Kaitan Kegemukan Dan Kesuburan

Kaitan Kegemukan Dan Kesuburan

Kaitan Kegemukan dan KesuburanMejadi gemuk bukanlah pilihan yang baik terutama jika anda sedang merencanakan kehamilan.

Sebab salahsatu faktor penyebab sulit hamil adalah kegemukan/obesitas.

Seringkali obesitas/kegemukan dikaitkan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Bila siklus menstruasi anda terganggu, maka masa subur pun akan ikut bermasalah.

Mungkin anda juga sering mendengar istilah PCOS (polycystic ovary syndrome), PCOS merupakan kondisi dimana terjadi gangguan pada hormon insulin, serta peningkatan hormon endrogen.

Tahu kah anda bahwa salahsatu gejala umum dari PCOS ini adalah kegemukan?

PCOS tersebut mengakibatkan terjadinya gangguan pada siklus menstruasi, masalah pada kematangan sel telur, munculnya jerawat, tumbuh bulu-bulu halus atau kumis tipis, serta peningkatkan berat badan.

Lalu bagaimana solusi jika kegemukan?

Sangat sederhana, yakni keinginan keras anda untuk menurunkan berat badan dengan diet sehat serta berolahraga secara rutin.

Penurunan berat badan sebanyak 10 sampai 20% telah terbukti dapat menormalkan siklus menstruasi sehingga meningkatkan peluang anda untuk segera hamil.

Sementara pada kasus kegemukan dengan PCOS, anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari masalah tersebut, sebaiknya anda juga tetap disiplin dalam mejalankan diet dengan benar serta berolahraga secara rutin.

Bagaimana mengetahui jika anda kegemukan?

Kaitan kegemukan dan kesuburan wanita

Gambar pada tabel di atas adalah tebel BMI (body mass index). Kolom sebelah kiri merupakan tinggi badan (cm) sedangkah pada sisi kanan horizontal adalah berat badan (kg). Apabila berat badan anda ada pada zona:

  • Warna kuning
  • Warna hijau
  • Warna orange
  • Warna merah

Bagaimana? Ada sudah tahu di mana zona BMI anda?

Obat Kesuburan Fertilaid