Keputihan Disertai Gatal yang Harus Anda Waspadai!

Keputihan Disertai Gatal yang Harus Anda Waspadai!

Keputihan disertai gatal - via aediod.com

Keputihan disertai gatal – via aediod.com

Gatal pada vagina bisa disebabkan oleh macam-macam hal. Baik dari faktor kejiwaan, masalah kesehatan, hingga peradangan akibat keputihan. Yang terakhir inilah yang menyebabkan keputihan disertai gatal yang tak wajar.

Sebenarnya, keputihan itu sendiri tidak berbahaya. Namun jika keputihan berbau amis, warnanya kekuningan, abu-abu, atau kecoklatan, Anda harus waspada. Apalagi kalau keputihan disertai gatal yang tak tertahankan. Ini tanda keputihan abnormal yang harus cepat-cepat diperiksakan.

Gatal pada vagina biasa disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini harus ditangani dengan benar. Kalau tidak, ia bisa kebal bakteri. Gatal bersamaan dengan keputihan ini dapat menular kepada pasangan saat hubungan seksual. Jamur ini mampu menyebabkan penis pria memerah dan lepuh.

Tanda Keputihan Masih Normal

Ketika Anda menemui tanda-tanda keputihan sebagai berikut, Anda boleh berlega hati. Artinya, keputihan yang Anda alami masih wajar dan bersifat fisiologis. Tanda-tandanya adalah cairannya berwarna bening dan tak lengket. Baunya pun tidak menyengat. Anda akan mengalaminya sebelum menstruasi dan sebelum masa subur. Rasa gatal juga tidak ada.

Keputihan juga dialami pada perempuan sebelum menginjak masa pubertasnya. Wanita yang kelelahan atau daya tahan tubuhnya sedang lemah, juga rentan terkena keputihan. Tak terkecuali pada wanita hamil yang imunitasnya menurun. Wanita menopause dan orang tua pun bisa juga keputihan. Ini terjadi jika keseimbangan hormonnya terganggu serta kekebalan tubuhnya menurun.

Kenali Keputihan Gatal yang Berbahaya

Sesungguhnya, keputihan disertai gatal yang berbahaya bisa Anda kenali. Ia memiliki ciri-ciri umum seperti selangkangan yang gatal dan iritasi, serta bau yang busuk. Dari jumlahnya, lendir keputihan yang dihasilkan juga begitu banyak. Warnanya kekuningan, kehijauan, bahkan kecoklatan.

Di samping itu, cairan keputihan ini bertekstur sangat encer atau sangat kental. Malah, kadang-kadang seperti busa. Baunya bisa menyengat. Kadang, Anda juga perlu waspada karena keputihan yang tidak normal bisa menjadi ciri-ciri HIV, herpes, atau candyloma.

Coba Hilangkan Keputihan Gatal

Tidak perlu takut jika keputihan gatal menghampiri Anda. Ada cara-cara sederhana untuk mengilangkan keputihan dengan rasa gatal tersebut. Pertama, jagalah kelembapan vagina Anda. Kelembapan ideal untuk vagina adalah 3,8 hingga 4,2. Dengan begitu, bakteri baik akan berkembang dan senantiasa menjaga keseimbangan alami vagina. Kemudian, kenakan celana dalam berbahan katun. Gunanya supaya keringat terserap dan tidak memicu rasa gatal.

Kedua, biasakanlah vagina tetap bersih. Setelah Anda membuang air kecil maupun besar, jangan lupa basuh dengan tisu. Dengan begitu, kelembapan vagina tetap stabil. Gunakan pembersih kewanitaan sewajarnya saja. Sebab, penggunaan berlebihan dapat membunuh pertumbuhan bakteri yang baik. Pilihlah pula yang wanginya lembut, bukan yang beraroma tajam dan sintetis.

Ketiga, jangan lupa mandi sehari dua kali. Mandilah dengan bersih. Jika perlu, berendam dalam air hangat agar jamur mati. Keempat, berhubungan seks secara sehat. Setialah pada satu pasangan saja agar tidak mudah terkena infeksi menular seksual. Langkah kelima adalah ketika Anda mendapat menstruasi. Gantilah pembalut setiap 4 jam sekali. Lebih dari itu, bakteri dan jamur rentan bersarang.

Keenam, minimalisir penggunaan celana ketat. Ini karena celana ketat menghambat peredaran darah, mengakibatkan jamur, minim sirkulasi udara, dan menimbulkan gatal. Ketujuh, stop terus-terusan menggaruk vagina Anda. Kegiatan ini justru akan memperparah dan membuat luka.

Periksakan ke Dokter

Anda sudah melakukan semua langkah di atas? Hasilnya masih nihil? Gatal semakin menjadi-jadi? Keputihan semakin banyak dan diiringi macam-macam gejala? Tak perlu tunggu lagi! Segera periksakan diri ke dokter jika merasa gatal sudah sangat parah dan tak bisa diatasi sendiri.

Jangan merasa malu. Justru dokter akan memberi obat terbaik sebelum masalah keputihan disertai gatal Anda semakin parah. Sekaligus, Anda bisa mendeteksi lebih dini kalau ada potensi masalah kesuburan pada sistem reproduksi Anda. Tetap semangat, ya!

Obat Kesuburan Fertilaid