tercipta. Namun ada kalanya, dengan berbagai alasan, pasangan bisa kehilangan hasrat dalam berhubungan seksual. Sehingga menghambat proses mendapatkan bayi yang diinginkan. Faktor seperti psikologis dan fisiologis merupakan penyebab utamannya, libido pun dipengaruhi secara tidak langsung.

Lalu, bagaimana mengatasinya?

14 Tips Meningkatkan Gairah Bercinta Saat Program Hamil.

Di bawah ini beberapa penyebab yang sering ditemukan dari pasangan yang menurun hasrat seksualnya, teruma pada saat program hamil.

#1 – Tekanan Mental / Stres

Bagi beberapa orang, berada di bawah tekanan mental yang cukup berat bukanlah sesuatu yang menghambatnya untuk melakukan berbagai hal dengan baik. Akan tetapi, tidak semua orang merasa nyaman saat sedang stres. Masalah ekonomi, anggota keluarga yang sedang sakit, pekerjaan kantor, serta aktivitas lain yang dapat memicu stres dapat menurunkan libido. Sebagai solusinya, cobalah mencari bantuan untuk menyelesaikan tugas-tugas anda tersebut, hiburlah diri anda dengan berlibur bersama untuk menyegarkan pikiran anda.

*) Baca juga: Stres Bikin Susah Hamil?

#2 – Komunikasi yang kurang baik

Ini adalah salahsatu “biang keladi” berkurangnya gairah berhubungan seksual pasangan suami istri. Khususnya bagi wanita, di mana gairah seksualnya sangat dipengaruhi oleh kedekatan emosional. Komunikasi yang kurang baik, perdebatan sengit, hilangnya kepercayaan, saling mendiamkan, dan beberapa hambatan lain dapat mengurangi dorongan / gairah seksual ke tingkat paling rendah.

#3 – Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan KesuburanBaik pria maupun wanita, jika terlalu sering menenggak minuman beralkohol bisa mematikan hasrat seksual mereka. Selain itu, merokok juga akan menumpuk racun nikotin yang memicu disfungsi ereksi.

#4 – Kurang Tidur

Kurang TidurJika anda merasa hasrat seksual anda sedang naik turun, bisa jadi anda kurang tidur, atau menderita insomnia. Bila tidur anda terganggu tentu saja akan mempengaruhi libido anda juga. Kurang tidur menimbulkan penurunan gairah akibat kelelahan. Terlebih jika anda orang yang sering begadang. Tiba saat anda menyentuh bantal, anda sudah sangat mengantuk untuk melakukan hubungan intim.

#5 – Obat-obatan Kimia

Beberapa obat-obatan dengan jenis berikut ini sering dikaitkan dengan penurunan libido saat diminum: Obat tekanan darah, Anti depresan, Anti HIV, Kemoterapi, Finasteride, serta sejumlah obat KB yang mengatur hormon wanita bekerja meningkatkan hormon seks globulin dan mengurangi hormon testosteron sehingga dapat mengurangi gairah seks. Oleh karenanya, konsultasikanlah dengan dokter agar mengganti obat KB yang tidak berbasis hormon, misalnya obat KB dengan spiral atau kondom.

#6 – Bentuk Tubuh

Rasa percaya diri yang cenderung menurun karena bentuk tubuh terkadang membuat pasangan sulit untuk merasa seksi. Misalnya, merasa terlalu gemuk (meskipun sebenarnya masih dalam batas normal), bisa menurunkan gairah anda. Jika pasangan anda merasakan hal tersebut, berusahalah untuk meyakinkannya bahwa ia masih terlihat menarik di mata anda, tumbuhkan rasa percaya dirinya kembali. Usaha lain bisa dengan berolahraga. Olahraga secara rutin tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri namun juga meningkatkan kesuburan anda dan pasangan.

#7 – Terlalu Gemuk

Penyebab menurunnya gairah juga terkait dengan obesitas, alasannya mungkin belum begitu jelas, namun berpengaruh bagi kepercayaan diri. Seperti berhubungan intim tidak memuaskan, stigma sosial, serta isu psikologis lainnya.

