Haid Terlambat Tidak Selalu Hamil: Amenorrhea

Amenorrhea: Haid Terlambat Tidak Selalu Hamil

Haid terlambat bisa karena amenorrhea - via losandes.com

Haid terlambat bisa karena amenorrhea – via losandes.com

Halo, calon ibu! Salah satu pertanda kehamilan tiba adalah haid terlambat atau tidak adanya menstruasi. Tanda kehamilan ini akan semakin kuat lagi kalau Anda melihat tanda-tanda awal kehamilan serta hasil tes kehamilan yang positif.

Anda tidak bisa semata-mata mengandalkan haid terlambat. Haid terlambat tak selalu berarti wanita hamil. Faktanya, banyak sekali wanita yang menstruasinya tak kunjung datang. Ketika melakukan tes kehamilan dengan testpack atau ke klinik untuk tes darah dan USG, malah hasil negatiflah yang didapat. Kejadian ini seringkali dikeluhkan para wanita saat mengunjungi dokter.

Amenorrhea, penyebab haid terlambat

Istilah medis yang digunakan untuk mengungkapkan hilangnya siklus Anda adalah amenorrhea. Normalnya, wanita tidak akan haid saat belum mencapai pubertas, selama hamil, atau setelah menopause. Tapi jika ketiga penyebab tersebut tidak Anda rasakan, segeralah berkonsultasi dan meminta penanganan medis.

Dua tipe amenorrhea

Dalam dunia medis, dikenal dua jenis amenorrhea. Mereka adalah amenorrhea primer dan amenorrhea sekunder. Amenorrhea primer terjadi ketika remaja tidak kunjung mendapatkan periode pertamanya. Padahal, lazimnya pubertas remaja terjadi di usia 16 tahun. Sedangkan amenorrhea sekunder terjadi pada wanita yang telah mencapai pubertas dan biasa memiliki siklus yang normal. Mendadak, siklusnya hilang selama enam bulan atau lebih.

Penyebab amenorrhea

Amenorrhea bisa disebabkan oleh perubahan pada organ, kelenjar, dan hormon yang terlibat dalam menstruasi. Pada kasus amenorrhea primer dan amenorrhea sekunder pun, ada penyebab spesifiknya masing-masing yang berbeda.

Lagi program hamil? Download ebook cara menghitung masa subur ini untuk perhitungan masa subur yang lebih akurat dan positif hamil lebih cepat.

Penyebab dari amenorrhea primer adalah kegagalan ovarium (organ seksual wanita yang melepas sel telur), problem pada sistem syaraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) atau kelenjar pituitari (kelenjar di otak yang membuat hormon yang terlibat dalam menstruasi), dan bentuk organ reproduksi yang kurang normal. Namun pada banyak kasus, penyebab amenorrhea primer tidak diketahui.

Sedangkan penyebab dari amenorrhea terdiri dari penyebab umum dan khusus. Penyebab umum dari amenorrhea primer meliputi kehamilan, menyusui, menghentikan penggunaan kontrasepsi, menopause, serta beberapa metode KB yang digunakan.

Sedangkan penyebab khusus dari amenorrhea sekunder adalah stres, penggunaan sejumlah obat, latihan berlebih, obesitas, dan tumor pada ovarium atau otak (untuk kasus tumor, termasuk langka). Seakan tak cukup, asupan nutrisi yang rendah, turunnya berat badan yang ekstrim, penyakit yang sedang berlangsung, sindrom ovarium polikistik (PCOS), serta gangguan kelenjar tiroid juga turut mempengaruhi.

Apakah Anda juga pernah mengalami pengangkatan rahim atau ovarium? Jika iya, ini juga merupakan salah satu penyebab terhentinya menstruasi atau amenorrhea sekunder.

Sekarang, Anda sudah lebih paham tentang penyebab hilangnya menstruasi Anda bukan? Sebelum Anda menyatakan diri hamil, mari lakukan kroscek ulang. Lakukan tes kehamilan yang bisa dilakukan di rumah atau di klinik dokter. Jika hasilnya negatif, tak ada salahnya berkonsultasi dan meminta nasehat dari dokter.

Coba juga suplemen kehamilan FertilAid! Beberapa masalah kehamilan atau infertilitas telah berhasil disembuhkan oleh suplemen ini. Selain aman, komposisinya alami, kaya vitamin dan mineral, juga halal. Anda dapat mempercayakan FertilAid sepenuhnya untuk Anda sendiri atau suami, karena ia diracik oleh ahli ObGyn kenamaan di Amerika Serikat. Tunggu apalagi? Simak testimoninya di sini.