24 Fakta Asam Folat & Manfaatnya Bagi Kehamilan Anda

24 Fakta Asam Folat, Vitamin Kehamilan Anda

Konsumsi asam folat - via capitalotc.com

Konsumsi asam folat – via capitalotc.com

Bagaimana kabarnya calon ibu, sudah kenal dengan asam folat? Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, ia adalah vitamin yang krusial untuk kehamilan Anda. Tak mengherankan, ia dianjurkan diminum selama program hamil hingga awal kehamilan.

Konon, ia juga mengurangi resiko bayi lahir cacat. Karenanya, kini banyak produk susu dan suplemen yang merekomendasikannya sebagai komposisi. Untuk Anda yang berniat mengambil suplemen asam folat demi kesuburan, yuk kita simak faktanya berikut ini! (Baca juga tentang suplemen untuk hamil cepat dan mudah di sini.)

  1. Asam folat adalah jenis vitamin yang digunakan untuk mencegah atau mengobati kekurangan asam folat di dalam tubuh.
  2. Umumnya, ia digunakan pada kehamilan. Penggunaan semasa hamil ditujukan agar bayi terhindar dari lahir dengan cacat tabung syaraf. Misalnya, spina bifida.
  3. Ia juga bisa digunakan untuk merawat beberapa jenis anemia. Asam folat khas digunakan untuk folate deficient anaemia. Ia juga mencakup pengobatan anemia karena kekurangan folat, kehamilan, dipakai dalam obat yang digunakan untuk merawat epilepsi, perawatan sindrom malabsorpsi seperti penyakit celiac, pencegahan cacat tabung syaraf, anemia hemolitik seperti anemia sel sabit, dan pencegahan kekurangan folat dalam dialisis. Banyak bukan?
  4. Pada kasus tertentu, ia juga diresepkan untuk pencegahan efek samping metotreksat-induced pada penyakit rematik.
  5. Asam folat juga boleh dikonsumsi oleh orang tua.
  6. Ia harus digunakan hati-hati pada kasus anemia pernisiosa. Anemia pernisiosa adalah kekurangan vitamin B12.
  7. Ia tidak boleh dikonsumsi oleh pasien dengan alergi asam folat dan semacamnya. Misalnya oleh pengidap folate-dependent tumours, penyakit Addison (penyakit kelenjar Adrenal), dan kanker.
  8. Ia sebaiknya disimpan di ruangan bersuhu di bawah 25 derajat Celcius.
  9. Jika mengambilnya untuk mencegah cacat tabung syaraf, Anda harus mengambilnya sekali dalam sehari. Lakukan ini ketika mencoba hamil hingga minggu kedua belas kehamilan. Jika tidak, minumlah sesuai anjuran dokter. Anda bisa membaginya ke dalam dosis yang lebih kecil lagi supaya bisa dikonsumsi sepanjang hari. Misalnya, dosis 1 pil dibagi menjadi setengah-setengah untuk pagi dan malam.
  10. Konsumsi yang baik adalah pada waktu yang sama, setiap harinya. Konsumsi asam folat harus rutin, sebagaimana diinstruksikan selama kehamilan. Kecuali, dokter membuat perkecualian karena adanya kondisi khusus. Kondisi pengobatan tertentu mungkin membutuhkan instruksi dosis yang berbeda.
  11. Dosisnya tergantung umur. Selain umur, dosis juga tergantung pada jenis kelamin, kondisi medis, respon pada terapi, dan penggunaan sejumlah obat-obat berinteraksi tertentu.
  12. Konsumsi asam folat tidak memiliki pengaruh pada kemampuan mengemudi dan mengoperasikan mesin. Tidak seperti obat yang membuyarkan konsentrasi dan membuat kantuk, asam folat bisa membuat Anda tetap mengemudi kendaraan. Untuk informasi lebih detil, Anda bisa menghubungi dokter atau apoteker Anda.
  13. Penggunaannya harus diselesaikan hingga tuntas. Selalu selesaikan perawatan dengan asam folat secara lengkap dan tuntas, seperti anjuran dokter. Atau, lanjutkan sebagaimana dianjurkan untuk kehamilan Anda. Kalau Anda menyelesaikannya di tengah jalan, manfaatnya mungkin tidak terasa. Jika ada masalah, hubungilah dokter atau apoteker Anda.
  14. Efek sampingnya adalah alergi. Di samping alergi, ada pula rasa sakit, muntah, atau sakit perut. Ini sebenarnya wajar. Tapi jika tak kunjung pulih dan semakin parah, informasikan dokter untuk penanganan lebih cepat. Segera dapatkan penanganan jika ada gejala alergi seperti kulit ruam, mengelupas, bibir/mulut sakit dan bisul, dan sesak pada dada.
  15. Namun, efek samping yang serius sangat jarang terjadi. Ketika dokter memberikan resep asam folat, itu artinya dia telah memperkirakan kalau manfaatnya lebih besar daripada resiko efek sampingnya. Reaksi serius terbilang tidak mungkin. Namun bila alergi serius (kulit ruam; gatal atau bengkak pada wajah, lidah, dan tenggorokan; pusing; sulit bernapas) menimpa Anda, segera cari bantuan medis.
  16. Sebelum mengambilnya, pastikan Anda menyampaikan alergi yang dipunya. Sebelum mendapatkan resep, sampaikan kepada dokter atau apoteker yang Anda miliki. Misalnya, alergi pada suplemen vitamin, alaergi pada asam folat itu senditi, dan alergi lainnya.
  17. Selain alergi, riwayat medis juga perlu disampaikan.
  18. Jika masih mengkonsumsinya, beritahu dokter atau dokter gigi jika hendak operasi.
  19. Sampai kini, belum diketahui apakah alkohol mempengaruhi asupan asam folat.
  20. Kandungan asam folat bisa masuk ke dalam ASI. Untuk keamanan lebih, berbicaralah pada dokter tentang konsumsi asam folat sebelum menyusui.
  21. Ada dua macam obat yang seharusnya tidak dikonsumsi berbarengan dengan asam folat. Mereka adalah raltitrexed dan flourouracil. Konsumsi bersamaan akan menciptakan interaksi kimia yang fatal.
  22. Sebelum mengkonsumsinya, penting juga menyampaikan pada dokter atau apoteker tentang semua obat yang Anda pakai. Sampaikan data tentang obat-obatan yang Anda pakai. Baik itu obat resep atau obat herbal. Sebab, ada penggunaan obat tertentu yang membuat dosis asam folat harus dikurangi. Misalnya, obat epilepsi.
  23. Belum ada kasus overdosis sejauh ini.
  24. Jika lupa satu dosis, Anda bisa segera mengkonsumsinya begitu ingat. Tapi jika waktu minum obat selanjutnya sudah dekat, Anda bisa melupakan waktu minum obat tersebut. Yang penting, jangan gunakan dua dosis pada saat yang sama.

Calon ibu, dari fakta-fakta di atas, Anda sudah paham bukan bagaimana konsumsi suplemen asam folat yang tepat? Yuk gunakan dosis yang baik dan sesuai anjuran dokter demi tercapainya kehamilan Anda!