#8 – Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi merupakan gangguan seksual dan berbeda dengan kehilangan libido. Saat pria mengalami masalah disfungsi ereksi ini sering khawatir mengenai kemampuan mereka untuk melakukan hubungan seksual yang dapat memuaskan pasangan, misalnya karena ejakulasi dini.

#9 – Vagina Kering

Kurangya produksi pelumas alami dapat menurunkan hasrat seksual anda, bahkan bisa menyakitkan. Solusinya yaitu dengan menggunakan pelumas / lubrikan sehingga mengatasi kekeringan vagina saat berhubungan dan kenyamanan berhubungan seksual anda. Tapi harap dicatat, pilihlah lubrikan yang ramah bagi sperma, bukan justru membunuh sperma anda.

#10 – Hormon Testosteron Rendah

Dorongan seksual meningkat karena hormon testosteron, sementara level testosteron menurun seiring bertambahnya usia. Tidak semua pria kehilangan gairah seksualnya saat level testosteron mereka menurun, namun sebagian yang lain mengalami penurunan yang berarti.

#11 – Trauma dan Depresi

Ketika anda mengalami depresi, dorongan seksual kontan menurun. Konsultasikanlah dengan dokter tentang masalah yang menyebabkan anda depresi. Pastikan juga untuk mengaitkannya dengan gairah seksual anda yang menurun akibat depresi atau trauma anda tersebut. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat kepada anda.

#12 – Menopause

Sebagian besar wanita berkurang dorongan seksualnya sekitar waktu menopause, meskipun wanita tetap percaya pentingnya menjaga kehidupan seksual untuk tetap aktif. Gejala menopause semisal kekeringan vagina dan rasa nyeri saat berhubungan membuat aktivitas seksual menjadi tidak nyaman.

#13 – Keadaan Kamar yang Berantakan

Kamar yang BerantakanPenelitian menunjukkan, bahwa ternyata ada kaitan antara kamar tidur yang berantakan dengan depresi ringan dan tidak bahagia. Selain itu, sejumlah ahli juga menyatakan bahwa kamar tidur berantakan bisa menjadi penyebab turunnya gairah seksual seseorang.

#14 – Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol dapat menghambat saluran pembuluh nadi ke dalam tubuh, termasuk aliran darah ke area panggul. Jika aliran ke area panggul berkurang, maka sensasi di area genital akan terasa kurang sehingga sulit terjadi orgasme. Oleh karena itu, ubahlah pola makan anda agar lebih sehat, dan mengurangi kadar kolesterol anda. Sehingga saluran pembuluh nadi dapat bekerja dengan normal dan gairah seksual anda kembali meningkat.

Comments
  1. aq udah hmpir 2thn blm pnya anak, gmna cranya untk saya pnya anak.

  2. iya nie udah hmpir 3 thun prnikahn kmi belum the tnda@ kehamilan….da kah tips yg bsa bntu? mkasih..^_^

  3. aku pingin hamil………….

  4. saya udh hampir 3/5 thn tp blum juga punya keturunan,,, apakah add solusinya biar saya cept mendapat momongan,,,

  5. gimana cara yg simpel utk bikin anak.

  6. rhani chute

    aku ingin hamil gmn cra yg eraktis y?

  7. Theresia

    Aku jg lg program nih siss, yg terpentingbud cek diri ke dokter lom, kita n suami jg hrs di periksa

  8. Nia melianti fajar

    aq lg program hamil,n skrng dah telat namun blm d tes krn ragu so mohon doanya ya bun smoga benar2 hamil amin

  9. wiwit wigunawanti

    udah 3thn lebih blm punya momongan. periksa ke dokter sudah dan hasilnya bagus. bunda kalau ada tips cepat hamil bagi dong….

  10. aku udah 6th menikah tp belum bisa hamil gimna cara yang mudahagar bisa hamil

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *