Agar Masalah Selama Siklus Teratasi, Konsumsilah Nutrisi Ini

Agar Masalah Selama Siklus Haid Bisa Diatasi, Konsumsilah Nutrisi Ini!

Atasi masalah selama siklus - via tophealthylifeadvices.com

Atasi masalah selama siklus – via tophealthylifeadvices.com

Untuk mendapatkan momongan, setidaknya Anda dituntut memiliki siklus bulanan yang baik dan menghindari masalah selama siklus. Dari siklus teratur inilah, Anda akan mengetahui datangnya masa subur. Siklus pertama akan dimulai dari hari pertama menstruasi, di mana waktu-waktu sebelumnya Anda merasakan gejala PMS. Setelah menstruasi usai, ada hari di mana Anda mengalami keputihan.

Agar rangkaian siklus tersebut lancar dan tidak mengganggu ovulasi dan kesuburan, masalah-masalah seperti PMS, keputihan, dan gejala fibroid harus bisa diatasi. Berikut ini cara alami yang tim Aku Ingin Hamil himpun agar masalah selama siklus bisa dicegah dan ditangani.

PMS (Premenstrual Syndrome)

Minum lebih banyak susu

Siapa sangka susu dapat mengatasi masalah selama siklus? Kalsium pada susu membuat perasaan dan badan lebih nyaman menjelang menstruasi datang. Selain itu, susu juga mencegah keinginan nyemil yang berlebihan. Anda juga bisa mencoba es krim atau jus jeruk yang memiliki kandungan kalsium. Namun, pastikan kadar gulanya tidak berlebihan supaya terhindar dari obesitas ya!

Teh chamomile

Dalam buku “Food Cures” karangan Joy Bauer’s menyampaikan kalau teh chamomile memberikan rileks, terlebih pada otot dan pikiran. Bahkan keram perut yang terjadi jelang menstruasi, juga akan lebih ringan.

Hindari lemak jenuh

Lemak jenuh tak hanya memicu produksi estrogen berlebih saja. Ia bahkan turut memperparah keluhan Premenstrual Syndrome. Ini karena lemak jenuh memicu prostaglandin, yang menyebabkan perut keram saat menstruasi. Solusinya, makanlah ikan atau minyak kanola yang kaya asam lemak omega 3.

Jadi vegetarian

Menurut riset yang dilakukan oleh Georgetown University, Washington DC, keram perut dan gejala Premenstrual Syndrome dapat ditekan. Caranya dengan mengurangi lemak hewani hingga 10%. Jika Anda membuktikannya sekarang, dalam 1-2 hari siklus ke depan, manfaatnya sudah terasa.

Keputihan

Sebagian besar kasus keputihan disebabkan oleh jamur candida albians yang hidupnya tak terkendali. Untuk mengendalikan pertumbuhan flora buruk di vagina, Anda bisa menyantap:

Segelas yogurt

Bakteri baik dalam yogurt merupakan obat alami untuk atasi infeksi jamur. Tak hanya itu, yogurt juga baik untuk mencegah infeksi bakteri lainnya lho!

Bawang putih

Bawang putih mengandung zat aktif seperti ajoene, allicin alliin, dan diallyl sulfide. Ketiganya dapat berkolaborasi membasmi infeksi jamur. Tenang! Anda tak harus memakannya mentah-mentah kok! Cukup tambahkan lebih banyak bawang putih saat menumis. Selain semakin menyedapkan masakan, keputihan jamur pun menghilang.

Benjol di rahim serta payudara

Tak semua benjolan yang timbul di payudara atau dinding rahim, dapat digolongkan berbahaya. Benjolan ini biasa disebut dengan fibroid. Pada payudara, bisa disebabkan oleh penumpukan cairan pada kelenjar susu. Sedangkan penyebab fibroid pada rahim karena kadar estrogen wanita yang meninggi. Umumnya, estrogen meningkat saat hamil dan menggunakan pil KB. Meski tidak berbahaya, Anda dapat mencegahnya dengan cara berikut:

Jadi vegetarian

Sebagian ahli percaya bahwa ada kaitan antara tingginya konsumsi daging merah dan fibroid. Karena itu, menyantap banyak sayuran dapat mencegahnya. Terbukti, banyak wanita vegetarian memiliki kadar estrogen di bawah mereka yang gemar menikmati daging merah.

Kurangi kopi

Anda yang sering menyimak artikel-artikel Akuinginhamil.com, pasti sudah tahu bukan kalau kopi/kafein dapat mengganggu kesuburan? Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Yale University of Medicine mengatakan, wanita yang minum dua cangkir kopi sehari (setara dengan 30-250 mg kafein) beresiko terkena fibroid pada payudara.

Resiko fibroid tadi bahkan tampak sangat tinggi apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kafein. Ini karena di dalam kopi terkandung methylxandine. Zat inilah yang menyebabkan kelenjar susu meradang.

Kurangi lemak

Wanita yang gemar mengkonsumsi makanan berlemak jenuh (khususnya lemak hewani), punya resiko lebih besar untuk alami fibroid. Lemak inilah yang mendorong produksi estrogen dan pertumbuhan fibroid. Beberapa penelitian menunjukkan, rasa nyeri karena fibroid dapat berkurang saat makanan berlemak dikurangi dan digantikan dengan sayur-mayur dan buah-buahan.

Konsumsi vitamin E

Menambah asupan vitamin E dapat mengurangi nyeri dan rasa nyaman pada payudara. Khususnya rasa nyeri dan payudara saat menstruasi. Disarankan, konsumsi 200-400 IU vitamin E sehari agar nyeri payudara di siklus selanjutnya berkurang.

Calon Ibu, kini Anda tak perlu khawatir lagi dengan masalah-masalah yang terjadi selama siklus bulanan Anda, sebab Anda tentu sudah memahami nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan tubuh Anda.

Obat Kesuburan Fertilaid