6 Tanda Fisik Bahwa Anda Sedang Dalam Periode Masa Subur

 

6 Tanda Fisik Bahwa Anda Sedang Dalam Periode Masa SuburMasa subur adalah masa-masa yang selalu dinantikan oleh para pasangan suami dan istri. Bagaimana tidak? Pada masa-masa inilah Anda dan suami dapat segera mewujudkan impian untuk segera mendapatkan momongan. Oleh karenanya, merencanakan kehamilan pada masa-masa subur sudah seharusnya tidak perlu ditunda-tunda lagi.

Tapi, tahukah Anda bahwa tanda-tanda kesuburan bisa tampak pada fisik Anda? Bila sebelumnya Anda belum mencermati hal tersebut, ada baiknya 6 pertanda berikut Anda ingat dan jadikan patokan demi segera hadirnya buah hati yang mengisi keramaian di keluarga kecil Anda.

1. Anda akan merasakan sakit perut

Saat mengalami masa subur, Anda mungkin akan merasakan nyeri ringan. Nyeri tersebut bisa Anda rasakan pada perut atau pada punggung. Gejala ini pun cenderung beragam pada setiap wanita. Ada yang merasakan sekedar nyeri, namun ada juga yang merasakan sakit yang amat menusuk.

2. Perubahan pada serviks

Tanda kedua ini mungkin paling jarang disadari oleh para wanita. Namun ketika Anda mengalami masa subur, akan ada perbedaan pada serviks Anda. Anda akan merasakan bahwa posisi serviks berubah. Jika tadinya serviks Anda terasa keras, tertutup, dan kering, lantas ia akan menjadi terbuka, basah, dan lembut.

3. Payudara yang sakit

Tingginya kadar estrogen sebelum Anda mengalami masa subur dapat membuat payudara Anda terasa lembut dan bahkan geli. Oleh karenanya, pada saat Anda memasuki masa subur, payudara akan terasa agak pegal atau nyeri.

4. Adanya bercak

Memasuki masa subur, jangan heran bila Anda menemui bercak-bercak atau sedikit perdarahan pada celana dalam Anda. Hal ini disebabkan karena hormon kewanitaan Anda sedang berada dalam masa produksi puncak.

5. Selain bercak, akan ditemui adanya lendir tipis

Meningkatnya kadar estrogen dapat meningkatkan jumlah lendir serviks Anda dan membuatnya lebih tipis dan meregang. Tepat sebelum ovulasi atau masa subur, lendir tersebut akan berubah warnanya dari putih atau krem menjadi tipis, berair, dan transparan.

Lendir ini amat mirip seperti putih telur ayam yang belum dimasak. Jika Anda segera memanfaatkan masa subur ini dengan bercinta, sperma akan hidup dengan bahagia di lendir ini selama 72 jam atau lebih.

6. Suhu tubuh basal yang lebih tinggi

Setelah Anda mengalami masa subur, suhu tubuh basal Anda akan naik sekitar 0,5 derajat Celcius. Oleh karenanya, mengukur suhu Anda selama siklus tertentu dapat membantu menentukan hari subur. Untuk mengukurnya, Anda memerlukan termometer khusus yang dapat Anda temukan dari apotek, toko kimia, atau via online shop.

Jika memang keenam tanda di atas sudah terjadi pada tubuh Anda, jangan berpikir panjang lagi. Ajak saja suami Anda bercinta demi segera mendapatkan buah hati. Namun bila Anda masih saja meragu, kroscek kembali kalender periode Anda dan cocokkan dengan masa subur Anda. Berkonsultasi pada ahli kandungan pun tidak tabu untuk Anda lakukan jika menginginkan prediksi yang lebih akurat. Tetap semangat!

Obat Kesuburan Fertilaid