Belum Hamil Juga? Kapan Seharusnya Khawatir?

Belum hamil juga? - via picdn.net

Belum hamil juga? – via picdn.net

Saya wanita berusia 25 tahun. Saya menikah sudah enam bulan dan belum hamil juga. Ketika memeriksakan diri, dokter hanya tertawa dan tersenyum simpul. Katanya, saya disuruh datang ke sana lagi jika sudah enam bulan dan belum hamil juga. Kenapa ya?

Begitulah kira-kira inti percakapan pada sebuah forum kehamilan dan kesuburan. Di bawahnya, begitu banyak komentar yang tidak jauh berbeda. Wanita-wanita tersebut juga mengalami kekhawatiran karena belum hamil juga dan memeriksakan diri ke dokter. Namun, mereka hanya disuruh mencoba kehamilan lagi dengan berhubungan seksual di masa subur.

Anda pasti bertanya-tanya. Kapan batas waktu yang wajar untuk kehamilan yang tidak kunjung tiba? Kapan seharusnya mulai khawatir dan curiga kalau kehamilan tak muncul juga? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak poin-poin berikut!

Di Bawah 35 Tahun dan Telah Mencoba Selama Setahun

Usia dua puluhan adalah usia produktif, dimana wanita masih sangat subur reproduksinya. Organ dan sistem reproduksi juga masih bisa bekerja dengan maksimal. Tak terkecuali dengan matangnya sel telur. Jadi, masih panjang pula waktu Anda untuk merencanakan kehamilan.

Bila Anda berusia di bawah 35 tahun dan belum ada setahun mencoba kehamilan, Anda tak perlu panik. Ini masih sangat wajar, kok! Sebagian pasangan suami istri yang kondisinya sehat, dapat hamil dalam jangka waktu enam bulan. Akan tetapi, 90% pasangan sehat dapat hamil dalam jangka waktu satu tahun. Atas dasar itu, jika Anda telah rajin berhubungan seksual selama satu tahun dan belum mendapatkan hasil apapun, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi ada permasalahan pada sistem dan organ reproduksi Anda.

Jangka waktu satu tahun pun bisa lebih panjang jika usia Anda di bawah 25 tahun. Khusus untuk wanita berusia di bawah 25 tahun, masa tenggang yang dianggap wajar adalah dua tahun. Artinya, jika Anda berusia 24 tahun atau lebih muda, telah mencoba kehamilan dengan sangat giat selama setahun dan tidak kunjung hamil, ini masih wajar. Namun, ketika telah mencoba selama dua tahun lebih dan tak kunjung hamil, barulah Anda boleh was-was.

Di Atas 35 Tahun dan Telah Mencoba Selama 6 Bulan

Usia tiga puluhan bisa dikatakan tak cukup muda untuk hamil. Namun, bukan berarti kemungkinan hamil di usia ini tidak ada. Banyak juga kok wanita-wanita yang mendapatkan anak di usia ini. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah jika usia Anda sudah di atas 35 tahun. Sebab di usia 35 tahun ke atas, kesuburan sudah jauh merosot dan lebih beresiko. (Baca selengkapnya tentang hamil di usia 40-an di sini)

Di usia 35 tahun ke atas, ketahanan fisik dan hormonal sudah tidak sehebat usia dua puluhan. Proses pembuahan sel telur menjadi embrio pun tidak semudah dan secepat usia dua puluhan. Resiko kelahiran non alamiah (dengan operasi caesar), bayi lahir cacat, hingga keguguran semakin tinggi. Di samping itu, usia ini lebih rentan tekanan darah tinggi dan diabetes.

Oleh karena itu, jika Anda berusia 35 tahun ke atas, telah berhubungan seksual secara rutin selama 6 bulan di masa subur, tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun, dan hamil tak kunjung tiba, bergegaslah ke dokter! Konsultasikan masalah kesuburan Anda dan solusi terbaik agar dapat hamil. Apakah mungkin masih bisa mendapatkan kehamilan secara alamiah atau membutuhkan bantuan medis, seperti bayi tabung atau inseminasi buatan.

Periksakan Diri Jika Ada Gejala yang Mengganggu

Dalam kondisi tertentu, ada masanya di mana wanita tidak perlu mengabaikan dua poin sebelumnya. Yaitu ketika Anda mengalami serangkaian gejala mengganggu pada organ atau sistem reproduksi. Misalnya nyeri yang berlebihan saat menstruasi atau berhubungan seksual, atau gejala menyiksa lainnya.

Beberapa wanita yang terlalu dini memeriksakan diri ke dokter merasa bersyukur. Ini karena mereka dapat mendeteksi secara dini gejala-gejala yang berujung pada masalah kesuburan. Misalnya sindrom ovarium polikistik, endometriosis, kanker serviks, dan lain sebagainya. Dengan begitu, segala masalah kesuburan dapat diatasi sebelum gejala semakin parah dan membuat kemandulan.

Kini Anda sudah paham bukan, kapan waktunya untuk curiga dan kapan waktunya untuk tenang menunggu kehamilan? Karena kesuburan wanita tergantung pada usianya, tak mengherankan jika batas waktu tersebut juga tergantung pada usia Anda. Apalagi wanita tak sanggup memproduksi sel telur, melainkan hanya mematangkan stok sel telur yang telah tersedia untuk seumur hidupnya.

Selamat merencanakan kehamilan dan semoga sukses, ya calon ibu!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «