Keunggulan Bayi Tabung yang Perlu Anda Tahu

Hamil kembar berkat keunggulan bayi tabung - via dolcemamma.it

Hamil kembar berkat keunggulan bayi tabung – via dolcemamma.it

Halo, calon ibu! Bagaimana dengan rencana kehamilan Anda? Apakah berjalan dengan lancar atau menemui sejumlah masalah kesuburan? Jangan berkecil hati jika Anda dan suami didiagnosis punya masalah kesuburan. Kenapa tidak mencoba bayi tabung saja?

Ya! Dewasa ini, bayi tabung kerapkali menjadi pilihan pasangan infertil. Bukan sekedar mewujudkan mimpi memiliki anak, bahkan memiliki bayi kembar pun mampu diwujudkannya. Anda juga tertarik mencoba? Simak dulu serba-serbi dan keunggulan bayi tabung berikut ini!

Untuk Siapa Bayi Tabung Ditujukan?

Program bayi tabung sangat tepat bagi wanita yang memiliki problem ovulasi, kualitas sel telur rendah, tuba falopinya tersumbat, atau memiliki penyakit endometriosis. Pria yang bermasalah dengan jumlah sperma, motilitas sperma begitu rendah, atau menggunakan donor telur untuk hamil, juga disarankan untuk mengambil program ini.

Di samping itu, program bayi tabung bisa dijadikan pilihan jika dokter tidak bisa menemukan alasan ketidaksuburan Anda dan pasangan (unexplained infertility). Jika perawatan kesuburan yang pernah Anda coba gagal, dokter pun akan memberikan opsi bayi tabung ini.

Berapa Lama Proses Bayi Tabung?

Seorang wanita yang menjalani prosedur bayi tabung, setidaknya memerlukan sekitar empat hingga enam minggu untuk tiap siklus bayi tabungnya. Anda harus menunggu beberapa minggu agar telur matang. Kemudian, Anda dan pasangan akan menghabiskan waktu selama setengah hari di klinik dokter untuk proses pengambilan sel telur.

Setelah sel telur sukses diambil, Anda harus kembali lagi ke dokter tiga sampai lima hari kemudian. Saat pertemuan kembali inilah, embrio dimasukkan ke dalam uterus. Tanpa perlu menginap, pada hari yang sama Anda boleh pulang seusainya embrio dimasukkan.

Berapa Persen Kesuksesannya?

Tingkat kesuksesan program bayi tabung dapat dikatakan cukup beragam. Hasil program ini tergantung dengan alasan infertilitas masing-masing pasangan dan juga usianya. Wanita muda yang mengikuti program ini cenderung memiliki telur dengan kondisi sehat. Oleh karenanya, tingkat kesuksesan program bayi tabung yang dijalaninya turut tinggi.

Menurut data nasional yang dikutip dari laman babycenter.com, persentase kesuksesan siklus bayi tabung (bayi lahir hidup, baik pada kelahiran satu bayi maupun bayi kembar) sekitar 41% untuk wanita di bawah 35 tahun. Angka kesuksesan sebesar 31% pun didapat pada wanita dengan rentang usia 35-37 tahun. Semakin tua lagi, persentase pun semakin menurun. Misalnya, pada usia 38-40 tahun dengan persentase 22% dan usia 41-42 tahun dengan persentase 12%.

4 Alasan Mencoba Bayi Tabung

1. Bayi Tabung Memiliki Riwayat Kesuksesan yang Panjang

Bayi tabung adalah teknologi reproduksi bantuan yang terhitung paling tua. Ia sudah ada semenjak tahun 1978. Para peneliti telah cukup lama menggunakannya dalam banyak studi tentang kesehatan dan rencana kehamilan. Sejauh ini, tidak ada masalah medis yang disebut-sebut sebagai resiko prosedur ini.

2. Tidak Memiliki Korelasi dengan Kanker

Pada era-era sebelumnya, program bayi tabung sempat dituding berpotensi menyebabkan kanker. Namun, studi terkini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara obat kesuburan perangsang ovulasi yang digunakan dalam bayi tabung dengan kanker.

3. Semakin Lama, Teknologi Bayi Tabung Semakin Berkembang

Sejak awal penemuannya, peneliti senantiasa mengembangkan dan memperbaiki prosedur bayi tabung. Salah satunya adalah adanya teknologi pembekuan embrio. Inisiatif ini muncul karena mereka melihat persentase kehamilan yang sama antara embrio yang masih segar dan embrio yang sudah dibekukan.

4. Kehamilan Kembar Bisa Diperoleh

Dengan cara alamiah, umumnya wanita hanya mampu mengandung satu bayi. Tapi dengan bayi tabung, kehamilan kembar dapat digagas. Ini karena prosedur bayi tabung yang melibatkan pengambilan sel telur lebih dari itu. Oleh karena itu, embrio yang ditanamkan pun memungkinkan menciptakan bayi lebih dari satu.

Dari penjelasan di atas, cukup jelas bukan bahwa keunggulan bayi tabung begitu menguntungkan? Mulai dari prosedur yang benar-benar intens, teliti, menggunakan teknologi tapi tetap rasional (karena memperhatikan usia kesuburan wanita), telah melewati banyak penelitian dari ahlinya, dan aman. Jika Anda dan suami tertarik membuktikan keunggulan bayi tabung, pastikan hanya mengunjungi dokter spesialis yang terpercaya ya! Dengan demikian, masalah kesuburan Anda bisa ditangani dan memiliki momongan pun bisa didapati.

Obat Kesuburan Fertilaid