Alami Flek Usai Berhenti KB? Baca Penjelasan Ini!

Alami Flek Usai Berhenti KB Baca Penjelasan Ini!

Image credit : www.bglconline.com

Lepas dari alat kontrasepsi KB adalah salah satu syarat agar Anda segera mendapatkan momongan. Tanpa melepaskannya, rencana kehamilan cuma berakhir sia-sia. Sebab KB (baik pil oral atau pun KB suntik) berfungsi untuk mengatur ovulasi Anda. Pada normalnya, folikel akan melepaskan sel telur setiap bulannya. Dengan pil KB, sel telur dalam folikel dibuat agar tidak berkembang, matang, dan terlepas.

Masalahnya, tidak semua wanita bisa langsung hamil setelah melepaskan KB. Perlu waktu beberapa bulan agar ovulasi bisa berjalan rutin dan normal kembali. Toh, hormon yang mengatur sistem reproduksi Anda pun perlu waktu untuk menyesuaikan diri.

Pada beberapa kasus, ada wanita yang mengalami flek usai berhenti KB. Padahal, ia tidak menstruasi sama sekali. Sebenarnya, pertanda apakah flek usai berhenti KB ini? Berbahayakah ia? Mungkinkah ia mengganggu kesuburan? Sebelum Anda banyak bertanya-tanya, yuk kita simak penjelasan berikut!

Jangan Hentikan Pil KB Secara Tiba-Tiba, Ya!

Bagi Anda yang ingin menghentikan pil KB karena sudah siap merencanakan kehamilan, jangan menghentikannya secara tiba-tiba ya! Pastikan Anda menghabiskan pil hingga kemasan yang terakhir. Baru setelah pil habis, rencana kehamilan bisa dilakukan.

Menghentikan konsumsi pil KB secara tiba-tiba tanpa menghabiskannya adalah pilihan yang tidak tepat. Menurut laman mom365.com, reaksi yang terjadi akibat tindakan ini adalah munculnya bercak-bercak perdarahan atau flek usai berhenti KB. Jangan langsung artikan kalau flek ini adalah kemunculan menstruasi. Agar Anda menstruasi lagi, hormon harus kembali dalam keadaan normal. Anda baru bisa berovulasi dan merencanakan kehamilan di masa subur.

Jika sudah telanjur menghentikan pil KB tanpa menghabiskannya, kemudian flek muncul terus-menerus tanpa kehadiran menstruasi, segera konsultasikan masalah Anda pada dokter. Apalagi kalau muncul gejala-gejala yang kurang mengenakkan pada bagian perut. Lebih baik menghindari potensi masalah kesuburan sebelum terjadi, bukan?

Bisa Jadi, Flek Merupakan Adaptasi Setelah Penghentian Suntik KB

Pada wanita yang normal, flek darah yang keluar dari vagina merupakan pertanda datangnya menstruasi. Di sisi lain, ia juga menjadi indikasi medis seperti luka pada organ intim, infeksi rahim, radang panggul, tanda awal kanker, atau kista coklat. Tapi jika ada riwayat penggunaan KB suntik, flek yang dialami bisa jadi merupakan mekanisme adaptasi organ reproduksi pasca lepasnya penggunaan KB hormonal suntik.

Jangan merasa khawatir dulu! Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamati jadwal menstruasi dari awal penghentian suntik KB hingga 3-6 bulan pasca penghentian. Kalau menstruasi Anda masih belum teratur atau flek tetap keluar tanpa menstruasi, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter kandungan. Agar pemeriksaan maksimal, lakukan tes fisik dan tes medis. Dengan USG, misalnya.

Dengan pemeriksaan tersebut, diharapkan Anda dapat mengetahui penyebab keluhan. Dokter pun bisa memberikan solusi terbaik agar masalah flek teratasi dan rencana kehamilan tetap berjalan lancar.

Agar Menstruasi Datang Kembali, Lakukan Langkah Ini!

Agar tubuh semakin sehat, bugar, dan peluang kehamilan semakin besar, jangan lupakan olahraga. Lakukan teratur satu atau dua kali dalam seminggu. Cukupi juga waktu istirahat dan hindari stres. Keduanya juga salah satu faktor yang mendorong jalannya siklus menstruasi yang rutin.

Utamakan gaya hidup sehat demi kesuburan Anda. Jauhi alkohol, hindari rokok (baik merokok secara aktif maupun pasif), dan katakan tidak pada obat-obatan terlarang. Kurangi pula konsumsi kafein.

Jika Anda memiliki obesitas atau sebaliknya kekurangan berat badan, mulailah menyeimbangkan berat badan Anda. Capailah berat badan yang sehat untuk kualitas sel telur yang prima. Caranya, bisa dengan olahraga dan melakukan diet kesuburan. Perbanyak sayur, buah, protein dari ikan segar, dan asam folat.

Nah! Jika Anda punya flek yang tidak pernah usai setelah KB dihentikan, menstruasi teratur tak kunjung datang, jangan ragu mengunjungi dokter! Imbangi pula dengan pola gaya hidup sehat agar menstruasi yang teratur cepat kembali. Percayalah, usaha ini tidak akan sia-sia! Tetap semangat dan selamat merencanakan kehamilan, ya!

Obat Kesuburan Fertilaid