12 Pola Makan yang Menjaga Mood untuk Kehamilan
≡ Menu
Home » Perencanaan Kehamilan » Agar Mood Tetap Baik Jelang Kehamilan,…

Agar Mood Tetap Baik Jelang Kehamilan, Pola Makan Seperti Ini Bisa Anda Coba!

Pola makan yang mendukung mood untuk kehamilan - via 3a2ilati.com

Pola makan yang mendukung mood untuk kehamilan – via 3a2ilati.com

Calon ibu, menjaga mood untuk kehamilan memang perlu selalu diupayakan. Tapi tahukah Anda kalau makanan dapat mempengaruhi mood Anda menjadi tidak stabil? Sedangkan mood yang tidak stabil membuat Anda rentan stres. Bila sudah stres, hormon kesuburan Anda pun akan terganggu.

Jenis dan kebiasaan makan yang salah bisa menyebabkan kadar gula darah naik dan turun seenaknya. Efeknya, Anda akan cepat lelah, pusing, dan emosional. Agar mood tetap bisa dikontrol, cobalah mengubah pola makan yang mendukung mood untuk kehamilan. Misalnya, seperti di bawah ini:

1. Biasakan sarapan

Pada pagi hari, mungkin Anda tidak terlalu mementingkan sarapan. Alasannya karena buru-buru berangkat bekerja. Alasan lainnya, Anda belum merasa lapar. Padahal perilaku melewatkan sarapan karena kedua alasan tersebut, membuat tubuh Anda kacau mengatur kadar gula dalam darah. Jadi, jangan heran kalau seharian malah lesu dan tidak fokus. Ini karena sarapan berperan penting untuk konsentrasi dan energi Anda sehari penuh.

2. Ganti kopi dengan teh hijau

Seperti yang kita ketahui, kopi tidak baik untuk rencana kehamilan. Kandungan kafeinnya dituding mampu mempengaruhi kesuburan. Karena itu, batasi kafein. Baik dalam bentuk kopi, minuman dan makanan ringan, hingga minuman berenergi.

Teh adalah alternatif pengganti kopi yang baik, terutama teh hijau. Selain memiliki kandungan antioksidan, L-Theanine pada teh hijau akan mendorong dopamine dan aktivitas gelombang pada otak. Gelombang tersebut yang akan menjaga mood dan menjauhkan Anda dari rasa stres.

3. Makan setiap lima jam

Membiasakan makan setiap lima jam, akan membuat energi untuk tubuh tetap penuh. Di samping itu, konsentrasi Anda pun tetap pada jalurnya.

4. Variasi menu pada porsi makan Anda

Menurut Dr. Dr. Nurmiati Amir SpKJ (K), psikiater FKUI/RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo, variasi makanan membuat Anda tidak cepat bosan. Misalnya, mengutak-atik resep masakan atau mengunjungi restoran-restoran yang belum pernah dicoba. Tapi, tetap pilih makanan yang sehat dan menunjang kesuburan ya!

5. Batasi konsumsi karbohidrat olahan

Usahakan Anda selalu mengkonsumsi karbohidrat yang telah diolah menjadi produk tertentu. Hindari biskuit, crackers, dan minuman bersoda. Camilan mengandung karbohidrat olahan tersebut, rentan membuat gula darah Anda naik tiba-tiba. Tapi, kemudian ia bisa menurunkannya dengan sangat drastis dan cepat.

6. Perbanyak makanan berserat

Beras merah, sayur, dan aneka buah-buahan sangat berguna untuk Anda. Ketiganya mampu memperlambat penyerapan gula. Akibatnya, stamina tubuh pun terjaga lebih lama.

7. Tambahkan protein pada menu Anda

Menambahkan nutrisi berupa protein dalam porsi makan, dapat mencegah penyerapan karbohidrat terlalu cepat. Dengan demikian, Anda akan selalu berenergi sepanjang hari.

8. Perbanyak asupan omega 3 dan vitamin D

Kandungan omega 3 dan vitamin D dapat Anda peroleh dari ikan salmon dan kuning telur. Keduanya dikenal mampu meredakan stres dan emosi. Vitamin D bahkan menghindarkan Anda dari masalah hormonal.

9. Sediakan camilan sehat

Pada wanita, stres membuat keinginan untuk nyemil meningkat. Jika ini terjadi, jangan jadikan junkfood pilihan Anda. Sediakan cemilan sehat di tempat yang mudah dilihat dan terjangkau tangan. Dengan begitu, Anda dapat nyemil tanpa rasa penyesalan. Sebab, menyesal juga akan berbuntut pada stres atau rusaknya mood Anda.

10. Bawa bekal makan siang

Membawa bekal untuk makan siang di kantor, banyak sekali keuntungannya. Mulai dari lebih irit uang, lebih bersih, lebih sehat, dan menjaga Anda supaya tidak lapar mata. Tidak perlu stres harus makan apa, di mana, harus antre, dan harus macet dalam perjalanan ke rumah makan. Toh ketika Anda membeli makan siang di luar, tidak semua jenis makanannya baik untuk rencana kehamilan Anda.

11. Membawa minuman ke mana pun Anda pergi

Kekurangan cairan dapat merusak konsentrasi dan menimbulkan stres. Kalau ini terjadi, pekerjaan bisa kurang maksimal dan masalah tidak dapat ditangani dengan baik. Membawa air minum ke mana pun Anda berada, akan mendinginkan emosi dibandingkan melakukan pelarian ke makanan kemasan.

12. Isi kulkas dan lemari makanan Anda hanya dengan makanan sehat

Sejak Anda belanja, buatlah daftar makanan apa saja yang boleh dibeli. Pastikan daftar tersebut hanya memuat makanan-makanan sehat seperti sayur, buah, dan nutrisi yang baik untuk kehamilan. Kalau isi kulkas dan lemari makanan Anda hanyalah nutrisi-nutrisi tersebut, Anda pasti tidak punya pilihan makanan yang lain bukan?

Calon ibu, mulai sekarang praktekkan pola makan di atas ya! Jangan keluhkan susah dan ribetnya! Bukankah mendapatkan kestabilan mood untuk kehamilan dan segera memiliki momongan adalah prioritas utama?