5 Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Mudah dan Lezat

5 Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Mudah dan Lezat

5 Cemilan Sehat Ibu Hamil yang Mudah dan LezatMasa kehamilan adalah saatnya menambah asupan makanan untuk dua orang, yaitu ibu dan janin. Sebenarnya, anda cuma membutuhkan tambahan 300 kalori per harinya. Tapi, mengapa ibu hamil selalu merasa lapar?

Jawabannya, bisa jadi karena tubuh anda membutuhkan nutrisi lebih dari biasanya. Padahal makanan yang anda konsumsi mungkin tidak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda membutuhkan lebih banyak protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Teori lain, otak kita sudah terdoktrin dengan nilai budaya bahwa nafsu makan ibu hamil akan bertambah dan anda mesti menyediakan asupan makanan bagi dua orang.

Apapun alasan bertambahnya nafsu makan anda, sangat penting untuk memilih makanan yang sehat. Untuk memenuhi keinginan makan anda selama kehamilan, 5 cemilan sehat berikut ini bisa menjadi alternatif yang lezat dan mudah dibuat.

1. Hummus Dengan Sayuran

Hummus merupakan makanan khas Timur Tengah berbentuk pasta yang terbuat dari kacang chickpeas, minyak zaitun, dan pasta tahini (olahan pasta dari wijen). Hummus biasa dimakan sebagai cocolan roti atau pita bread. Sebagai cemilan sehat, hummus kaya protein dan lemak sehat.

Alih-alih menggunakan roti, anda bisa menggantinya dengan sayuran segar untuk mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Brokoli yang kaya folat sangat cocok untuk dicelup ke dalam hummus. Sayuran lain seperti paprika, wortel, seledri, dan tomat juga mantap dijadikan bahan cocolan.

Untuk membuat hummus di rumah yang rendah garam dan bebas pengawet, anda cuma membutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan waktu yang singkat.

  • 1 kaleng kacang chickpeas, bebas garam jika memungkinkan, cuci bersih
  • ¼ cangkir minyak zaitun
  • 1 siung bawang putih
  • 2 sendok makan tahini
  • 2 sendok makan lemon juice segar
  • Garam dan lada secukupnya sebagai perasa

Blender semua bahan dan tambahkan air untuk mendapatkan tekstur yang sesuai selera. Pindahkan ke mangkuk dan tambahkan sedikit minyak zaitun.

2. Cokelat Hitam, Kacang, dan Biji-Bijian

Dark chocolate atau cokelat hitam ternyata mengandung sejumlah nutrisi yang anda butuhkan, seperti kalsium, magnesium, dan pottasium. Mengkonsumsi sampai 7 ons cokelat hitam berkualitas per minggu adalah cara yang sehat untuk mendapatkan mineral.

Untuk mendapatkan lemak sehat, tambahkan dengan kacang-kacangan rendah garam. Memakan cokelat bersama kacang-kacangan seperti walnut dan almond membantu memenuhi kebutuhan protein dan membuat anda tetap terasa kenyang. Taburkan biji-bijian seperti chia atau wijen untuk mendapatkan snack yang mengenyangkan dan bernutrisi.

3. Salad Alpukat dan Tomat

Salad jenis ini bisa menjadi cemilan yang mantap dan mengenyangkan. Alpukat yang dipadukan dengan minyak zaitun, mengandung sejumlah lemak sehat yang bermanfaat untuk diet anda. Timun, tomat, bawang, dan peterseli menyediakan sejumlah vitamin dan nutrisi esensial.

Resep sederhana ini bisa disiapkan dalam beberapa menit. Cukup iris-iris dan campurkan bahan-bahan berikut.

  • 1 alpukat matang
  • ¼ cangkir bawang merah atau daun bawang yang sudah diiris-iris
  • 2 tomat berukuran sedang
  • ¼ cangkir irisan peterseli segar
  • 1 buah mentimun berukuran sedang yang telah dikupas
  • 1-2 sendok makan minyak zaitun
  • 1-2 sendok makan cuka putih
  • Sedikit jus lemon
  • Garam dan lada untuk perasa

4. Potongan Apel dan Selai Kacang

Cemilan sederhana ini memiliki rasa yang enak dengan sejumlah kandungan nutrisi di dalamnya. Potongan apel  bisa menjadi pengganti kraker atau roti untuk menyantap selai kacang seperti kacang tanah atau kacang almond yang mengandung protein dan lemak sehat.

5. Buah Musiman Segar

Buah musiman yang dijual di pasar tradisional juga menjadi salah satu pilihan cemilan yang menyehatkan. Selain bisa dimakan segera setelah dipanen, buah-buahan ini juga mengandung nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan nutrisi yang bervariasi, makanlah buah-buahan dengan warna yang berbeda-beda. Buah-buahan ini juga sangat mudah dicerna dan diserap nutrisinya.

Obat Kesuburan Fertilaid