5 Alasan Kenapa Anda Harus Mencoba Core Exercise Sebelum Hamil

5 Alasan Kenapa Anda Harus Mencoba Core Exercise Sebelum Hamil

5 Alasan Kenapa Anda Harus Mencoba Core Exercise Sebelum HamilKetika sedang merencanakan kehamilan, wanita hanya memfokuskan pikirannya pada bagian atas perut sampai tulang kemaluan saja. Menurut para wanita, area itu sangat penting diperhatikan karena akan menjadi “rumah” yang dihuni bayi selama 9 bulan.

Padahal, ada bagian tubuh lainnya yang tidak kalah penting untuk kehamilan. Ia tak kalah pentingnya dengan fungsi pengaturan kadar hormon dan ovulasi agar hubungan seksual optimal. Bagian itu adalah otot inti atau core.

Karenanya, sebelum Anda mendapati kehamilan, wajib hukumnya rutin melakukan core exercise. Core exercise adalah latihan pada otot inti yang melibatkan otot-otot pada perut bagian dalam dan punggung. Dan 5 alasan di bawah akan menunjukkan Anda betapa bermanfaatnya core exercise demi kehamilan nanti.

1. Jika otot perut Anda kuat, punggung pun akan kuat menopang beban di perut saat kehamilan

Menurut Julie Tupler, RN (co-author buku “Lose Your Mummy Tummy”), jika otot perut Anda sudah kuat untuk kehamilan, Anda bisa mencegah masalah punggung. Bila punggung bebas masalah, maka beban di perut karena sedang mengandung bisa ditumpu oleh punggung. Beberapa wanita yang telah berpengalaman turut mengatakan perut dan punggung bagian bawah yang sehat mampu mempermudah dan mempersingkat persalinan.

Karenanya, Anda memerlukan inti tubuh atau core yang sehat. Chantal Donnelly, MPT (terapis fisik dan pendiri Badan Insight di Los Angeles Amerika Serikat) menyampaikan, core terdiri dari otot perut bagian dalam (transversus abdominus) dan otot-otot kecil di punggung Anda. Untuk core yang sehat, rutin melakukan core exercise adalah kuncinya.

2. Saat melatih otot perut bagian dalam, Anda otomatis mengajak otot panggul bergerak

Masih menurut Donnelly, baik otot perut bagian dalam dan otot panggul merupakan core atau inti tubuh manusia. Jika melatih keduanya dengan melakukan core exercise, masalah selama kehamilan akan berkurang.

3. Core exercise akan lebih spesifik untuk kehamilan dibandingkan latihan lain yang cenderung membentuk six packs

Core fitness exercise training lebih ditujukan untuk memperkuat otot yang menopang dan menstabilkan tulang belakang. Oleh karenanya, ia berfokus pada otot perut bagian dalam. Core exercise begitu berbeda dengan latihan lainnya yang hanya fokus pada otot rektus abdominus (otot bagian atas tubuh) untuk membentuk six packs. Jika Anda ingin hamil dan melakukan latihan pada otot rektus abdominus secara sembarangan, maka resiko diastasis (otot terluar terpisah) bisa terjadi. Maka dapat disimpulkan, core exercise lebih tepat guna jika digunakan untuk kepentingan proses kehamilan Anda nanti.

4. Gerakan sit up saja tidak cukup untuk kekuatan otot perut Anda

Ditambahkan Tuppler, banyak orang yang melakukan latihan otot perut dengan tidak benar. Mereka cenderung melakukan sit up yang gerakannya menarik kepala dan leher. Padahal gerakan ini mustahil mendekatkan posisi pusar dengan tulang belakang dan menahan posisi itu untuk sementara waktu. Dengan kata lain, sit up tidak terlalu banyak pengaruhnya pada otot perut bagian dalam.

Padahal, setiap kali Anda melakukan gerakan kuat ke arah depan pada otot perut terluar, akan membuat jaringan ikat mengarah ke samping. Bahayanya, resiko diastasis semakin tinggi dan melemahkan sistem pendukung punggung serta organ tubuh. Jika hamil dengan otot terpisah, masalah punggung yang lebih serius tak segan datang dan Anda akan kesulitan mendorong bayi lahir sewaktu persalinan.

5. Semakin dini Anda melatih perut dan punggung, maka semakin baiklah kesempatan Anda

Jika Anda mulai membangun perut dan punggung sejak merencakan kehamilan, maka itu lebih baik. Bahkan, jika sudah dimulai sebelum ingin hamil pun akan lebih bagus lagi. Karena saat Anda hamil, akan ada banyak tindakan pencegahan dari dokter. Apalagi kalau usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, dokter pasti tidak membolehkan Anda berlatih atau fitnes yang berhubungan dengan perut lagi.

Nah, buat apalagi membuang-buang waktu Anda? Segeralah mencoba core exercise agar otot perut dan otot pinggang Anda kuat. Proses persalinan dan penyembuhan pasca persalinan pun lebih lancar dan cepat.

Jika Anda masih bingung untuk memulainya, senam pilates bisa dicoba. Pilates berfokus pada kekuatan core dan akan mengatur sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Tak terkecuali pada area rahim tempat si calon bayi akan hidup, tumbuh, dan berkembang. Selamat mencoba!

Obat Kesuburan Fertilaid