Kandungan Lemah Penyebab Keguguran : Wajib Tahu!

Kandungan Lemah Penyebab Keguguran : Wajib Tahu!

Kandungan lemah sebabkan keguguran? - via 3a2ilati.com

Kandungan lemah sebabkan keguguran? – via 3a2ilati.com

Dalam sebuah forum kehamilan, sejumlah wanita tengah asyik menceritakan tentang kehamilannya. Ternyata, tidak sedikit dari antara mereka yang pernah mengalami kandungan lemah. Konon katanya, kandungan lemah cenderung mudah menyebabkan keguguran. Barang siapa yang mengalaminya, akan diberikan obat penguat supaya janin tetap bertahan hingga sembilan bulan.

Istilah Kandungan Lemah

Dalam dunia medis dan kedokteran, istilah kandungan lemah sebenarnya tidak ada. Istilah yang beredar umum pada masyarakat ini merujuk pada ancaman adanya keguguran. Ancaman ini ditandai dengan adanya flek-flek darah di usia kehamilan sebelum 20 minggu.

Menurut dr. Hari Nugroho, SpOG (Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan dan Staf Divisi Ginekologi Onkologi dr. Soetomo, Surabaya), angka keguguran spontan (keguguran karena kehamilan yang berakhir dengan sendirinya/alamiah) berkisar antara delapan hingga dua puluh persen pada wanita yang belum pernah memiliki momongan. Angka tadi dapat menurun lagi hingga lima persen pada wanita yang sudah pernah memiliki anak.

Sedangkan pada kehamilan lebih dari lima belas minggu, angka kejadian menurun. Penurunan tersebut kurang lebih 0,6%. Kebanyakan keguguran spontan disebabkan oleh kelainan kromosom janin (cacat bawaan). Karena itu, mereka yang berhasil melewati ancaman keguguran ini biasanya memiliki anak tanpa kelainan kongenital.

Jika dokter melihat potensi kandungan lemah atau ancaman keguguran ini, obat-obat hormonal akan disarankan. Fungsinya adalah untuk menguatkan kandungan Anda. Tapi jika obat ini tidak berfungsi banyak dan Anda tetap keguguran, berarti telah terjadi kelainan janin. Tapi jika keguguran tidak terjadi dan kondisi semakin membaik, dokter akan melakukan evaluasi.

Lagi program hamil? Download ebook cara menghitung masa subur ini untuk perhitungan masa subur yang lebih akurat dan positif hamil lebih cepat.

Penyebab Keguguran

Terkait dengan kandungan lemah, ada tiga faktor kelainan yang dapat menyebabkan abortus. Mereka adalah faktor produk kehamilan (plasenta, embrio, darah, dan jaringan), faktor kesehatan ibu, dan faktor alat reproduksi. (Lihat selengkapnya tentang penyebab keguguran di sini)

Kebanyakan kasus kehamilan tidak bisa berkembang karena adanya kelainan kromosom. Kelainan ini biasanya merupakan faktor keturunan atau warisan dari silsilah keluarga sebelumnya. Bisa juga karena ada hasil pembuahan rusak oleh faktor-faktor lainnya.

Di luar itu, dikenal istilah infeksi TORCH. Istilah ini merupakan kepanjangan dari infeksi toksoplasma, rubela, sitomegalovirus, herpes simpleks. Infeksi ini menyebabkan embrio rusak dan akhirnya keguguran. Radiasi dan obat-obatan yang sifatnya teratogen (menimbulkan kecacatan) juga harus Anda waspadai untuk menjauhi keguguran. Keguguran berulang bahkan bisa disebabkan oleh imunologis. Misalnya penyakit lupus atau sindrom antifosfolipid.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi untuk Pencegahnya

Sebelum kandungan Anda lemah atau terancam keguguran, ada baiknya Anda mencegahnya dengan cara-cara natural. Misalnya, dengan konsumsi makanan sehat nan bergizi. Sebut saja telur yang mengandung omega 3 dan protein. Untuk penguatan kandungan, dipercaya telur bebek rebuslah yang berprotein tertinggi.

Di samping itu, ada kacang hijau yang menjaga perkembangan janin dan menjadi sumber asupan zat besi. Kecambah atau tauge rebus dan kacang kedelai pun jadi sumber protein yang juga diperlukan untuk kehamilan. Melengkapinya dengan yogurt atau susu adalah pilihan bijak untuk menguatkan tulang dengan kalsium.

Selain itu, ada ikan tawar, udang, salmon, brokoli, sereal, ubi jalar, buah berry, apel, kacang polong, madu, kurma, dan alpukat. Terakhir, jadikan semua itu lebih komplit dengan asam folat. Jika Anda mau, tak ada salahnya meminta dokter memberikan resep untuk suplemen asam folat yang sesuai.

Nah! Sekarang Anda sudah paham bukan, apa sesungguhnya kandungan lemah tersebut? Jika tidak ingin kehamilan Anda terganggu dan berakhir gara-gara keguguran, konsultasi dan pemeriksaan rutin pada dokter adalah salah satu cara untuk mencegah sekaligus mendeteksinya secara dini.

Sembari itu, ingat selalu untuk meningkatkan kesuburan Anda. Dengan olahraga (jika sudah hamil, bisa memilih jalan kaki atau latihan ringan), diet kesuburan, menghindari stres, dan menjauhi gaya hidup tidak sehat (rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang). Yakinlah kalau kelahiran bayi yang sehat adalah kado untuk kehamilan Anda, kelak.