Haid Tak Lancar Usai KB Suntik? Jawabnya di Sini!

Periode haid tak lancar - via luotuofushi.net

Periode haid tak lancar – via luotuofushi.net

Haid atau menstruasi, setidak enak apapun gejalanya, merupakan siklus yang penting bagi wanita. Berkat adanya menstruasi, Anda tahu bahwa sistem reproduksi berjalan dengan normal dan wajar. Anda bisa menghitung kapan periode pertama dimulai dan kapan masa subur terjadi. Namun, bagaimana jika haid tak lancar setelah melakukan KB suntik? Jangan khawatir! Haid tak lancar (bahkan tidak ada) setelah penggunaan KB suntik itu wajar, kok! Malahan, gejala ini tidak berbahaya dan bukan pertanda datangnya suatu penyakit. Banyak sekali wanita yang menjalani KB suntik turut mengalaminya.

Efek Samping KB Suntik

KB suntik memang punya efek samping berupa amenorrhea (tidak menstruasi). Ini karena ada gangguan pada sumbu (axis) hormon. Apalagi jika Anda sekarang sedang menyusui, haid tak akan datang dulu sebelum masa menyusui usai. Ini normal! Kalau KB suntik ditinggalkan dan Anda sudah tidak menyusui lagi, hormon akan segera menyesuaikan diri. Lama kelamaan, menstruasi juga datang lagi. KB suntik jenis tertentu misalnya KB suntik 3 bulan, mengandung Depo Provera. Kandungan ini adalah endapan cairan yang terdiri dari kristal-kristal mikro medroksi progesteron asetat (DMPA). Endapan ini pula yang merupakan keturunan hormon reproduksi progesteron. Karena sifatnya yang hormonal, kontrasepsi ini mempengaruhi hormon reproduksi Anda. Pun tak terkecuali pada siklus menstruasi. Perubahan pola haid di tahun-tahun pertama penggunaan KB suntik adalah adanya bercak yang berlangsung cukup lama. Tapi, bercak ini bukanlah darah menstruasi. Sebab, menstruasi akan sangat jarang terjadi akibat penggunaan suntik KB. Di samping itu, berat badan Anda akan bertambah, diiringi dengan sakit kepala, nyeri pada payudara, dan mood yang mudah berubah. Jerawat juga akan timbul tiba-tiba dan libido seksual berkurang. Tapi jika Anda sudah terbiasa menjalani suntikan KB hingga berulang kali, tubuh sudah lebih beradaptasi dengan efeknya. Kemungkinan menstruasi tidak terjadi. Sekali lagi, gejala ini masih normal kok!

Gangguan Haid Berbeda-beda pada Setiap Wanita

Gangguan haid pasca KB suntik bisa berbeda-beda. Ada wanita yang setelah tiga sampai enam bulan kerja hormonnya kembali normal. Lantas, ovulasi dan menstruasi datang lagi dengan teratur. Tapi ada juga yang perlu waktu sampai satu tahun, terhitung dari KB suntik dihentikan. Jika Anda ingin segera mendapatkan haid yang teratur (haid tidak kunjung datang disertai gejala yang menyakitkan), kunjungi dokter spesialis kesuburan atau kandungan di area Anda. Lakukan konsultasi tentang permasalahan Anda. Kemungkinan, dokter akan memberikan terapi hormonal agar hormon kembali bekerja dan merangsang adanya ovulasi. Kemungkinan lain, Anda akan disarankan mengganti alat kontrasepsi. Misalnya, menggunakan IUD (Intra Uterine Device). Alat kontrasepsi yang satu ini tidak akan mengganggu siklus menstruasi Anda.

Kini, Anda sudah memahami mengapa haid tak lancar setelah suntik KB, bukan? Sekarang, Anda tidak perlu takut. Selama masih mematuhi aturan suntikan dan anjuran dari dokter, kesuburan Anda tidak akan terganggu untuk rencana kehamilan selanjutnya. Jika terjadi gejala-gejala lain yang sangat mengganggu, bergegaslah ke dokter untuk pemeriksaan dan mencegah problem yang mengganggu kesuburan.

Obat Kesuburan Fertilaid