5 Nutrisi Untuk Diet Kesuburan Terbaik Calon Ayah

5 Nutrisi Untuk Diet Kesuburan Terbaik Calon Ayah

5 Nutrisi Untuk Diet Kesuburan Terbaik Calon AyahHalo, para calon ayah! Bagaimana dengan rencana kehamilan Anda dan istri? Sudah membuahkan hasil atau belum? Kali ini, akuinginhamil.com akan menyajikan tema tentang diet kesuburan untuk pria. Seperti yang kita ketahui, diet adalah kewajiban, baik bagi suami maupun istri. Dengan menurunkan sekitar 5% saja dari berat badan tubuh, kesuburan suami dan istri dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Kerja hormon pun berlangsung maksimal untuk pembuahan.

Lalu, bagaimana cara memulai diet kesuburan pada pria tanpa kekurangan nutrisi penting untuk tubuh? Berikut ini akuinginhamil.com sampaikan spesial untuk Anda, para calon Ayah.

Perbanyak makanan bervitamin C dan antioksidan

Vitamin C dan antioksidan tidak hanya berfungsi untuk imunitas manusia. Dalam konteks kesuburan, keduanya mencegah cacatnya sperma serta meningkatkan motilitasnya (kecepatan sperma saat berenang menuju rahim). Agar manfaat vitamin C dapat dipetik secara maksimal, pastikan mengkonsumsi 90 miligram (atau hampir setara dengan 8 ons jeruk) vitamin C setiap harinya. Namun jika Anda merokok, pastikan vitamin C yang dikonsumsi lebih banyak. Setidaknya 125 miligram per hari.

Cukupi kebutuhan akan mineral seng

Kurangnya konsumsi seng (lebih akrab disebut Zinc) akan mengakibatkan sejumlah sperma menggumpal dan sulit berenang menuju rahim Anda. Otomatis motilitas sperma juga berkurang. Untuk mencegahnya, setidaknya konsumsi makanan dengan kandungan seng sebanyak 11 miligram per hari. Tiram, daging sapi tenderloin, kacang panggang, dan daging ayam adalah deretan makanan mengandung seng, yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Lengkapi mineral seng dengan asam folat

Studi menunjukkan bahwa pria yang kekurangan vitamin B memiliki masalah dalam memproduksi sperma yang sehat. Untuk mencegahnya, konsumsi sebanyak 400 mikrogram dari makanan berikut: sereal, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan jus jeruk. Akan lebih afdol lagi jika Anda melengkapi keempatnya dengan asam folat, suplemen, atau multivitamin agar sperma tidak mudah rusak kualitasnya.

Kurangi minuman beralkohol

Sebenarnya, Anda disarankan tidak minum alkohol sama sekali. Tapi jika ini terasa sangat sulit, cobalah untuk menguranginya perlahan-lahan hingga kebiasaan itu benar-benar hilang. Kurangi sedikit demi sedikit porsinya setiap hari hingga Anda tidak minum sama sekali.

Beberapa studi mengatakan bahwa minum anggur (wine), bir, atau minuman keras mampu mereduksi level testosteron dan jumlah sperma. Sebaliknya, sperma yang abnormal malah semakin berkembang biak saat sedang ejakulasi.

Minum tablet multivitamin setiap harinya

Multivitamin bukanlah pengganti diet yang sehat. Tapi keberadaannya mampu membuat Anda memenuhi nutrisi yang diperlukan. Mungkin saja selama ini Anda sudah rajin mengkonsumsi buah bervitamin C, namun kadarnya masih di bawah anjuran. Di sinilah multivitamin mengambil peran dan melengkapi kekurangannya.

Itulah anjuran nutrisi yang perlu dipatuhi oleh Anda, para calon ayah! Tidak sulit bukan? Semuanya bisa Anda dapatkan di pasaran bebas. Pun jika nutrisi tersebut harganya mahal atau takarannya sulit dipenuhi, masih ada multivitamin yang akan menyokong kekurangan jumlah asupannya.

Jika Anda bingung memilih multivitamin terbaik untuk rencana kehamilan, tak perlu ragu bertanya pada apoteker atau ahli kesuburan. Mereka pasti akan memberikan rekomendasi multivitamin terbaik agar kesuburan melimpah.

Dengan selalu menjadikan kelimanya sebagai pedoman, kehamilan pasti akan segera datang. Selamat berjuang, ya para calon ayah!

Obat Kesuburan Fertilaid