Jika Siklus Menstruasi Saya Tak Teratur, Apakah Saya Tidak Cukup Subur untuk Mengandung?

Jika Siklus Menstruasi Saya Tak Teratur, Apakah Saya Tidak Cukup Subur untuk Mengandung?

Jika Siklus Menstruasi Saya Tak Teratur, Apakah Saya Tidak Cukup Subur untuk MengandungKebanyakan wanita memiliki siklus menstruasi yang berkisar di antara 28 atau hingga 30 hari. Namun, setiap orangnya bisa memiliki angka siklus yang berbeda-beda pula. Normalnya, siklus tersebut akan terus-menerus berulang secara rutin dan teratur. Jeda waktunya pun sama.

Mengetahui siklus menstruasi, kenyataannya gampang-gampang susah. Bagi mereka yang memiliki siklus rutin dan teratur, keadaan tersebut sangat membantu untuk menentukan kapan waktu subur. Masa subur sendiri adalah waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual, di mana kesempatan untuk mendapatkan momongan akan terbuka lebih lebar.

Tapi bagi mereka yang memiliki siklus tidak teratur, memakai kalender ovulasi pun akan terasa sulit. Sebab siklus mereka yang selanjutnya belum tentu sama jeda waktunya seperti yang terakhir kali. Mungkin saja siklus seterusnya akan datang lebih cepat atau bahkan lebih lama lagi.

Lantas, banyak dari antara mereka yang memiliki siklus bulanan tidak teratur bertanya: “Apakah saya tidak memiliki masa subur?” atau “Apakah saya tidak bisa hamil?”

Menanggapi itu, janganlah berkecil hati dulu. Anda yang punya siklus tak teratur pun, layak memiliki masa subur dan menggendong buah hati dari rahim sendiri.

Lagi program hamil? Download ebook cara menghitung masa subur ini untuk perhitungan masa subur yang lebih akurat dan positif hamil lebih cepat.

Memiliki siklus tak teratur bukannya tak subur. Tapi akan lebih sulit saja menentukan kapan waktu yang tepat untuk merencanakan kehamilan Anda.

Jika panjang siklus menstruasi Anda bervariasi dari bulan ke bulannya, masa subur Anda mungkin juga bervariasi sekitar seminggu di antara setiap periode. Siklus yang tidak teratur ini tidak selalu berarti bahwa Anda kurang atau tidak subur, melainkan akan lebih sulit untuk menentukan titik temu masa subur Anda.

Solusi paling mudah dari akuinginhamil.com adalah berhubungan seks secara teratur dan lebih rajin lagi. Paling tidak, dua atau tiga hari sekali atau setiap Anda melihat lendir dari serviks Anda. Lendir ini sendiri adalah tanda fisik bahwa Anda sedang mengalami masa ovulasi.

Selain melihat pada adanya lendir yang keluar dari serviks, ada beberapa penampakan fisik masa ovulasi lainnya yang pernah dibahas pada laman akuinginhamil.com. Menilik lagi artikelnya dapat bermanfaat untuk Anda. Atau gunakan alat prediksi ovulasi dan ukur suhu basal tubuh pun bisa dijalani.

Siklus yang seperti ini bisa jadi karena berat tubuh Anda terlalu kurus. Mencoba mendapatkan pola makan yang baik setidaknya membantu Anda yang perlu perlakuan khusus.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, berat badan dapat mempengaruhi masa subur. Pada kasus wanita yang terlalu kurus, mereka adalah yang paling rentan memiliki siklus menstruasi paling tidak teratur. Ini disebabkan karena kerja hormon wanita menjadi terganggu.

Cobalah Anda mencari tahu dari berbagai sumber mengenai bagaimana sebaiknya menaikkan berat tubuh. Pastikan cara yang Anda tempuh tetaplah cara yang sehat. Sebab ingin mengalami kenaikan berat tubuh bukan berarti Anda bisa bebas memakan apa saja tanpa kontrol. Bukan berarti Anda harus mengkonsumsi fast food setiap hari.

Tetap prioritas pola makan yang baik dan memiliki nutrisi yang beragam. Setidaknya, mengikuti persyaratan 4 sehat 5 sempurna. Jika perlu, libatkan praktisi gizi untuk niat Anda yang satu ini.

Mendapati yang janggal, janganlah disimpan sendiri. Lebih baik segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

Mungkin kedua hal tadi tidak cukup membantu Anda? Anda masih menyimpan banyak pertanyaan tentang kondisi dan kesuburan Anda? Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dokter dapat membantu Anda menganalisis kondisi terkini pada tubuh. Bila Anda memiliki kemungkina penyakit tertentu, setidaknya dokter dapat membantu Anda menyembuhkannya terlebih dahulu sambil Anda pun mempersiapkan tubuh Anda sebagai sarang yang nyaman untuk si calon jabang bayi.

Apalagi jika siklus Anda lebih dari 36 hari, Anda tentu saja perlu berbicara dengan dokter untuk menjalankan beberapa tes kesuburan dasar. Menstruasi yang tidak teratur kadang-kadang dapat disebabkan oleh kondisi seperti sindrom ovarium polycycstic atau gangguan tiroid. Nasihat medis sudah pasti wajib Anda dengarkan bila kedua potensi tersebut terjadi pada Anda.

Buat Anda yang siklusnya tak teratur, ingatlah peribahasa “Masih banyak jalan menuju Roma”. Tidak selalu dengan pesawat yang cepat tapi biayanya mahal, Anda juga bisa melalui perjalanan darat yang meskipun memakan waktu, tapi Anda bisa melawat beberapa negara sekaligus dan menikmati panorama setiap daerah yang dilewati. Begitu sampai di Roma, perjalanan Anda niscaya selalu berkesan dan tak akan dilupa. Jika tidak tahu kapan siklus selanjutnya terjadi, bukankah masih ada alternatif lain yang membuat Anda semakin menikmati pengorbanan dan proses mendapatkan momongan itu sendiri? Bersyukurlah!