16 Makanan untuk Merangsang Kesuburan Pria dan Wanita
≡ Menu
Home » Kesuburan Pria » 16 Makanan yang Baik untuk Merangsang…

16 Makanan yang Baik untuk Merangsang Kesuburan Pria dan Wanita

Makanan untuk merangsang kesuburan - via capelspice.com

Makanan untuk merangsang kesuburan – via capelspice.com

Pada prinsipnya, makanan yang baik untuk kesehatan, juga baik untuk kesuburan Anda. Namun, pengaturan pola makan yang seimbang dan pemilihan makanan yang tepat, harus diperhatikan agar manfaat untuk kesuburannya tidak mubazir. Berikut ini, tim Akuinginhamil.com berhasil menghimpun sejumlah makanan yang tidak hanya merangsang kesuburan, tapi juga merupakan aprodisiak alias baik untuk membangkitkan gairah seksualitas Anda dan suami.

1. Kacang almond

Dari waktu ke waktu, kacang almond senantiasa menjadi simbol kesuburan. Menghirup aromanya saja, dapat meningkatkan gairah seksual wanita. Apalagi jika kacang almond dipadukan sebagai isian cokelat. Bukankah ini adalah perpaduan yang nikmat dan sempurna?

Bukan untuk wanita saja, kacang almond juga terbukti merangsang kesuburan pria lewat kandungan vitamin E yang melimpah. Sebuah studi menunjukkan bahwa vitamin E juga merupakan antioksidan yang melindungi sperma dan DNA sel telur.

Tak hanya kacang almond, kacang walnut, hazelnut, chestnut, mede, pistachio, dan pine nut juga membantu kesehatan sistem pembuluh darah. Oleh karena itu, aliran darah yang menuju ke area genital lebih lancar. Bahkan ada kandungan Omega 3, magnesium, asam folat, dan seng (zinc) yang disarankan untuk kehamilan.

2. Buncis

Karena dianggap sebagai aprodisiak yang baik untuk pria, prajurit-prajurit di masa Romawi kerap kali memberi makan kudanya dengan buncis. Tujuannya agar kuda-kuda tersebut tetap prima saat dibawa berperang. Namun, khasiat buncis untuk merangsang kesuburan bukanlah isapan jempol semata.

Buncis merupakan salah satu sumber protein nabati. Bersama dengan kacang polong dan kacang tanah, ketiganya sudah sangat dikenal mampu meningkatkan kesuburan. Beda dengan sumber protein hewani, yang khasiatnya tidak sebanyak protein nabati. Selain itu, buncis juga memiliki zat besi yang penting untuk kesuburan dan untuk masa-masa kehamilan.

3. Cokelat

Sudah tidak diragukan lagi kalau cokelat adalah bermanfaat untuk seksualitas. Senyawa kimia cinta bernama Phenylethylamine ditemukan di dalam cokelat. Senyawa ini akan berujung pada munculnya dopamin yang membuat seseorang bahagia. Senyawa ini juga merangsang otak agar meningkatkan gairah seksualitas, sekaligus kemampuan seks.

Cokelat yang terbaik untuk kesuburan adalah dark chocolate. Ini karena ia tidak mengandung banyak pemanis dan aman untuk berat tubuh. Tapi jika Anda menyukai coklat yang lebih manis, tak apa. Silahkan konsumsi dengan porsi sedang. Dengan begitu, berat badan Anda tidak akan naik dan mempengaruhi kesuburan

4. Pisang

Buah pisang begitu kaya dengan vitamin B dan mineral. Keduanya penting untuk pembentukan hormon seksual. Enzim bromelain yang dikandungnya juga dipercaya memperbaiki dan menaikkan libido pria.

5. Bawang putih

Bawang putih dapat melenturkan pembuluh darah dan menurunan kolesterol dalam darah. Karena manfaat inilah, pembuluh darah vaskuler, pembuluh darah otak, pembuluh darah di jantung, dan juga pembuluh darah di alat kelamin lebih lentur. Tentunya, ini sangat bermanfaat untuk kesuburan Anda.

6. Ketumbar

Sejak 1.000 tahun yang lalu, ketumbar sudah dikenal sebagai aphrodisiac. Khususnya, bagi pasangan suami istri di Arab. Kandungan phyto-estrogen dalam ketumbar sangat terasa manfaatnya untuk meningkatkan seksualitas.

