Jika 10 Tanda Ini Dialami, Selamat Anda Hamil!

Testpack positif: Anda hamil! - via sitedebelezaemoda.com

Testpack positif: Anda hamil! via sitedebelezaemoda.com

Hai, calon ibu! Beberapa wanita sering sekali punya firasat kehamilan sebelum tes kehamilan dilakukan. Secara medis, hal ini sangat mustahil. Tapi, banyak wanita meyakininya meski baru saja berhubungan seksual. Pernahkah Anda memprediksi Anda hamil seperti demikian?

Alasan kuat dari hal tersebut adalah karena kehamilan memberikan perubahan fisik pada tubuh wanita. Pada kebanyakan kasus, perubahan fisik tersebut juga sama hampir di seluruh wanita. Karenanya, jika Anda mengalami tanda-tanda ini, selamat! Anda hamil!

1. Nyeri pada payudara

Tanda klasik dari kehamilan adalah nyeri payudara. Mungkin, rasanya memang tidak nyaman, lembut, bahkan geli. Mirip ketika Anda akan memulai periode menstruasi. Ini karena kadar hormon Anda mulai berubah. Menurut Emma Cannon (ahli kesuburan dan kehamilan), payudara Anda juga akan terasa berat, bengkak, dan penuh. Area puting pun akan lebih gelap. Tapi tak perlu khawatir. Setelah kadar hormon Anda stabil, payudara Anda tidak akan begitu sakit lagi.

2. Rasa lelah

Beberapa wanita merasa benar-benar dikerjai saat pertama kali hamil. Seakan-akan, embrio yang begitu kecilnya berhasil menguras seluruh energi Anda. Sesungguhnya, keluhan semacam ini berhubungan dengan tingginya hormon progesteron. Di sisi lain, mungkin juga karena turunnya kadar gula dalam darah atau tekanan darah rendah. Untuk memastikannya, tak ada salahnya tes kesehatan Anda di klinik umum.

Biasanya banyak wanita mendapatkan dorongan energi pada trimester kedua, sebelum akhirnya mereka kembali kelelahan karena usia kehamilan yang makin tua.

3. Perubahan selera

Salah satu tanda awal kehamilan adalah perubahan selera makan dan lebih sensitif pada bau-bauan. Bau yang menurut Anda baik-baik saja sebelum kehamilan, bisa membuat Anda mual dan muntah seketika. Di samping itu, Anda juga akan mengidam makanan tertentu atau bukan makanan.

4. Perubahan mood

Seperti sindrom pramenstruasi (PMS), perasaan wanita akan mudah berubah-ubah karena kerja hormon. Begitu pula saat hamil, Anda akan lebih emosional. Hamil juga bisa membuat Anda stres dan was-was karena memikirkan bagaimana caranya menjadi orang tua, serta bagaimana cara mengatasi segala masalah setelah anak lahir

Anda juga harus lebih waspada pada rasa lelah dan sakit. Keduanya bisa mempengaruhi mood juga. Istirahat yang cukup dan makan makanan kecil akan membantu memulihkan energi Anda.

5. Keram dan bercak

Keram ringan atau mendapati bercak darah dari vagina Anda merupakan hal lumrah jika hamil. Biasanya, ini terjadi sebelum waktu menstruasi seharusnya datang. Penyebabnya adalah sel telur yang dibuahi, melekat di rahim. Ini disebut dengan implantasi.

Masih menurut Emma Cannon yang juga penulis buku “Fertility to Family”, keram dan bercak implantasi ini menjadi tanda kalau embrio telah tertanam di dinding uterus. Akibat dari implantasi ini adalah mulai munculnya debit susu.

6. Sakit

Sakit karena hamil bisa terjadi setiap saat dan sepanjang hari. Bahkan tidak cuma di pagi hari. Ini juga merupakan tanda awal kehamilan, meski tak semua wanita mengalaminya. Beberapa gejala sakit yang dimaksud adalah mual, muntah, dan sesak napas.

Usahakan Anda tetap minum air dan menyantap makanan kecil yang tidak kaya lemak. Teh jahe atau biskuit jahe bisa Anda percayai untuk menghilangkan rasa mual. Biasanya, gejala ini berlalu setelah menginjak trimester kedua. Tapi jika morning sickness terus berlanjut dan semakin parah, segera periksakan diri ke dokter atau bidan.

7. Pingsan

Sejumlah wanita juga pusing-pusing di awal kehamilannya. Bahkan, di antaranya sampai jatuh pingsan. Jika bukan karena hormon, biasanya pingsan disebabkan oleh tekanan darah rendah. Jika Anda hamil dengan tekanan darah rendah, makanlah makanan kecil lebih sering sepanjang hari! Ini akan membantu menaikkan tekanan darah Anda dengan mudah.

8. Perubahan kebiasaan ke toilet

Jika Anda jadi sering buang air kecil, mungkin inilah tanda kehamilan Anda. Apalagi jika Anda harus bersusah payah ke toilet pada tengah malam. Tetap jaga asupan cairan Anda dan pastikan tidak dehidrasi. Frekuensi buang air kecil sering terjadi setelah embrio tertanam di rahim. Selanjutnya, dimulailah produksi hormon kehamilan yang disebut dengan hCG (human chorionic gonadotropin).

hCG-lah pemicu buang air kecil Anda. Sejak saat itu, ginjal Anda harus memproses lebih banyak urin ketika hamil. Uterus Anda juga berubah dan mendorong tekanan pada kandung kemih. Di samping itu, konstipasi atau sembelit juga mungkin terjadi bersamaan. Selain banyak minum, konsumsi makanan berserat adalah keputusan yang bijak.

9. Mentruasi terlambat

Menstruasi terlambat adalah tanda paling jelas dari kehamilan. Namun, menstruasi terlambat juga bisa terjadi karena masalah hormonal, penurunan berat badan, dan stres. Pastikan betul-betul kalau gejala ini bukan masalah kesehatan. Ahli medis menyampaikan, wanita tidak akan bisa memprediksi dirinya hamil sampai embrio benar-benar tertanam di rahim. Hormon juga harus mencapai tingkat yang cukup tinggi, setidaknya dalam jangka waktu 9-10 hari setelah ovulasi.

Setiap wanita bisa berbeda dalam hal menstruasi yang terlambat, termasuk mengenai peningkatan kadar hormonnya. Namun kalau mereka mengenal betul-betul tubuhnya, kehamilan bisa diketahui lebih awal

10. Tes kehamilan positif: Anda hamil!

Jika Anda sudah mengalami kesembilan tanda di atas, belum lengkap rasanya jika belum melakukan tes kehamilan. Toh, kesembilan tanda di atas bisa meleset juga karena faktor-faktor lainnya. Untuk memastikan kehamilan, lakukan tes kehamilan di rumah (dengan testpack) atau di klinik kandungan (tes darah dan USG).

Jika memilih di rumah, tes urin bisa dilakukan di hari pertama periode terlambat, yang mana itu sekitar dua minggu setelah pembuahan. Beberapa alat tes yang lebih sensitif bahkan dapat dilakukan sebelum periode dikatakan terlambat.

Itulah 10 tanda Anda hamil. Namun ada catatan dari Emma Cannon. Anda tidak boleh hanya berfokus pada gejala fisik. Terutama sebelum menstruasi yang terlambat diketahui. Sebab gejala fisik tersebut juga mirip dengan gejala menstruasi. Jika tes kehamilan mengatakan Anda negatif, justru akan terpicu stres, cemas, dan obsesi yang berlebih.

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «