Kenali Asam Folat, Vitamin Penting Untuk Si Calon Ibu Hamil

 

Kenali Asam Folat, Vitamin Penting Untuk Si Calon Ibu HamilIstilah asam folat tentunya sudah tidak asing bagi Anda. Ya, asam folat kerap kali disebut-sebut dalam iklan produk-produk kehamilan. Sebut saja, susu salah satunya. Konon, asam folat adalah vitamin yang fungsinya tak boleh Anda sepelekan jika rencana kehamilan sudah ada dalam benak.

Namun, sudah benar-benar pahamkah Anda tentang apa itu asam folat dan fungsinya bagi kehamilan Anda nanti? Berikut ini akuinginhamil.com merangkumnya untuk Anda.

Mengapa kita membutuhkan asam folat pada kehamilan?

Asam folat (juga dikenal sebagai vitamin B9) adalah vitamin yang penting bagi perkembangan bayi yang sehat. Asam folat dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf. Di samping itu, asam folat turut membantu pembentukan protein baru dan sel-sel darah merah dan putih yang sehat.

Tak hanya untuk si calon jabang bayi, asam folat bahkan baik untuk si calon ibu. Kurangnya asam folat dapat menyebabkan sel-sel darah merah lebih sedikit dan anemia. Jadi, pastikan Anda juga cukup mendapatkan asam folat demi kehamilan yang sehat.

Berapa banyak asam folat yang dibutuhkan untuk kehamilan nanti?

Departemen Kesehatan merekomendasikan Anda mengambil 400 mikrogram ( mcg ) suplemen asam folat per hari dan ini bisa dimulai tiga bulan sebelum Anda mulai mencoba merencanakan kehamilan hingga 12 minggu pertama kehamilan. Tulang bayi Anda mulai berkembang langsung setelah Anda hamil, sehingga harus mulai mengambil asam folat ketika Anda berhenti menggunakan kontrasepsi.

Dari mana saja Anda bisa mendapatkan kandungan asam folat?

Sayuran berdaun seperti bayam, lobak cina, kacang polong, sereal, biji bunga matahari, buah-buahan, dan sayuran seperti kentang, tomat, dan jeruk adalah sumber yang kaya akan folat. Telur, hati, dan produk-produk gandum juga termasuk bahan makanan yang mengandung banyak asam folat.

Namun, perlu dicermati bahwa asam folat juga sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen, dan suhu tinggi. Asam folat juga cepat larut dalam air dan hilang terbawa dengan air jika bahan makanan yang mengandung asam folat dicuci. Oleh karenanya, beberapa sumber menyarankan untuk mengkonsumsi makanan berasam folat dalam bentuk mentah seperti di salad atau melengkapinya dengan suplemen asam folat.

Dengan rajin mengkonsumsi asam folat, resiko kecacatan yang menyerang syaraf si calon jabang bayi dapat menurun hingga 50 – 70 %. Lalu, masih ragu dengan vitamin ini? Tunggu apalagi? Segera lengkapi konsumsi harian Anda dengan asam folat agar kesehatan sang calon Ibu dan calon jabang bayi nanti bukan hanya mimpi!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «