4 Langkah Berdamai dengan Gejala Fibroid Rahim

4 Langkah Berdamai dengan Gejala Fibroid Rahim

Image credit : www.ledisia.com

Halo, calon ibu! Sebagaimana yang kita ketahui dari artikel-artikel akuinginhamil.com sebelumnya, fibroid rahim (uterine fibroids) merupakan salah satu gangguan pada rahim yang bisa menurunkan tingkat kesuburan Anda. Fibroid rahim hadir dalam bentuk tumor non kanker yang tumbuh dari sel otot pada rahim.

Hadirnya fibroid rahim ini dapat mengganggu rencana kehamilan Anda karena mampu mengubah bentuk rahim, memberikan tekanan pada kandung kemih atau usus, memblokir pembukaan rahim, dan bahkan dapat menjadi penyebab kelahiran dengan operasi caesar. Ukuran fibroid sendiri dapat berubah menjadi besar dan mungkin menjadi kanker.

Beberapa perawatan fibroid yang dikenal di dunia medis, kebanyakan tidak disarankan untuk mereka-mereka yang ingin hamil. Alasannya karena mereka melibatkan pengangkatan rahim atau menyebabkan gejala menopause dini. Hanya miomektomi yang disarankan. Setelah miomektomi dilakukan pun, secara hakikatnya fibroid masih bisa berkembang lagi.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Ada sejumlah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan kok agar gejala-gejala fibroid bisa diringankan dan diatasi. Lalu, bagaimana caranya agar bisa berdamai dengan gejala fibroid rahim?

1. Istirahat dan berbaring sejenak

Istirahat dan berbaring sejenak

Image credit : www.molto.co.id

Ketika rasa nyeri atau sakit akibat fibroid mendadak muncul, baringkan diri Anda pada sofa atau kasur yang nyaman. Istirahatlah sejenak sambil menghirup napas dalam-dalam dan menghembuskannya kembali. Biarkan diri Anda rileks supaya stres pergi jauh.

2. Hangatkan perut Anda

Hangatkan perut Anda

Image credit : www.cloudfront.net

Jika nyeri pada area perut bagian bawah masih terjadi, Anda bisa menghangatkan perut Anda agar terasa lebih nyaman. Anda bisa memulainya dengan menaruh air panas dalam botol kaca dan menjadikannya kompres pada perut. Jika Anda punya bantal elektrik, sah-sah juga mengompres perut dengan kehangatan bantal tersebut.

3. Mintalah resep dokter

Mintalah resep dokter

Image credit : us.images.detik.com

Ketika Anda menemui dokter, tidak masalah jika Anda meminta resep darinya untuk meringankan nyeri akibat fibroid rahim. Mintalah resep obat yang umum dan mudah ditemukan di pasar bebas. Itu artinya, kandungan obat tersebut ringan dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya pada kesuburan. Pasti dokter Anda akan memberikan resep yang paling aman dan dengan senang hati.

4. Hindari kurang darah

Hindari kurang darah

Image credit : perawatankulitmu.com

Salah satu gejala yang diakibatkan fibroid rahim adalah perdarahan yang hebat. Karena itu, Anda punya peluang kekurangan darah dan anemia. Untuk menghindarinya, penuhilah tubuh dengan makanan yang mengandung zat besi. Zat besi alamiah dapat Anda petik khasiatnya dari daging-dagingan yang berwarna merah atau sayur bayam. Anda juga bisa mendapatkan suplemen zat besi jika dokter merekomendasikan.

Jika sakit atau perdarahan akibat fibroid rahim yang Anda alami terus berjalan dan malah semakin memburuk, hubungi dokter Anda sesegera mungkin. Hal ini untuk menghindari timbulnya fibroid rahim yang semakin membesar dan berpotensi menjadi kanker.

Fibroid tidak bisa dicegah selama Anda masih memiliki rahim. Faktor gizi dan gaya hidup juga dapat berefek pada hadirnya fibroid rahim. Untuk itu, pastikan Anda menerapkan prinsip 4 sehat 5 sempurna demi tercukupinya asupan gizi harian. Jauhi gaya hidup yang kurang sehat seperti gemar menyantap fast food, merokok, konsumsi narkoba, dan minum alkohol. Dengan atau tanpa fibroid rahim, semua kebiasaan ini sangatlah buruk dan dapat menurunkan kualitas sperma serta sel telur.

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan. Jauhi stres dan lakukan refreshing atau relaksasi seperti yoga setiap akhir pekan. Niscaya, semangat Anda akan terbakar kembali seusainya. Tetap semangat merencanakan kehamilan, ya para calon ibu!

Obat Kesuburan Fertilaid