4 Alasan Wajib Mencoba Inseminasi Intrauterin
≡ Menu
Home » Kesuburan Wanita » 4 Alasan Wajib Mencoba Inseminasi…

4 Alasan Wajib Mencoba Inseminasi Intrauterin

Wajib mencoba inseminasi intrauterin - via blogspot.com

Wajib mencoba inseminasi intrauterin – via blogspot.com

Halo, calon ibu! Kemarin tim akuinginhamil.com sudah berbagi tentang inseminasi intrauterin. Anda telah memahami teknologi inseminasi ini dari segi peruntukkan dan tahap perawatannya yang meliputi lima proses. Lalu, apakah Anda masih penasaran tentang teknologi yang mampu mengatasi masalah kesuburan ini?

Tenang, calon ibu! Kini tim akuinginhamil.com kembali berbagi info lengkap mengenai inseminasi artifisial ini. Mulai dari lamanya perawatan, persentase kesuksesannya, hingga empat alasan yang membuat pasangan infertil harus mencobanya. Sudah tidak sabar? Berikut ini adalah informasi yang berhasil tim akuinginhamil.com himpun:

Lamanya Perawatan Inseminasi Intrauterin

Proses inseminasinya sendiri hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Namun sebelum inseminasi dilakukan, Anda akan disarankan mengkonsumsi obat kesuburan. Lamanya kurang lebih seminggu sebelum ovulasi. Anda juga akan menghabiskan waktu selama tiga atau empat siklus inseminasi sebelum hamil atau mencoba perawatan lainnya (misalnya program bayi tabung atau In Vitro Fertilisation). Namun, lamanya siklus ini juga tergantung oleh penyebab infertilitas Anda dan pasangan.

Sekarang, beberapa dokter menyarankan wanita yang usianya akhir tiga puluhan atau lebih tua dari itu untuk mencoba program bayi tabung lebih dini. Gunanya untuk perawatan masalah kesuburan lini pertama, yaitu setelah satu atau dua siklus inseminasi intrauterin sukses.

Tingkat Kesuksesan Inseminasi Intrauterin

Tingkat kesuksesan inseminasi intrauterin ini berbeda-beda. Perbedaan itu tergantung pada masalah kesuburan masing-masing pasangan dan usia. Terlebih bagi wanita, usia merupakan komponen penting dalam kesuburan. Semakin tua usia wanita, semakin menurun kualitas dan kuantitas sel telur. Apalagi jika usia telah menunjukkan angka tiga puluhan.

Studi menemukan, pasangan dengan infertilitas yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya (unexplained infertility) mempunyai persentase kehamilan sekitar empat sampai lima persen. Persentase ini terjadi pada siklus yang natural (tanpa rangsangan obat kesuburan). Lain halnya jika obat kesuburan digunakan. Persentase kehamilan sebesar tujuh sampai enam belas persen bisa Anda dapat.

4 Alasan Wajib Mencoba Inseminasi Intrauterin

Setidaknya, ada empat alasan mengapa Anda dan suami wajib mencoba inseminasi intrauterin. Terlebih jika Anda berdua adalah pasangan yang infertil, kenapa harus melewatkan keuntungan dan keunggulan yang dimiliki inseminasi ini?

1. Minim Invasif dan Biayanya Lebih Terjangkau

Untuk banyak pasangan suami istri, inseminasi intrauterin adalah langkah pertama dalam perawatan ketidaksuburan. Ini karena inseminasi buatan tersebut cenderung kurang invasif (tidak memerlukan pembedahan). Dari segi biaya, ia tidak terlalu mahal dibandingkan dengan teknologi reproduksi bantuan lainnya seperti bayi tabung.

2. Waktu Mencapai Kehamilan yang Lebih Cepat

Pasangan di mana suaminya mengalami infertilitas, punya waktu yang lebih mudah dan singkat mencapai kehamilan lewat inseminasi intrauterin. Apalagi jika dibandingkan dengan hubungan seksual natural yang pelaksanaannya harus disesuaikan waktu yang tepat.

3. Hasilnya Lebih Baik Dibandingkan Dengan Hanya Konsumsi Obat Kesuburan

Pasangan dengan kasus infertilitas yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya (unexplained infertility), umumnya memiliki hasil yang lebih baik lewat inseminasi ini. Terlebih jika dibandingkan dengan pasangan yang menggunakan obat kesuburan saja tanpa inseminasi intrauterin.

4. Pembuahan Tetap Terjadi Secara Natural

Prosedur inseminasi buatan ini memperbolehkan pembuahan terjadi secara natural di dalam tubuh wanita. Tidak seperti program bayi tabung, di mana pembuahan dilakukan pada sebuah tabung di laboratorium.

Bagaimana, calon ibu? Berniatkah Anda dan suami mencoba inseminasi intrauterin? Pastikan Anda mendapatkan bantuan dari dokter spesialis terpercaya, ya! Jangan lupa! Tetap berusaha meningkatkan kesuburan Anda dengan gaya hidup sehat dan menghindari stres. Tetap semangat dan semoga usaha Anda membuahkan hasil, ya!