Kesuksesan Clomiphene yang Perlu Anda Tahu!

Kesuksesan Clomiphene yang Perlu Anda Tahu!

Image credit : saniaroyale.com

Halo, calon ibu! Kemarin kita sudah membahas tentang clomiphene. Baik untuk siapa itu ditujukan, bagaimana perawatannya berjalan, hingga lamanya waktu perawatan. Sekarang, mari perlengkap pengetahuan Anda tentang efek hingga tingkat kesuksesan clomiphene. Yuk, kita simak poin-poin berikut!

Efek Samping Clomiphene

Seperti yang sudah disampaikan pada artikel sebelumnya, perawatan infertilitas dengan clomiphene dapat menguras emosi. Salah satu di antaranya karena respon tubuh terhadap efek samping obat kesuburan ini. Meski begitu, kebanyakan wanita dapat memberi toleransi efek samping clomiphene dengan baik.

1. Mood swings

Mood swings adalah keadaan saat fluktuasi atau perubahan kondisi emosi seseorang (termasuk fisik dan psikis) dalam keadaan tertekan. Singkatnya, mood swings adalah perubahan perasaan dalam waktu yang sangat singkat. Dalam keadaan ini, wanita tidak nyaman melakukan apapun. Sama seperti saat wanita sedang mengalami menstruasi.

Tak heran jika wanita yang dalam perawatan clomiphene mengalami mood swings. Ini karena perubahan hormon sedang terjadi dalam tubuh wanita, dengan adanya ovulasi dan pelepasan hormon luteinizing.

2. Hot flashes

Hot flashes adalah gejala yang biasanya dialami saat Anda menopause atau premenopause. Gejala ini dapat ditengarai dengan adanya rasa panas yang berlebih disertai keringat dan cepatnya detak jantung. Gejala ini akan berlangsung dua sampai tiga puluh menit pada wajah, dada, belakang leher, dan kadang menyebar ke seluruh tubuh.

3. Lendir serviks yang kering dan sering

4. Sakit panggul

5. Nyeri payudara

6. Kista ovarium

Kista ovarium adalah kantong yang isinya adalah cairan dan terbentuk di dalam ovarium. Kista ini tidak selalu membahayakan karena ada dua macam kista biasa dialami wanita. Pertama adalah kista fungsional. Kista ini muncul karena menjadi bagian siklus menstruasi. Kista ini dapat hilang sendiri dan tidak berbahaya.

Kedua, kista yang sifatnya abnormal. Kista inilah yang berpotensi tumbuh menjadi kanker. Jika kista semacam ini terjadi dan menimbulkan gejala-gejala yang sangat tidak mengenakkan, pastikan dokter adalah pihak pertama yang Anda kunjungi. Konsultasikanlah masalahnya dan dapatkan perawatan yang tepat.

7. Mual

8. Sakit kepala

9. Depresi ringan

Depresi ringan bisa terjadi karena efek samping obat terhadap fisik. Di samping itu, terkadang pikiran Anda ikut stres karena lelah harus bolak-balik melakukan monitor dan harap-harap cemas menunggu kehamilan. Maka dari itu, senantiasa tenangkan pikiran Anda dengan kegiatan yang menyenangkan dan tidak terlalu berat.

10. Penglihatan kabur atau ganda

Efek samping lain dari clomiphene adalah pada penglihatan. Jika tidak kabur, penglihatan Anda bisa menjadi ganda. Tentunya ini akan sangat mengganggu. Namun, tenang saja karena kasus ini tergolong jarang terjadi.

Tingkat Kesuksesan Clomiphene

Tingkat kesuksesan clomiphene dapat dikatakan cukup memuaskan. Sekitar delapan puluh persen wanita yang melakukan perawatan klomid ini, segera ovulasi pada tiga bulan pertama perawatan. Bahkan, tiga puluh sampai empat puluh persennya, hamil setelah tiga kali siklus perawatan.

Namun yang harus diperhatikan, kesempatan melahirkan bayi tergantung pada beberapa faktor. Misalnya usia dan kuantitas, serta kualitas sperma. Usia, apalagi pada wanita, sangat menentukan kualitas dan kuantitas sel telur. Semakin tua wanita, jumlah sel telur dan kualitasnya juga akan berkurang.

Di samping itu, obat kesuburan ini juga punya potensi untuk kehamilan kembar. Persentasenya sekitar 5 dari 12 kehamilan. Hanya saja, jangan terlalu memaksakan diri untuk ini. Sebab, semakin banyak bayi yang ada dalam kandungan, bukan tidak mungkin ada resiko-resiko yang mengintai. Karena itu, komunikasi dengan dokter dan menjaga kehamilan dengan baik amatlah penting.

Bagaimana calon ibu? Tertarik menggunakan clomiphene sebagai solusi masalah kesuburan Anda? Pastikan selalu mendapatkan saran dan dosis dari dokter yang terpercaya, ya! Selamat menjalankan program kehamilan Anda!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «