5 Penyebab Anda Tidak Menstruasi Secara Tiba-Tiba

5 Penyebab Anda Tidak Menstruasi Secara Tiba-Tiba

5 Penyebab Anda Tidak Menstruasi Secara Tiba-TibaHalo, calon ibu! Salah satu pertanda kehamilan telah datang adalah Anda tidak mengalami periode menstruasi secara tiba-tiba. Ya, menstruasi tidak mungkin terjadi pada wanita yang tengah mengandung karena perubahan hormonal yang terjadi semenjak mengandung.

Tapi, jangan keburu senang dulu kalau Anda sedang merencanakan kehamilan dan mendadak menstruasi tidak datang. Anda perlu melakukan kroscek sebelum benar-benar menganggap diri Anda benar-benar hamil. Sebab, tidak datangnya menstruasi bukan cuma monopoli kehamilan saja. Ada sejumlah kasus lainnya yang menyebabkan Anda tidak menstruasi.

Untuk tahu lebih banyak, mari kita simak 5 poin penyebab wanita tidak mendapatkan periode menstruasinya secara tiba-tiba. Yuk!

1. Hamil

Alasan pertama mengapa Anda tidak menstruasi, tentu saja karena hamil. Tapi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda harus melakukan kroscek ulang. Jika memang Anda dan suami selalu aktif merencanakan kehamilan, belilah alat tes kehamilan atau testpack. Ujilah urin Anda dan biarkan beberapa saat. Maka, Anda akan baru percaya hasilnya setelah melihat indikator pada testpack.

2. Stres

Inilah mengapa Anda dianjurkan tidak stres kala merencanakan kehamilan. Konon katanya, stres dapat menyebabkan masalah kesuburan dan kualitas sel telur yang menurun. Tak terkecuali pula pada menstruasi. Masalah berat bisa menimbulkan stres dan perasan tertekan. Akibatnya, jadwal menstruasi berantakan dan tidak datang tepat waktu. Anda pun tidak bisa melacak datangnya ovulasi karena awal periode Anda tidak kunjung terjadi.

Lagi program hamil? Download ebook cara menghitung masa subur ini untuk perhitungan masa subur yang lebih akurat dan positif hamil lebih cepat.

3. Obsesi terhadap tubuh langsing dengan cara yang salah

Ingin punya tubuh langsing sih wajar-wajar saja. Kalau tujuannya untuk mencapai berat tubuh yang sehat dalam perencanaan kehamilan, toh malah sangat disarankan. Tapi, Anda harus tahu batasnya. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di pusat kebugaran untuk olahraga. Jangan juga dengan sengaja melewatkan jam makanan.

Jika Anda gila olahraga tanpa memperhatikan kebutuhan makan, hypothalamus lah yang akan bertindak. Hypothalamus sendiri adalah bagian dari otak yang berperan sebagai pusat kontrol proses ovulasi. Jika kebiasaan olahraga dan pola makan ini sudah telanjur mendarah daging, cobalah memprakktekkan gaya hidup sehat dan seimbang atau berkonsultasi pada dokter karena ada beberapa kasus yang bisa berlangsung permanen.

4. Masalah tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar kecil di bagian leher, lebih tepatnya ada di bagian depan batang tenggorokan. Kelenjar ini bertugas mengatur tingkat dan metabolisme. Jika ada proses metabolisme yang kerjanya kurang sesuai, tiroid dapat mempengaruhi tingkat hormon. Tingkat hormon inilah yang berakibat pada berhentinya siklus menstruasi.

5. Tumor kelenjar lendir

Kelenjar lendir punya banyak sekali fungsi pada tubuh manusia. Mulai dari menentukan kelancaran metabolisme hingga fungsi pertumbuhan, turut ditangani oleh kelenjar tersebut. Tapi jika kelenjar ini terkena tumor, tentu saja fungsi penting tersebut akan terganggu dan mengakibatkan tubuh sulit diajak bekerja sama.

Bila terdapat tumor, kelenjar lendir akan melepaskan hormon prolaktin dalam jumlah yang cukup banyak. Hormon prolaktin adalah hormon yang diproduski kelenjar hipofisis pada otak. Jika kadar prolaktin tinggi, akan terjadi rekasi yang membatasi hormon pendorong ovulasi. Oleh karenanya, tumor kelenjar lendir ini dapat menyebabkan berhentinya proses ovulasi sehingga menstruasi terhambat.

Nah, calon ibu! Sudah paham dengan kelima penyebab wanita tidak menstruasi, bukan? Jika Anda mengalaminya, ambillah testpack dan lakukan pengujian kehamilan. Jika hasilnya negatif, ada baiknya segera membawa diri Anda ke dokter atau ahli kesuburan. Berkonsultasilah dan dapatkan diagnosis beserta solusinya. Hanya dengan perawatan dari pihak yang tepat inilah permasalahan Anda bisa teratasi. Niscaya, kesuburan akan kembali dan kehamilan Anda pun tidak perlu tunggu waktu lama lagi.

Tetap semangat dan terus berjuang, ya!