5 Cara Agar Perawatan Sindrom Ovarium Polikistik Berjalan Maksimal

5 Cara Agar Perawatan Sindrom Ovarium Polikistik Berjalan Maksimal

Image credit : indiatimes.com

Halo, calon ibu! Pada kesempatan yang lalu, tim akuinginhamil.com telah menyajikan informasi mengenai diagnosa dan perawatan sindrom ovarium polikistik. Ketidakseimbangan hormon ini akan didiagnosis menurut riwayat kesehatan dan juga riwayat genetika Anda. Pilihan perawatannya sendiri pun bermacam-macam. Mulai dari konsumsi obat-obatan, operasi, hingga mengikuti program bayi tabung.

Agar perawatan tersebut dapat berjalan baik dan menghantarkan Anda pada kehamilan, jangan lupakan instruksi-instruksi yang dianjurkan oleh dokter. Pastikan juga Anda melakukan prosedur perawatan hingga tuntas dan tidak setengah-setengah. Perawatan yang tidak berjalan sebagaimana harusnya, justru akan membuat perawatan Anda berjalan tanggung dan tidak berakhir sempurna.

Perawatan sindrom ovarium polikistik pun akan berjalan lebih baik lagi jika gaya hidup Anda yang kurang sehat dikurangi bahkan dihilangkan. Berikut ini adalah sederet langkah sederhana yang bisa dilakoni demi maksimalnya hasil perawatan sindrom ovarium polikistik Anda:

1. Kurangi berat badan dengan diet seimbang

Jika Anda punya obesitas atau kelebihan berat badan, mulai sekarang beranikan diri untuk melakukan diet seimbang. Perbanyak sayur mayur, buah, serta mineral tertentu. Tentu saja, tujuannya untuk mengurangi berat badan Anda. Kegiatan ini akan membantu Anda dalam menormalkan periode (yang efeknya juga akan menormalkan ovulasi). Di luar manfaatnya untuk kesehatan rahim, diet seimbang akan turut menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kalau Anda mendapati pertumbuhan rambut yang berlebih gara-gara sindrom ovarium polikistik, Anda pun tidak perlu khawatir. Diet seimbang juga mampu mengurangi pertumbuhannya, serta gejala jerawat dan wajah berminyak yang mengganggu kecantikan wajah Anda.

2. Olahraga

Selain diet seimbang, Anda bisa menjalankan olahraga demi menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Jika Anda kebal terhadap insulin (resisten insulin), olahraga dapat membantu tubuh Anda memproses kelebihan insulin dalam sel menjadi energi.

Kasus-kasus sindrom ovarium polikistik kerap kali memiliki keterlibatan hubungan dengan naiknya insulin. Banyaknya insulin itulah yang mendorong Anda untuk selalu bernafsu makan. Anda bisa melakukan yoga jika ingin berolahraga sekaligus untuk relaksasi, atau meminta saran dokter tentang olahraga dan program penurunan berat badan lainnya yang sesuai kondisi Anda.

3. Pemeriksaan panggul yang rutin

Banyak wanita belum memahami pentingnya pemeriksaan panggul. Bagi mereka, selama tidak ada keluhan apapun, itu artinya tubuh sehat-sehat saja. Padahal, pemeriksaan panggul sangat penting agar perubahan pada ovarium, rahim, dan organ reproduksi lainnya bisa dimonitori.

Pemeriksaan panggul yang rutin juga membantu mendeteksi tanda-tanda awal dari kanker endometrial. Kebetulan, kanker ini dapat menimpa wanita yang periode menstruasinya tidak teratur atau bahkan tidak ada. Jika Anda rutin melakukan pemeriksaan panggul, tes darah kemungkinan juga akan dilakukan untuk melacak perubahan hormon pria dan wanita Anda.

4. Batasi resiko kanker endometrial

Sebelum Anda beresiko memiliki kanker endometrial, ada baiknya melakukan pencegahannya. Sebab, kanker endometrial ini juga bermula dari kasus kista. Ia bermula dari kista pada penyakit endometriosis yang semakin parah. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan KB hormonal atau saran lain yang dianjurkan untuk mengatur periode Anda supaya tetap teratur.

5. Hilangkan kelebihan rambut

Salah satu gejala yang muncul pada kasus sindrom ovarium polikistik adalah munculnya rambut yang berlebihan pada area wajah dan tubuh. Bagi wanita, kelebihan rambut pada area tadi tentu saja tidak wajar dan membuat malu. Sebab, tumbuhnya rambut atau bulu yang begitu banyak selalu diidentikkan dengan laki-laki. Anggapan ini memang tak salah sebab kelebihan hormon pria sedang terjadi pada Anda.

Selagi menunggu kadar hormon Anda kembali normal, Anda bisa menghilangkan kelebihan rambut dengan cara elektrolisis atau waxing. Elektrolisis adalah metode penghilangan rambut (baik rambut kasar maupun halus) dengan menghancurkan tiap helai rambut dari akarnya. Sesuai namanya, proses penghilangan ini tentu saja menggunakan bantuan arus listrik.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan metode waxing. Metode ini tentunya lebih akrab di telinga dibandingkan metode yang pertama. Biasanya, bagian yang akan dihilangkan rambutnya akan diolesi dengan cairan lilin. Setelah itu, barulah dilapisi dengan lapisan perekat. Ketika perekat itu dilepas, rambut menempel pada perekat.

Pada hakikatnya, sindrom ovarium polikistik memang tidak bisa Anda cegah. Namun, diagnosa dini dan menjalani perawatannya sepenuh hati adalah cara terbaik untuk mengontrol gejalanya. Jika periode tidak rutin atau tidak ada sama sekali, lalu tunggu apalagi? Segera kunjungi ahli ginekologi untuk membantu mengatur siklus menstruasi Anda. Tetap semangat, ya!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «