8 Menu Makanan Sehari-Hari Penunjang Kesuburan

8 Menu Makanan Sehari-Hari Penunjang KesuburanSaat pasangan suami istri telah memutuskan untuk ingin cepat hamil dan memiliki bayi, biasanya mereka akan menerapkan beberapa perubahan gaya hidup sehari-hari dalam rangka meningkatkan kesehatan reproduksi untuk mendukung keinginannya menjadi orang tua.

Perubahan gaya hidup terbesar pada wanita biasanya dapat dilihat dari perubahan pola makanan ke makananan yang lebih sehat untuk mempersiapkan kehamilan. Meskipun, makanan sehat saja belum cukup, khususnya bagi pasangan yang mengalami kesulitan memperoleh kehamilan. Cukup banyak jenis makanan yang dapat dijadikan menu makanan sehari-hari dan telah terbukti dapat meningkatkan kesuburan:

8 Menu Makanan Sehari-Hari Penunjang Kesuburan

#1 – Yogurt, susu, es krim, dan keju.

Yogurt, susu, es krim, dan kejuDalam kehidupan sehari-hari, kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting bagi perempuan termasuk ketika merencakan kehamilan. Ibu hamil telah cukup banyak memahami bahwa kalsium bermanfaat untuk perkembangan tulang bayi dan juga memenuhi kebutuhan kalsium tubuh mereka sendiri. Sama halnya ketika wanita berada pada masa prakonsepsi yakni untuk membantu meningkatkan kesuburan. Asupan kalsium dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan lemak susu, misalnya yogurt, susu, es krim, dan juga keju.

Selain bermanfaat membantu memperkuat tulang, kalsium juga fungsi organ reproduksi agar lebih efisien. Meskipun kaitan antara susu dan peningkatan kesuburan masih belum difahami. Namun para ahli telah menemukan banyak manfaat dari asupan kalsium tinggi bagi kesehatan reproduksi. Seorang wanita yang sedang berencana untuk cepat hamil seharunya memenuhi kurang lebih 1000 miligram kalsium setiap harinya, atau setara dengan 8 ons gelas susu.

#2 – Karbohidrat kompleks

Karbohidrat Kompleks Beberapa tahun belakangan ini, orang-orang berusaha menghindari karbohidrat karena dianggap dapat memperbesar lingkar pinggang. Anggapan menghindari karbohidrat dengan tujuan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal adalah keliru terlebih saat wanita sedang berusaha untuk hamil. Karbohidrat tidak semuanya diciptakan sama.

Makanan yang mengandung karbohidrat semisal biji-bijian bisa membantu meningkatkan kesuburan. Berbeda dengan karbohidrat yang ditemukan dalam nasi putih maupun roti olahan. Saat anda mengkonsumsi karbohidrat hasil makanan olahan, maka kadar gula dalam darah serta inslusin meningkat sehingga mengganggu fungsi hormon reproduksi. Akibatnya, pembuahan menjadi tertunda.

#3 – Sayur dan buah-buahan berwarna cerah

Sayur dan buah-buahan berwarna cerahSayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin yang sangat tinggi untuk wanita maupun pria. Selain kaya nutrisi, vitamin, dan mineral, sayur dan buaha-buahan mengandung fitokimia dan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Bila tubuh mengandung banyak radikal bebas, maka bisa menimbulkan banyak masalah besar untuk kesehatan, termasuk juga gangguan pada hormon reproduksi. Tidak hanya itu, sayur dan buah juga dapat mengilangkan toksin yang dapat menghambat pembuahan.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih sayur dan juga buah-buahan adalah yang berwarna cerah sebanyak mungkin. Aturan umumnya, semakin cerah warnanya, maka lebih banyak kandungan vitamin di dalam sayur dan buah-buahan tersebut. Buah berries misalnya, bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan serta mencegah penuaan sel. Buah berry tidak hanyak memberi manfaat secara keseluruhan untuk tubuh anda, secara khusus berpengaruh langsung dengan sel telur di dalam saluran reproduksi. Hindari berbagai jenis sayur maupun buah kalengan yang mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.

#4 – Daging ayam

Daging ayamDaging ayam mengandung zat besi dan juga protein yang sangat tinggi. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh wanita yang merencanakan kehamilan maupun setelah kehamilan diperoleh. Meski zat besi dan protein juga dapat diperoleh dari produk non hewani. Namun, ada perbedaan antara proten hewani terhadap peningkatan kesuburan. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita lebih punya kemungkinan untuk mandul jika kekurangan zat besi dibanding mereka yang tercukupi kebutuhan zat besinya.

Tepapi tidak berarti jika semua kebutuhan protein anda mesti berasal dari daging hewan tanpa lemak, hal ini bertujuan untuk mengkonsumisnya paling tidak satu porsi per hari saja. Pastikan untuk memilih daging ayam yang diproses dengan cara yang sehat, seperti dengan dipanggang. Hindari daging ayam yang digoreng atau proses lain sehingga mengandung lemak tinggi.

#5 – Telur

TelurTelur kaya akan nutrisi dan vitamin penting seperti kolin dan protein. Banyak orang yang tidak percaya setelah mengetahui bahwa telur adalah makanan ampuh secara dramatis mampu meningkatkan kesehatan orgran reproduksi.

Kolin sangat dibutuhkan baik sebelum kehamilan dan saat kehamilan, karena manfaatnya yang dapat membuat tubuh mampu menyerap asam folat. Sementara asam folat adalan vitamin kunci selama prakonsepsi dan awal kehamilan, yaitu untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Konsumsi 1 butir telur saja perharinya, akan meningkatkan kadar kolin yang memadai untuk menyerap asam folat 2 kali lipat.

#6 – Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijauSelain antioksidan yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau misalnya kangkung dan bayam. Sayuran pun kaya akan zat besi. Seperti telah diketahui, bahwa zat besi penting untuk mempertahankan agar siklus haid tetap lancar. Kebanyakan wanita yang siklus haidnya tidak teratur cenderung diakibatkan oleh kurangnya asupan zat besi. Oleh karena itu, Memasukkan sayur-sayuran berdaun hijau ke dalam menu sehari-hari anda dapat membantu meningkatkan kadar zat besi anda bahkan dalam sebulan secara signifikan.

#7 – Biji-bijian dan kacang-kacangan.

Biji-bijian dan kacang-kacanganBiji-bijian dan kacang-kacangan lebih lambat untuk dicerna oleh tubuh, sehingga mengatur kadar insulin dan meningkatkan ovulasi. Selain itu, biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung omega 3, asam lemak yang punya efek langsung terhadap level hormon seseorang. Biji-bijian dan kacang-kacangan mampu mengilangkan radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Dengan demikian kekebalan tubuh semakin meningkat dan mengurangi resiko tubuh wanita untuk menyerang sel sperma pria.

#8 – Minyak zaitun.

Minyak zaitunTelah disebutkan di atas, Ogema3 dipercaya berefek sangat besar bagi peningkatan kesuburan. Biasanya Omega3 ini ditemukan dalam minyak zaitun. Penelitian menunjukkan bahwa asupan Omega 3 yang cukup benar-benar mampu meiningkatkan kualitas sel telur maupun sel sperma. Sehingga ini menjadi bagian cukup penting untuk diet kesuburan yang anda jalani saat berusaha untuk memperoleh kehamilan.

Comments
  1. Akan di coba

  2. fidah

    Thanks a lot…info sgt bermanfaat utk saya yg nakn sgt zuriat….saya berusaha utk mjaga mknan sya…sebelum ni saya ashik suka mkn coklet je..mkn kfc…husbnd plak tak suka mkn sayur…da 2tahun kwin tpi blum ada rezki lg.

  3. fidah

    Thanks a lot…info sgt bermanfaat utk saya yg nakn sgt zuriat….saya berusaha utk mjaga mknan sya…sebelum ni saya ashik suka mkn coklet je..mkn kfc…husbnd plak tak suka mkn sayur…da 2tahun kwin tpi blum ada rezki lg.

  4. iruL janah

    Saya tertarik d tips2nya untuk cepat bisa dapat momongan,sya akan mencoba melakukannya

  5. Ervina Simalango

    belom ada rejeki hamil,harus coba makanan ini

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *