Gangguan Kelenjar Gondok Menyebabkan Kemandulan?

Gangguan Kelenjar Gondok Menyebabkan Kemandulan?Kelenjar gondok atau dalam istilah medis dikenal dengan kelenjar tiroid.  Kelenjar tiroid adalah kelenjar terbesar dalam tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui  pada bagian depan leher, sedikit di bawah laring.  Kelanjar ini berfungsi mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi, membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Kelenjar tiroid menghasilkan dua macam hormon yang penting yaitu Triiodotironin dan Tiroksin.  Kedua hormon ini berperan penting dalam mengatur laju metabolisme dengan cara mengalir bersama dalam darah, dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa.

Lalu bagaimana hubungan antara kelenjar tiroid ini dengan kemandulan?

Pada beberapa individu, bisa terjadi kelainan pada kelenjar tiroid ini.  Fungsi tiroid yang terganggu ditemukan memiliki pengaruh terhadap kesuburan.  Tiroid memiliki fungsi autoimun, yang pada  beberapa studi telah ditemukan adanya hubungan dengan kegagalan konsepsi.

Selain itu, gangguan tiroid akan mengganggu siklus menstruasi yang normal.  Gangguan tiroid  tipe hipotiroid  merupakan jenis gangguan kelenjar tiroid yang paling banyak ditemukan, dimana pada hipotiroidisme  ditandai dengan peningkatan kadar TSH.  Beberapa faktor dapat mempengaruhi hipotiroidisme, termasuk usia dan status diet yodium.

Pada wanita usia subur, AITD ( Thyroid Autoimmuity) tidak diragukan lagi merupakan penyebab paling umum hipotiroidismeHipotiroidisme dihubungkan dengan tingkatan gangguan reproduksi, mulai dari perkembangan organ seksual yang abnormal hingga ketidakteraturan menstruasi dan infertilitas.  Terdapat dua aspek kunci dari AITD, yaitu bahwa AITD merupakan kelainan autoimun paling umum pada populasi wanita, mempengaruhi 5-10% wanita sejak lahir, dan AITD merupakan kasus paling sering pada gangguan tiroid (subklinis). Selain itu, AITD dapat terjadi tanpa adanya gangguan tiroid dan seringkali tidak terdiagnosa oleh dokter.

Studi mengindikasikan bahwa wanita dengan AITD, 44 % di antaranya menderita endometriosis, dibandingkan dengan 9% penderita endometriosis tanpa AITD.  Adanya hubungan antara AITD dengan endometriosis ini menunjukkan adanya faktor imunitas yang mempengaruhi endometriosis.  Kadar antibodi sistem reproduksi, imunitas sel dan aktivitas sel menunjukkan adanya pengaruh AITD terhadap sistem reproduksi.

Bagaimana tanda dan gejala gangguan tiroid?

Sebelumnya saya sempat 2 kali keguguran. Namun kami tidak pernah putus asa dalam berikhtiar, karena kami yakin Allah SWT akan memberikan yg terbaik bagi kami. » BACA SELENGKAPNYA «
  • Pada anak, gejala gangguan tiroid termasuk adanya keterlambatan kematangan seksual.  Keadaan ini dapat diperbaiki dengan pemberian suplemen hormon trioid.
  • Pada wanita dewasa, kelainan ovulasi paling umum dihubungkan dengan hipotiroid termasuk :
    – Ketidak teraturan siklus menstruasi, misalnya perubahan pada lamanya siklus haid   dan banyaknya darah haid.
    – Hirsutisme ( peningkatan atau bertambahnya rambut pada tubuh) juga merupakan salah gejala hipotiroid.
    – Menoragia (peningkatan jumlah darah haid) merupakan gejala paling sering dan terjadi pada 60 % wanita dengan hipotiroid.
  • Hipotiroidisme yang berat pada umumnya dihubungkan dengan kegagalan ovulasi, akan tetapi ovulasi dan konsepsi tetap terjadi pada hipotiroidisme yang ringan.
  • Penyebab paling umum hipertiroidisme pada wanita usia subur adalah Graves Disease, penyebab lainnya adalah gondok beracun dan tiroiditis (infeksi pada tiroid).
  • Jika kelainan pada tiroid tidak terdiagnosa dan tidak terobati, maka akan mengakibatkan infertilitas atau abortus yang berulang.