Gonadotropin, Obat Kesuburan Injeksi Untuk Infertilitas

Gonadotropin, obat kesuburan yang diinjeksikan - via yimg.com

Gonadotropin, obat kesuburan yang diinjeksikan – via yimg.com

Halo, calon ibu! Kemarin tim Aku Ingin Hamil sudah banyak memperbincangkan tentang clomiphene citrate. Clomiphene ini merupakan obat kesuburan yang mudah digunakan karena tinggal diminum sesuai anjuran dokter. Tapi, tahukah Anda kalau ada alternatif obat kesuburan selain clomiphene? Apalagi kalau bukan gonadotropin!

Berbeda dengan clomiphene, gonadotropin bisa dikatakan lebih rumit dipakai. Ini karena penggunaannya melibatkan injeksi. Namun, konon obat kesuburan ini lebih efektif. Apalagi ia sering dijadikan rekomendasi dokter setelah tubuh tidak merespon kehadiran clomiphene. Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Merek-Merek Gonadotropin di Dunia Farmasi

Dalam dunia medis, gonadotropin dikenal dengan bermacam-macam merek. Seperti yang dikutip dari laman babycenter.com, setidaknya ada tiga kelompok merek obat. Pengelompokan ini didasari oleh kandungannya. Mereka adalah (1) Repronex dan Menopur, (2) Follistin, Gonal-F, dan Bravelle, dan (3) Pregnyl, Novarel, dan Ovidrel.

Kelompok yang pertama, yaitu Repronex dan Menopur memiliki kandungan human menopausal gonadotropin (hMG). Ia adalah perpaduan antara hormon luteinizing (LH) dan hormon perangsang folikel (follicle stimulating hormone atau FSH). Kelompok kedua, Follistin, Gonal-F, dan Bravelle memiliki kandungan Urofollitropin atau rekombinan FSH, FSH murni. Terakhir, Pregnyl, Novarel, dan Ovidrel yang merupakan human chorionic gonadotropin (hCG), sebuah rekombinan obat hCG yang direkayasa berbeda dengan obat kesuburan lainnya.

Untuk Siapakah Obat Ini Ditujukan?

Sama seperti clomiphene, gonadotropin dapat digunakan untuk membantu wanita ovulasi. Namun ketika clomiphene tidak direspon oleh tubuh, barulah ia bisa diambil. Dokter akan meresepkan obat ini jika Anda tidak memproduksi FSH dan LH yang mencukupi untuk ovulasi.

Jika Anda sedang dalam perawatan inseminasi intrauterin atau bayi tabung, ia membantu produksi sejumlah sel telur untuk prosedurnya. Sedangkan pada normalnya (tanpa gonadotropin), tubuh hanya mampu menghasilkan satu sel telur selama ovulasi berlangsung.

Bisakah Injeksi Ini untuk Laki-Laki?

Tentu saja, bisa! Bila dokter menyarankan suami Anda mengambilnya, mengapa tidak? Seperti pada artikel obat kesuburan pria sebelumnya, gonadotropin membantu pria dengan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang berujung pada kuantitas, kualitas, dan motilitas (bagaimana sperma bergerak) sperma yang rendah.

Berapa Lama Perawatannya?

Lamanya perawatan kesuburan dengan gonadotropin, tergantung dengan metode konsepsi yang diterapkan Anda dan suami. Jika Anda menggunakannya dan diikuti hubungan seksual alami atau inseminasi intrauterin, Anda akan menerima injeksi dan harus rajin mengunjungi dokter untuk tes darah dan USG. Pelaksanaan kedua tes tersebut harus rutin, kurang lebih dua minggu sebelum hubungan seksual alami dilakukan maupun dengan prosedur inseminasi intrauterin. Jika Anda mengambil gonadotropin yang dibarengi prosedur teknologi reproduksi bantuan (misalnya, program bayi tabung), seluruh proses akan memakan waktu selama tiga sampai enam minggu.

Dengan atau tanpa prosedur seperti inseminasi intrauterin, kebanyakan wanita melalui tiga sampai enam siklus gonadotropin sebelum akhirnya pindah ke program bayi tabung (In Vitro Fertilisation). Yang perlu diingat, tingkat keberhasilan obat injeksi ini tidak akan menambahkan lamanya pengobatan. Jadi, jika Anda mencoba tiga kali siklus atau lebih, lalu belum bisa hamil, dokter mungkin akan menambah dosis, mencoba obat kesuburan yang berbeda, atau menyarankan perawatan kesuburan lainnya.

Kalau Tingkat Kesuksesannya?

Tingkat kesuksesan gonadotropin dapat dilihat dari kehamilan pemakainya. Menurut data dari laman kehamilan babycenter.com, tingkat kehamilan yang dibarengi timed intercourse (hubungan seksual yang dijadwalkan) sebesar 15% per siklus. Bahkan jika Anda hamil, ada peluang 30% memiliki bayi kembar dua atau lebih.

Peluang kehamilan tiap individu yang menjalani perawatan gonadotropin, berbeda-beda. Usia wanita dan kuantitas serta kualitas sperma suami merupakan alasannya. Maka, tidak ada salahnya meningkatkan kesuburan dengan gaya hidup sehat.

Berapa Biaya Perawatannya?

Di Amerika Serikat, biaya perawatan gonadotropin sebesar 1.000 – 5.000 dolar per siklus. Biaya ini tergantung dengan dosis dan berapa lama Anda perlu diinjeksi. Ini pun belum termasuk kunjungan monitoring, tes darah, dan tes USG. Jika asuransi tidak memasukkan layanan ini, pastikan Anda dan suami mempersiapkan pembiayaannya sendiri.

Nah, calon ibu! Sekarang sudah lebih paham tentang perawatan kesuburan dengan gonadotropin bukan? Ingin tahu cara kerjanya lebih lengkap? Atau ingin tahu alternatif obat kesuburan alami yang aman? Pastikan Anda terus mengikuti artikel-artikel Aku Ingin Hamil. Tetap semangat dan selamat merencanakan kehamilan!

Obat Kesuburan Fertilaid