Ketahui 5 Hal yang Dapat Memacu Ketidaksuburan atau Infertilitas

Ketahui 5 Hal yang Dapat Memacu Ketidaksuburan atau Infertilitas

Ketahui 5 Hal yang Dapat Memacu Ketidaksuburan atau InfertilitasKetidaksuburan atau infertilitas dapat disebabkan karena berbagai faktor. Bahkan, bukan tidak mungkin faktor-faktor itu kompleks menjadi satu dalam tubuh pasangan suami ataupun istri. Tak hanya dari faktor internal tubuh, faktor eksternal pun bisa turut mempengaruhi.

Oleh karenanya, Anda tentunya tidak ingin mimpi menimang momongan lantas gagal bukan? Jika jawabannya iya, Anda layak untuk memperhatikan lima hal yang dapat membuat Anda atau pasangan Anda menjadi tidak subur berikut:

1. Berat badan yang kurang sehat

Maksud dari berat badan yang sehat di sini adalah tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Untuk menanggulangi berat badan yang kurang sehat ini, Anda dan suami dituntut untuk sama-sama kompak. Anda tidak bisa mencapai kesuburan jika hanya diri Anda saja yang memiliki berat badan sehat. Suami pun harus memiliki berat badan sehat.

Anjuran tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab, berat badan seseorang dapat mempengaruhi bagaimana hormonnya bekerja. Jika wanita memiliki indeks massa tubuh lebih dari angka 29, kelebihan estrogen (hormon seks perempuan) akan disimpan dalam sel lemak tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mengurangi ovulasi. Sedangkan berat badan yang terlalu kurus juga akan berpengaruh pada siklus menstruasi Anda yang akan tidak teratur.

Sedangkan untuk pria, jika mereka kelebihan berat badan, hormon testosteronnya akan terkonversi menjadi hormon estrogen (hormon seks wanita) dan jumlah sperma bisa berkurang. Solusinya, Anda dan suami cukup kurangi 5-10% saja dari berat badan yang sekarang. Maka Anda dan suami sudah bisa mencapai masa subur lagi.

2. Kebiasaan merokok

Apapun alasannya, sebaiknya anjuran untuk menghentikan kebiasaan merokok tidak Anda bantah lagi. Terutama pada suami, yang rata-rata lebih senang merokok dibandingkan dengan si istri. Anda bahkan sudah bisa membaca efek rokok yang bisa menyebabkan impotensi pada kotak pembungkusnya bukan?

Pada beberapa orang, ternyata menghentikan kebiasaan merokok pada masa perencanaan kehamilan cukup manjur. Merokok sendiri dapat mempengaruhi kualitas telur dan merupakan salah satu penyebab utama bayi lahir dengan berat yang rendah. Karena rokok pula, seseorang dapat mengalami menopause terlalu dini dan rusaknya ovarium. Oleh karenanya, sangat baik bagi pria untuk berhenti merokok demi kualitas dan kuantitas sperma yang prima.

3. Infeksi menular seksual

Sejumlah penyakit atau infeksi menular seksual diketahui dapat menyebabkan ketidaksuburan. Misalnya, klamidia yang dapat merusak tuba falopi pada organ reproduksi wanita serta menyebabkan pembengkakan dan nyeri skrotum (kantung yang berisi testis) pada pria. Jika ini terjadi, Anda tak perlu berpikir dua kali lagi untuk sesegera mungkin memeriksakan kesehatan organ reproduksi Anda.

4. Bahaya kerja dan lingkungan

Paparan pestisida, logam, dan zat pelarut tertentu dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Baik itu pada pria maupun pada wanita. Jika Anda bekerja atau berkegiatan pada ranah lingkungan semacam itu, Anda dapat lebih waspada lagi agar tidak terkena efeknya. Di samping itu, pastikan nutrisi atau makanan yang sehari-hari Anda asup minim pestisida atau beralih ke sayuran dan buah organik.

5. Stres

Tidak hanya pada waktu Anda sedang merencanakan kehamilan saja, stres pun dapat menjadi bumerang untuk setiap kegiatan dan kesehatan Anda. Pada umumnya, jika Anda sudah stres pada masa perencanaan kehamilan, maka berhubungan seksual pun akan jadi hal yang membuat Anda menderita dan Anda sama sekali tidak menikmatinya. Padahal, berhubungan seks dua atau tiga kali dalam seminggu sangat ideal untuk menempur seluruh masa subur Anda.

Stres parah juga mampu mempengaruhi ovulasi pada wanita dan membuat produksi sperma pada pria menjadi terbatas. Jadi, jika salah satu dari Anda stres, cobalah bersantai sejenak, mengambil liburan berdua, berolahraga, atau menikmati waktu bersantai bersama demi membantu menghilangkan rasa stres yang berlebih.

Mendapatkan momongan memang susah-susah gampang. Dikatakan susah, banyak orang yang langsung bisa mendapatkannya. Dikatakan gampang, nyatanya kehamilan pun juga perlu perencanaan. Namun, jika Anda memang sudah mantap menjadi orang tua, tak perlu ragu lagi untuk mengikuti anjuran-anjuran di atas demi perencanaan kehamilan yang juga mantap.

Satu yang jangan sampai Anda lupakan. Jangan pernah alpa berdoa karena sejatinya hanya Tuhan yang memberi segala macam bentuk kehidupan di muka bumi ini. Tetap semangat, para calon Ayah dan Ibu!

Obat Kesuburan Fertilaid