≡ Menu
Home » Keguguran » Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran

Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran

Ingin Hamil Lagi Setelah KeguguranJika sebelumnya anda telah mengalami keguguran dan saat ini sedang hamil lagi, cari tahu bagaimana mengatasi  nikmat hamil tersebut setelah keguguran.

Sungguh sebuah kekhawatiran bagi seorang ibu. Anda yang sebelumnya keguguran dan saat ini sedang hamil kembali. Anda mungkin  khawatir akan melakukan sebuah kesalahan. Anda cemas semoga bayi dalam kandungan anda tidak seperti nasib saudaranya yang dulu. Anda takut setiap gerakakan yang  anda lakukan beresiko terhadap janin yang sedang anda kandung?.

Istirahat sejenak,  hilangkan rasa cemas yang membuat anda stress tersebut akan menjadi kunci untuk membuat janin anda tetap bertahan. Semakin tinggi tingkat stres yang anda alami, semakin tinggi tekanan darah anda, bisa mengakibatkan bayi anda mengalami stres yang jauh lebih berat. Rilekslah, tarik nafas dalam-dalam dan berusaha agar tetap tenang.

Fakta tentang keguguran

Kurang dari 5% dari perempuan di dunia pernah mengalami keguguran secara berturut-turut. Kurang dari 1% nya  keguguran tiga kali bahkan lebih. Keguguran merupakan hilangnya spontanitas pada janin sebelum memasuki minggu ke-20. Keguguran ini biasanya disebabkan karena janin/ calon bayi tidak berkembang secara normal.

Keguguran Berulang

Jika anda pernah mengalami keguguran beberapa kali dan ingin mencoba untuk hamil lagi. Mungkin anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan menjalankan beberapa tes guna mencari tahu apa penyebab terjadinya keguguran pada janin anda sebelum mencoba untuk hamil lagi. Biasanya tes yang yang dilakukan cukup sederhana seperti pengecekan darah atau USG.

Jika Keguguran…Mulailah Lagi Dengan Lebih Baik

Jika ini adalah keguguran pertama anda dan ingin mencoba hamil kembali, langkah yang perlu anda lakukan adalah mulai mempertkan kesehatan tubuh anda terutama organ reproduksi. Apakah ada memiliki A&C (dilatasi & kuratase) pada saat keguguran sebelumnya? Sudahkah anda mengkonsumsi vitamin prenatal lagi sebagai persiapan diri untuk konsepsi dan mengandung bayi? Apakah anda sehat secara fisik dan emosional? Jika anda masih berusahan mengatasi rasa sedih karena kehilangan anda yang lalu, tidaklah mengapa untuk menunggu beberapa waktu lagi hingga anda siap untuk hamil kembali. Anda tidak bisa memaksakan diri anda menjadi sesuatu yang anda sendiri secara emosional belum tentu siap.

Berusahalah Untuk Tetap Tenang

Namun demikian, jika masa itu tiba kembali, anda akan menyadari. Pikiran dan hati anda akan kembali terbuka untuk kehadiran sosok buah hati lagi. Begitu anda hamil, bukanlah ide yang baik untuk stres saat menghadapi suatu masalah tertentu. Penyebab keguguran yang paling sering terjadi dikarenakan kelainan pada janin anak, bukan karena kesalahan yang orang tua telah lakukan semata, kejadian tersebut diluar dari kendali siapapun.

Hindari Tekanan /  Stres

Membiarkan diri anda dalam keadaan stres atas bayi anda, pada gilirannya akan membuat bayi anda pun berada di bawah tekanan. Sehingga terjadi masalah yang lebih banyak antara anda dan bayi dalam kadungan anda.

Nikmati Kehamilan Anda Lagi.

Cobalah untuk membiarkan diri anda menikmati kenyataan bahwa anda sedang hamil lagi. Perhatikan tanda-tanda kehamilan normal, seperti nyeri pada payudara, kelelahan, mual, perut kembung yang ditandai bahwa itu adalah “tendangan pertama”. Setelah anda melaui timester kedua, mungkin zona ini akan menjadi zona aman bagi anda sebab sangat jarang keguguran terjadi pada timester kedua atau ketiga tersebut.

testimoni fertilaid

8 comments… add one

  • Nita Ajjah December 8, 2012, 12:34 am

    semua udah saya lakuin agar cepat hamil lagi setelah keguguran, apakah bisa kemungkinan ga ya agar saya cepat hamil lagi sudah kosong 6 bln blm isi lagi, smoga bulan ini saya isi lagi amiiin,,,

    • Cara Cepat Hamil December 28, 2012, 5:39 am

      Terus berusaha bun, dan jangan lupa untuk rutin mengunjungi website ini. Kami update setiap hari memberikan informasi tips cepat hamil.

  • Dewi January 26, 2013, 2:09 pm

    Maav ,
    saya(22) karyawan swasta disebuah perusahaan , karena saya menikah muda(16) saya sudah mengalami 2x keguguran dan 1 lahir 3bln meninggal , hamil pertama 4bln keguguran karena kata dokter kandungan saya lemah , dan yg kedua 2bln keguguran karena jatuh terpeleset , terakhir saya bersyukur sekali dapat mengandung sampai tepat 9 bln 10 hari , lahir selamat putri saya sehat dg berat 3,1 kg , tapi setelah usia 3bln , putri saya meninggal , dan kata dokter karena kehabisan cairan , bahkan kencing dan berakpun jarang ,
    dari meninggalnya putri saya sampai sekarang sudah hampir 1th , tapi saya belum ada tanda kejamilan lagi , padahal saya tidak KB ,
    apa kemungkinan saya bisa hamil lagi ya ? Terima kasih atas perhatiannya :)

    • Cepat Hamil January 26, 2013, 2:27 pm

      Dear bunda dewi,
      turun prihatin dengan yang bunda dewi alami.
      Iya bun, masih mungkin. saran saya yang pertama bunda periksakan diri ke dokter. Cari tahu apa penyebab keguguran berulang yang bunda alami. Cara yang kedua, ibu bisa mencoba fertilaid for women obat ini berkhasiat mencegah keguguran berulang dan menyehatkan organ reproduksi termasuk rahim. silakan kunjungi obatcepathamil.com.

  • dewii October 26, 2013, 12:47 am

    Saya punya riwayat keguguran 1 kali, ini lagi hamil tapi keluar flek (umur kehamilan 7 minggu) tiap hari semakin banyak malah kayak haid gt, perut nyeri, stelah dipriksain dokter, gejala keguguran,, harus bedrest, tapi saya tidak bisa, karena harus ke kamar mandi bila ingin buang hajat.. Kata dokter kandungan saya lemah.. Gimana caranya buat nguatin kandungan?? Saya takut, keguguran berulang, dan saya takut jadi susah hamil :(

  • Eni December 20, 2013, 1:40 pm

    Jum’at kemarin 13/12/13 saya mengalami keguguran di kehamilan pertama sya…usia kehamilan saya 15 minggu..saya melahirkan normal dan tidak di kiret..yg saya bingung knpa sya bisa keguguran yah padahal pertumbuhan janin saya bagus,,memang beberapa hari sebelumnya saya ada keluar darah setiap pagi dok..dan sudah di USG janin saya sehat.. hanya di suruh bedrest..setelah drah tidak kluar sya masuk kerja seperti biasa dan ternyata pas di kantor tali pusar janin saya keluar dan akhirnya saya melahirkan.

  • aciana March 5, 2014, 1:40 pm

    Sya sudah 2x mngalami keguguran,bhkn trjdi
    Keguguran di saat hamil muda,tp dsaat sya
    Keguguran di sertai dgn darah dan lmbaran”
    Daging,apa kah stelah keguguran ini terjadi
    Apakah sya hrus d kuret??

  • Fitria. March 26, 2014, 11:42 pm

    Dlu sya jg mengalami kguguran smpai 3x,4 tahun menikah baru punya anak.saat umur kandungan 4 bulan saya pendarahan kecil,alhamdulilh bs datasi.23 dec 2012 umur kandungan 8 bulan,saya pendarahan ge,dan tgl 24 jam 7 kontraksi.tgl 25 pukul 01.48 anak saya lahir operasi,prematur bb 2,2 kg tb 43cm.usia 8 hr msuk rumah sakit karna hb nya rendah.bb trun 2ons.2x tranfusi darah.sekarang dia tumbuh sehat biar kecil tpi lincah,pintar, cantik imut2.buat bunda2 yg lain semangat trus,jngan menyerah.

Leave a Comment