6 Kebiasaan Sederhana Kurangi Sakit Selama Perawatan Endometriosis

6 Kebiasaan Sederhana Kurangi Sakit Selama Perawatan Endometriosis

Image credit : kiwh.northshorelij.com

Endometriosis merupakan salah satu kasus infertilitas pada wanita. Penyakit ini akan menyerang kesuburan Anda dengan tumbuhnya jaringan endometrium di luar rongga rahim. Padahal, seharusnya ia hanya hidup di rongga rahim saja. Jika penyakit ini dibiarkan, akan terjadi peradangan karena jaringan tadi tumbuh dan merambati pembuluh darah.

Bahaya endometriosis tidak berhenti sampai di situ saja. Peradangan tadi akan berakhir pada sejumlah kasus yang menghambat kehamilan. Sebut saja sel telur yang tidak terlepas dari folikel dengan baik, radang panggul, hingga kehamilan ektopik (hamil di luar rahim).

Endometriosis tidak dapat disembuhkan, namun bisa dikendalikan pertumbuhannya dengan perawatan. Mulai dari konsumsi obat kesuburan, inseminasi intrauterin, operasi laparoskopi, hingga program bayi tabung. Semua perawatan tersebut akan disesuaikan dengan parahnya gejala, lokasi, dan ukuran jaringan yang tumbuh.

Jika Anda adalah wanita yang mengalami endometriosis dan sedang menjalani perawatannya, ada sedikit tips dari tim akuinginhamil.com. Lakukan saja 6 hal sederhana berikut agar rasa sakit akibat endometriosis bisa diatasi!

1. Perbanyak Istirahat

Perbanyak istirahat

Image credit : andynadisurya.blogspot.co.id

Endometriosis kerap kali memunculkan gejala berupa nyeri di panggul atau perut bagian bawah. Jika nyeri ini kerap muncul, istirahat yang cukup adalah kuncinya. Hentikan aktivitas Anda sejenak dan berbaringlah pada kasur. Jika Anda di tempat kerja, cobalah berbaring pada sofa yang nyaman dan empuk. Ambil waktu sekitar 15 menit atau hingga sakit terasa hilang.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat

Image credit : www.liputan6.com

Tak bisa dipungkiri, mandi air hangat membuat tubuh kembali segar dan terasa nyaman. Bahkan, pikiran Anda akan rileks setelahnya. Jadi kalau Anda sedang berada di rumah, kenapa tak lakukan hal sederhana ini ketika nyeri menyerang?

3. Kompres Perut

Kompres perut

Image credit : wartakota.tribunnews.com

Kalau Anda terlalu lemas untuk mandi air hangat, tidak perlu khawatir. Ada solusi lain untuk meringankan rasa sakit dan nyeri di perut. Kompres saja perut, tepat pada bagian yang terasa sakit. Cukup isikan botol kaca dengan air panas dan lapisi botol dengan kain. Tempelkan pada perut di bagian panggul atau perut bawah.

Anda punya bantal elektrik? Kenapa tidak dipakai? Toh, alat ini juga sah-sah saja digunakan untuk mengkompres hangat. Tempelkan pada perut dan buat pikiran Anda rileks sebentar. Nyeri pun hilang dalam sekejap!

4. Perbanyak Konsumsi Serat

Perbanyak konsumsi serat

Image credit : www.passportcosmetics.com

Sembelit atau konstipasi bisa menjadi salah satu gejala endometriosis jika terjadi pada menstruasi. Untuk menghindari gejala yang tidak mengenakkan ini, perbanyaklah konsumsi serat. Selalu tambahkan sayur dan buah pada menu makan harian. Kurangilah makanan fast food, apalagi jika sebelumnya sangat sering. Anda juga diperbolehkan mengganti nasi dengan sereal gandum, jika suka.

5. Yoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi

Image credit : www.oneearthretreat.com

Anda bisa mendapatkan relaksasi dari istirahat, mandi air hangat, dan mengompres perut dengan air hangat. Namun, itu saja tidak cukup. Anda harus mengimbanginya dengan olahraga yang ringan.

Sebut saja yoga dan meditasi. Selain membuat tubuh melakukan kegiatan fisik, olahraga ini dapat membuat pikiran Anda lebih tenang. Tapi, energi Anda pun tidak terlalu banyak terkuras sehingga bisa sejalan dengan perawatan yang Anda ambil.

6. Ambil Obat Pereda Sakit

Ambil obat pereda sakit

Image credit : www.womags.com

Jika nyeri dan gejala endometriosis lain sering menghampiri dan sakitnya tak tertahankan, katakanlah pada dokter di pertemuan selanjutnya. Mintalah ia merekomendasikan obat pereda sakit yang aman. Jika bisa, mintalah obat yang bisa dibeli di apotek atau konter obat umum. Jangan lupa, tanyakan dosis dan cara penggunaan yang tepat.

Jangan coba-coba asal membeli obat, ya! Membeli obat dengan keinginan sendiri dan tanpa izin dokter, bukan tidak mungkin memperparah keadaan Anda. Karenanya, komunikasi yang akrab dengan dokter harus selalu dijaga.

Seperti telah disebutkan di atas, endometriosis tidak dapat disembuhkan. Pun pada hakikatnya, endometriosis tidak dapat dicegah. Semua perawatan yang dilakukan dokter adalah bentuk mengontrol gejalanya. Gejala ini mungkin kembali karena jaringan endometrium pun bisa muncul dan tumbuh di luar rahim lagi. Oleh karenanya, penting mengingat keenam poin di atas. Sebab, poin tersebut sah-sah saja dilakukan setelah perawatan endometriosis telah usai. Tetap semangat, ya!

Obat Kesuburan Fertilaid