7. Madu

Tak cuma menghaluskan kulit, madu dipercaya mengobati kemandulan wanita dan impotensi pria. Bangsa Mesir telah berabad-abad menggunakan madu sebagai bahan dasar obat-obatan. Hal ini diperkuat oleh Theresa Chrenshaw, M.D. Yang menulis buku “The Alchemy of Love and Lust”. Menurut Chrenshaw, madu murni memiliki kandungan Boron. Ini merupakan kandungan serupa zat mineral yang membantu tubuh dalam menggunakan estrogen (hormon seksual wanita).

Tak hanya untuk wanita, penelitian lainnya juga menguatkan khasiat Boron untuk kesuburan pria. Misalnya, Boron terbukti mempengaruhi dan meningkatkan kadar testosteron (hormon seksual pria) dalam darah. Selain itu, madu juga memperkaya energi peminumnya.

8. Ginseng

Akar tanaman yang bisa didapatkan di Korea dan Cina ini, dipercaya membuat kondisi fisik pria lebih prima. Selain itu, vitalitasnya dan libido pria juga meningkat. Dalam beberapa penelitian, ginseng juga merupakan stimulan hormon. Tak mengherankan apabila begitu banyak obat kesuburan di pasaran, yang menggunakan komposisi ginseng di dalamnya.

9. Nanas

Lewat kebiasaan turun-temurun, nanas sering dituding sebagai penyebab beceknya vagina. Dengan kata lain, lendir yang keluar dari vagina terlalu berlebihan jumlahnya. Namun, ini hanya mitos. Malahan, nanas kaya vitamin C dan dapat dipakai mengobati impotensi.

10. Terong ungu

Para pria percaya kalau terong ungu memiliki manfaat untuk kesehatan seksual. Faktanya, memang terong ungu bermanfaat untuk kesuburan. Ini karena terong memiliki kandungan flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan. Kandungan ini akan melancarkan sirkulasi darah dan mengatasi disfungsi ereksi karena gangguan sirkulasi.

11. Biji selasih

Mungkin belum banyak yang tahu manfaat biji selasih, yang biasa digunakan untuk minuman es ini. Biji selasih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi vagina yang becek. Biji selasih memiliki kandungan zat cineole dan tannin. Keduanya berkhasiat mengurangi sekresi cairan berlebih di vagina.

12. Gandum

Menambah asupan serat dan karbohidrat kompleks dalam menu makan, dapat membantu Anda menjaga berat badan. Penurunan berat badan sendiri sangat penting untuk kesuburan dan rencana kehamilan. Sebaliknya, obesitas dapat menurunkan kadar testosteron serta menurunkan kemampuan dan fungsi seksual.

Untuk itu, pilihlah roti gandum daripada roti putih. Prioritaskan sarapan sereal gandum daripada sereal jagung di pagi hari. Gandum adalah pilihan yang baik karena meningkatkan energi sekaligus meningkatkan fungsi seksual.

13. Cabai

Makanan yang pedas dapat membuat jantung memompa darah dengan lancar. Capsaicin, kandungan yang membuat cabai pedas, juga memicu otak agar menghasilkan endorphin. Zat inilah yang mampu menciptakan sensasi kenikmatan. Di samping itu, ia menstimulasi sistem syaraf agar gairah seksual meningkat.

14. Alpukat

Alpukat dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Di samping itu, alpukat memiliki kandungan lemak baik, protein, dan potasium. Ketiganya baik untuk kesehatan, tak terkecuali kesehatan reproduksi pria dan wanita.

15. Jahe

Sejumlah penelitian mendapati, jahe merangsang sistem sirkulasi darah. Akibatnya, peredaran darah yang menuju ke area organ reproduksi pun dilancarkan. Orgasme pun terbantu karenanya.

16. Kedelai

Kedelai dikenal rendah lemak dan tinggi protein. Produk olahan kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai pun mengandung phytoestrogen. Kandungan ini dapat melawan PMS (sindrom pramenstruasi) dan menopause dini. Kedelai mengikat reseptor estrogen, sehingga membantu wanita yang tingkat estrogennya turun. Vagina pun tetap terlubrikasi berkat kandungan phytoestrogen.