5 Tips Cepat Hamil Usai Tunda Kehamilan

5 Tips Cepat Hamil Usai Tunda Kehamilan

Image credit : www.pregnantpauses.us

Bagi sebagian pasangan suami istri, menunda kehamilan bukanlah hal yang asing selama itu dilakukan dengan alasan yang positif dan rasional. Sebagian pasangan beralasan ingin mengejar kemapanan finansial, karir yang tinggi, studi, atau ingin fokus mengasuh anak yang sebelumnya.

Tapi, bagaimana jika anda ingin hamil setelah menunda kehamilan? Dengar-dengar, memiliki anak setelah sempat menunda lebih susah ya?

Sebenarnya, tidak juga kok! Merencanakan kehamilan setelah sempat menunda, tidak akan sulit selama Anda tahu rahasianya. Sebelum percaya dengan mitos, ada baiknya Anda membaca lima tips agar cepat hamil setelah menunda kehamilan berikut ini!

1. Jika Anda Memakai Kontrasepsi, Sabar Dulu Sampai Efeknya Hilang

Beberapa alat kontrasepsi punya caranya sendiri-sendiri dalam hal mengembalikan kesuburan. Jika Anda menunda kehamilan dengan kombinasi beberapa pil, Anda harus menunggu dulu hingga dosis pengobatannya selesai. Tapi jika yang diambil hanya pil progesteron, Anda bisa berhenti kapan saja. Biasanya, Anda harus menunggu satu periode agar ovulasi kembali dan berjalan rutin. Barulah rencana kehamilan bisa dilakukan.

Jika Anda menggunakan implan, Anda memerlukan bantuan dokter agar implan tersebut bisa dikeluarkan dari tubuh. Dan yang menggunakan injeksi, setidaknya perlu waktu satu tahun. Ketika injeksi dihentikan, tubuh akan secara bertahap kembali ke kadar kesuburan yang sebelumnya. Menurut laman bounty.com, agar tidak terlalu lama, Anda disarankan menggunakan kontrasepsi yang lain dulu untuk sementara.

2. Hindari Stres

Setelah Anda lepas dari alat kontrasepsi, tidak serta merta kadar kesuburan dalam skor 100. Meskipun dokter menyatakan subur, Anda harus senantiasa meningkatkan kadar kesuburan agar tidak telanjur turun. Tidak ada salahnya menunggu efek kontrasepsi hilang sembari meningkatkan fertilitas, bukan?

Anda bisa memulainya dengan menjauhi stres. Kelihatannya, ini memang susah-susah gampang. Tapi, Anda bisa menyiasatinya dengan mudah, kok! Jika Anda mulai merasa penat pada pekerjaan, mendengarkan musik sambil bersenandung bisa dijadikan kebiasaan. Bisa juga dengan mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya. Lakukan selama beberapa menit dan Anda pun segar kembali.

Kalau Anda berminat, tak ada salahnya juga kok menjalani akhir pekan dengan berlibur. Tak perlu jauh-jauh. Kota atau provinsi sebelah juga menarik untuk dijadikan destinasi wisata.

3. Jauhi Gaya Hidup yang Buruk

Menurut studi, gaya hidup dapat mempengaruhi kesuburan. Jika masih menunggu ovulasi Anda pulih, jangan korbankan kesuburan dengan gaya hidup yang buruk. Segera hindari rokok (baik sebagai perokok aktif maupun pasif), alkohol, ganja, dan obat-obatan terlarang. Mengkonsumsi itu semua berpotensi membuat rahim tidak siap huni. Kurangi pula konsumsi kafein harian. Tak apa Anda mengkonsumsi kopi, selama itu masih dalam batas yang wajar.

Sebaliknya, cukupilah tubuh dengan nutrisi yang lengkap. Praktekkan 4 sehat 5 sempurna dan jangan jadikan fast food serta junk food sebagai makanan harian. Dua menu terakhir sangat berpotensi menyebabkan kegemukan. Jika Anda gemuk, kualitas dan kuantitas sel telur bukannya tidak mungkin berkurang. Karena itu, penting juga melengkapi diri dengan olahraga atau latihan fisik.

4. Segera Rencanakan Kehamilan

Bagi Anda yang tidak perlu menunggu efek alat kontrasepsi hilang, tunggu apalagi? Mengapa tidak langsung rencanakan kehamilan dan berhubungan seksual dengan suami? Bukankah ini adalah syarat utama untuk memiliki momongan? Berhubungan seksuallah secara rutin di masa paling subur Anda (bisa diketahui dengan alat prediksi ovulasi atau pencatatan grafik lendir serviks & suhu basal tubuh). Setidaknya setiap 48 jam sekali, di mana sperma yang diproduksi pria telah siap pakai.

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda masih menemukan ganjalan atau pertanyaan tentang rencana kehamilan, jangan ragu menemui dokter. Terlebih Anda menemui gejala-gejala yang kurang nyaman pada tubuh. Jangan-jangan, Anda memiliki potensi infertilitas yang tidak pernah diketahui. Oleh karena itu, segera konsultasikan semuanya pada dokter. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Jika Anda ingin segera hamil, ada baiknya tetap mengindahkan kelima cara di atas. Percayalah! Fungsi hormon setelah lepasnya alat kontrasepsi akan segera kembali. Ovulasi berjalan rutin dan memiliki momongan bukanlah kata yang sulit untuk diwujudkan! Tetap semangat merencanakan kehamilan Anda, ya!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «