3 Penyebab Dismennorhea yang Perlu Anda Waspadai

3 Penyebab Dismennorhea yang Perlu Anda DiwaspadaiHalo, calon ibu! Pernahkah Anda merasakan rasa sakit atau keram pada bagian perut yang luar biasa kala menstruasi datang? Ya, rasa sakit tersebut dinamakan dengan dismennorhea. Dismennorhea ini terjadi pada banyak wanita di awal-awal menstruasinya. Saking sakitnya, terkadang banyak wanita terganggu dalam beraktivitas dan harus bedrest.

Selain bedrest, mengkompres perut dengan sebotol air panas dan meminum obat penghilang nyeri haid juga turut dilakukan. Maklum saja, karena gejala yang terjadi pada 1-2 hari pertama menstruasi ini hampir menyebabkan rasa sakit pada seluruh tubuh. Mulai dari perut, vagina, punggung, dan juga kaki. Bahkan mual dan pusing pun diderita.

Anda boleh saja berpikir kalau gejala-gejala dismennorhea tadi normal. Tapi, ada baiknya Anda mengenali penyebab-penyebabnya terlebih dahulu. Sebab, ada lho penyebab dismennorhea yang cukup berbahaya bagi kesuburan Anda! Ingin tahu apa saja? Yuk, kita saksikan tiga poin berikut!

1. Infeksi pada ovarium atau tuba falopi

Seperti yang kita ketahui, ovarium dan tuba falopi merupakan organ reproduksi yang mempunyai peran penting untuk kehamilan. Ovarium atau indung telur adalah kelenjar yang memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon. Dengan bantuan tuba falopilah, sel telur disambungkan pada rahim. Jika sel telur yang dihasilkan ovarium dan disalurkan tuba falopi ini tidak dibuahi, ia akan berubah menjadi darah menstruasi bersamaan lapisan dinding rahim yang luruh.

Kalau ovarium dan tuba falopi Anda saja terkena infeksi, siapa yang tak merasakan sakit berlebihan saat menstruasi? Oleh karenanya, kunjungi klinik kesuburan adalah langkah penting demi kesuburan, terutama kualitas sel telur Anda. Biasanya, dokter akan melakukan pengobatan dan serangkaian tes fisik untuk mendeteksi apakah Anda terkena infeksi penyakit seks menular atau tidak, serta memberi obat antiobiotik jika diperlukan.

2. Fibroid

Fibroid adalah tumor otot yang pertumbuhannya ada pada dinding rahim. Orang awam menyebutnya miom atau myoma. Meski merupakan tumor jinak dan tidak berbahaya, tumor ini bisa tumbuh semakin besar. Kalau dibiarkan saja, selain menstruasi Anda terus menerus sakit, kesuburan Anda bisa terganggu. Pasalnya, fibroid berpotensi menyebabkan sulit hamil atau mandul. Di samping itu, anemia dan rasa letih lesu akan selalu menyertai menstruasi Anda.

3. Endometriosis

Endometriosis adalah kelainan di mana jaringan rahim (endometirum) bisa tumbuh dan berada di luar rahim. Endometriosis ini dapat menurunkan kualitas sel telur dan menciptakan perubahan anatomi organ reproduksi yaitu peradangan. Cadangan sel telur pun bisa semakin berkurang karena membesarnya kista endometriosis ini. Tak mengherankan apabila Anda selalu melewatkan menstruasi dengan adanya dismennorhea.

Jika Anda ingin memastikan penyebab dismennorhea yang selalu terjadi di setiap siklus, jangan ragu mengunjungi dokter. Penyebab dismennorhea seperti endometriosis, bisa berlangsung sangat lama dan hanya dapat terhenti ketika Anda masuk masa menopause. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mengorbankan kesuburan dan gagal mendapatkan momongan, jangan melakukan upaya yang setengah-setengah!

Segera hubungi dokter dan kunjungi kliniknya! Dapatkan perawatan dan pengobatan yang sesuai serta lakukanlah hingga prosesnya tuntas. Proses perawatan yang tidak dilaksanakan sampai usai dan melenceng dari instruksi dokter, bukan tidak mungkin akan mengembalikan masalah kesuburan Anda.

Tetap semangat merencanakan kehamilan, ya!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «