9 Riwayat Kesehatan yang Mampu Mempengaruhi Kesuburan Pria

9 Riwayat Kesehatan yang Mampu Mempengaruhi Kesuburan Pria

9 Riwayat Kesehatan yang Mampu Mempengaruhi Kesuburan PriaDewasa ini, masalah kesuburan pada pria dapat dipengaruhi oleh macam-macam faktor. Sebut saja faktor gaya hidup, riwayat genetik keluarga, riwayat berhubungan seksual, dan juga riwayat kesehatan. Masing-masing faktor bisa terjadi sangat kompleks dan punya pengaruhnya hingga masa kini.

Pun, tak sedikit pria yang mengalami masalah kesuburan karena riwayat kesehatannya di masa lalu. Meskipun telah dinyatakan lepas dari riwayat tersebut di masa kini, dampak yang tertinggal masih bisa mempengaruhi keinginan Anda memiliki momongan. Berikut ini akuinginhamil.com sajikan informasi mengenai 9 riwayat kesehatan yang mampu mempengaruhi kesuburan, khususnya pada pria dan dampaknya pada kesuburan Anda.

1. Masalah testis

Beberapa pria lahir dengan kondisi testis yang berbeda-beda. Ada yang normal, sebagian lagi ada yang menemukan kelainan atau masalah. Ada juga yang baru menemukan masalah pada testisnya setelah dewasa.

Jika Anda mengalami pembengkakan atau rasa sakit pada testis, amatilah pembengkakan tersebut. Apakah ditemui luka atau tidak. Gejala-gejala ini biasanya merujuk pada torsio testis. Torsio testis adalah kondisi terpelintirnya funikulus spermatikus (yang berisi sekumpulan pembuluh darah, saraf, dan saluran yang bermuara ke testis). Akibatnya, aliran darah ke testis terhenti dan testis meradang. Peradangan inilah yang menyebabkan kasus ketidaksuburan.

Tumor atau kista yang tumbuh pada testis hendaknya juga turut diwaspadai. Mungkin saja gangguan ini sudah hilang setelah dioperasi. Tapi, prosedur pembedahan yang dijalankan untuk menghilangkan kista atau tumor tersebut dapat menyebabkan luka. Luka ini ikut berperan dalam kasus ketidaksuburan.

2. Penyakit dengan demam tinggi

Jika selama 6 bulan terakhir mengalami penyakit yang disertai demam cukup tinggi, Anda perlu waspada. Testis terkenal sangat sensitif dengan kenaikan suhu. Karenanya, sperma bisa terbunuh kalau terus menerus terkena panas. Demam atau suhu tubuh Anda yang cukup tinggi pun mampu merusak produksi sperma untuk sementara waktu.

3. Pernah disinar X pada pangkal paha

Pada umumnya proses penyinaran sinar X, bagian tubuh yang vital akan terlebih dahulu dilindungi. Termasuk testis Anda jika melakukan penyinaran di area sekitar pangkal paha. Tapi jika terjadi insidental tertentu, bukan tidak mungkin akan tertinggal problem kesuburan pada testis Anda.

4. Infeksi pada bagian kemih

Pernahkah saluran atau kandung kemih Anda mengalami infeksi yang terbilang kronis? Saat buang air kecil, ada sensasi panas atau terbakar? Perlu Anda ketahui, beberapa infeksi menular seksual bisa berubah menjadi sensasi tersebut. Jika Anda pergi ke toilet dan menemukan sensasinya, mungkin inilah pertanda kalau infeksi tersebut sedang bersarang dalam tubuh. Lebih gawat lagi jika infeksinya disampaikan pada istri melalui hubungan seksual. Tuba falopi istri Anda akan punya potensi rusak.

5. Perawatan kanker

Beberapa perawatan kanker yang sifatnya mensterilkan tubuh dari jaringan-jaringan berbahaya dapat membunuh sperma. Sebut saja terapi radiasi dan kemoterapi. Itulah mengapa wanita disarankan untuk membekukan sel telurnya demi kesuburan sebelum menjalani kemoterapi atau terapi radiasi. Mungkin, Anda tertarik juga membekukan sperma Anda?

6. Riwayat penyakit kronis

Anda adalah pria dengan penyakit kencing manis? Atau telah didiagnosis mengidap penyakit tiroid? Kedua penyakit kronis tersebut selama ini dikenal berhubungan dengan masalah kesuburan. Tak hanya penyakitnya saja, bahkan perawatan penyembuhan yang diambil pun turut dikaitkan dengan kasus infertilitas.

7. Menggunakan obat-obatan

Dalam dunia medis, dikenal beberapa jenis obat-obatan yang berpengaruh pada tingkat kesuburan. Contohnya, steroid dan obat tekanan darah tinggi (khususnya yang memiliki kemampuan untuk menghalangi peredaran kalsium dalam tubuh). Keduanya dapat mengganggu kesuburan, khususnya pada pria.

8. Menderita gondok

Pada kasus tertentu, penyakit gondok dapat disangkutpautkan dengan infertilitas. Jika Anda pernah menderita gondok pada/sejak setelah masa pubertas, produksi sperma Anda bisa jadi lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengidapnya.

9. Korban perang

Di masa lalu, apakah Anda merupakan veteran perang atau menjadi salah satu korban perang? Pernah terkena racun berbahaya yang asalnya dari penggunaan senjata tertentu? Jika iya, bisa saja masalah kesuburan Anda disebabkan oleh terpaparnya tubuh dengan bahan-bahan kimia tersebut.

Jika Anda adalah pria yang pernah mengalami salah satu atau beberapa riwayat medis di atas, segeralah menemui dokter dan berkonsultasi. Sebelum riwayat penyakit tersebut berdampak lebih jauh lagi, alangkah baiknya mencari solusi terbaik. Apalagi, istri Anda tidak mungkin mengulur waktunya karena masa subur wanita berlangsung lebih singkat.

Percayalah, ada banyak solusi untuk masalah kesuburan Anda. Ditambah lagi, kecanggihan teknologi di dunia medis yang sudah semakin canggih! Yang paling penting lagi, tetap rileks dan jauhi stres karena tingkat kesuburan Anda bisa jatuh lebih rendah lagi. Tetap semangat!

Obat Kesuburan Fertilaid