6 Keuntungan Rencana Kehamilan yang Cuma Bisa Diberikan Oleh Grafik Ovulasi

6 Keuntungan Rencana Kehamilan yang Cuma Bisa Diberikan Oleh Grafik OvulasiHalo, calon ibu! Sudahkah Anda mengenal grafik ovulasi? Jika Anda rajin membaca akuinginhamil.com, pasti tahu dong! Grafik ovulasi ada sebuah metode pencatatan siklus bulanan wanita yang memungkinkan Anda untuk memprediksi datangnya ovulasi dan kapan masa tepat untuk berhubungan dengan suami.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa diraih jika Anda menerapkan metode berbasis suhu basal dan lendir serviks ini. Anda bisa menemukan pola lengkap siklus Anda. Jika terjadi masalah kesuburan pun, grafik ovulasi bisa mendeteksinya. Ingin tahu keuntungan lainnya lagi? Yuk, simak poin-poin berikut!

1. Grafik ovulasi tidak akan merogoh kantong Anda

Agar bisa membuat grafik ovulasi, Anda diharuskan mengukur suhu basal tubuh dan memantau perkembangan lendir serviks. Cukup investasikan uang sekitar Rp 50.000,00 – Rp 100.000,00 untuk pembelian termometer basal, setelah itu Anda tak perlu merogoh kocek lagi. Termometer ini bisa dipakai berulang-ulang seumur hidup.

Setelah mengukur suhu basal dan memantau perkembangan lendir serviks, baru Anda bisa membuat grafik ovulasi. Di internet, Anda bisa menemukan macam-macam grafik ovulasi yang gratis dengan format yang bermacam-macam. Namun, informasi yang perlu Anda masukkan sebenarnya sama saja. Bila mau, Anda bahkan bisa mendesain grafik ovulasi sendiri. Bisa menggunakan desain komputer maupun manual dengan alat tulis.

2. Dengan pencatatan yang benar, metode ini sangat akurat memprediksi ovulasi

Ya. Mengukur suhu basal dan mencatatnya dalam grafik adalah metode yang digadang-gadang akurat dalam prediksi ovulasi. Anda hanya diwajibkan melakukan langkah-langkahnya dengan tepat dan konsisten setiap hari. Hindari mengukur suhu basal setelah bangkit dari posisi tidur dan amati lendir serviks di pagi hari saat pertama buang air kecil. Jika Anda yang luput, tuliskan dalam grafik supaya tidak mengurangi keakuratannya.

3. Proses pencatatan akan mengajari Anda membaca sinyal tubuh

Menjelang masa ovulasi tiba, akan ada tanda-tanda yang muncul dari tubuh Anda. Dua di antaranya adalah kenaikan suhu basal dan munculnya lendir serviks itu sendiri. Awalnya suhu basal Anda biasa-biasa saja, kemudian menurun, dan mendadak naik dengan sangat drastis. Kemunculan keputihan berupa lendir serviks yang mana warnanya seperti putih telur ayam pun terjadi.

Selain itu, masih ada sinyal lainnya. Jika jeli, Anda pun akan merasakan gejala ini. Sebut saja rasa nyeri pada perut bagian bawah, payudara melunak, gairah seksual Anda lebih tinggi, dan perut kembung.

4. Mengajarkan Anda bagaimana keputihan pada vagina

Dalam sepanjang siklus wanita, vagina selalu mengeluarkan cairan-cairan tertentu. Dimulai dari masa menstruasi yang mengeluarkan darah, kemudian vagina Anda kering dan bersih seiring usainya haid. Lalu muncullah keputihan atau lendir yang serupa nasi lengket atau beras ketan. Hingga kemudian giliran lendir serviks berwarna bening seperti putih telur yang Anda temui. Yang terakhir ini, akan Anda kenali sebagai lendir yang subur untuk menghantarkan sperma dalam proses pembuahan.

5. Metode ini sangat cocok untuk Anda yang siklusnya tak teratur

Dibandingkan dengan alat prediksi ovulasi yang modern, grafik ovulasi akan lebih cocok untuk Anda yang siklusnya tidak teratur dan tidak rutin. Alat prediksi ovulasi bisa bekerja kurang baik karena membutuhkan sekitar lima sampai sembilan stik prediksi sampai hasil positif muncul. Jika sudah begini, waktu, tenaga, dan uang Anda akan lebih terkuras. Emosi Anda juga berpeluang tidak stabil karena terus-terusan menunggu hasil positif dari alat prediksi.

6. Bisa digunakan untuk menunda kehamilan dengan menghindari hubungan seks di hari subur

Grafik ovulasi merupakan catatan siklus wanita yang komprehensif. Mulai dari kapan Anda mendapatkan haid, kapan melakukan hubungan seksual, berapa suhu basalnya, hingga seperti apa wujud lendir serviks pun bisa direkam. Dan tidak ketinggalan yang paling utama adalah kapan masa subur Anda tiba. Masa subur ini bisa dipakai oleh Anda dan suami untuk berhubungan seksual.

Misalnya saja Anda dan suami telah merencanakan kehamilan pada waktu atau bulan-bulan tertentu (atas pertimbangan finansial, mental, dsb), grafik ini juga akan sangat membantu. Anda tetap bisa berhubungan seksual di luar hari-hari tak subur. Cari saja waktu di mana ovulasi Anda tidak datang. Mudah, bukan?

Jadi, bagaimana calon ibu? Tergerak melakukan metode ini? Yuk, langsung beli termometer basal dan lakukan pencatatan. Jangan lupa! Tetap terapkan pola hidup sehat supaya kehamilan Anda lebih maksimal, ya!

Obat Kesuburan Fertilaid