Mari Mengenal Sperma Encer : Penyebab dan Solusinya

Mari Mengenal Sperma Encer: Penyebab dan Solusinya

Image credit : www.ahlinyaobatherbal.com

Hai, calon ayah! Apakah Anda sudah pernah mengalami keluarnya sperma encer? Jika Anda adalah pria dengan sperma yang encer, akan ada peluang kesuburan menurun. Pernyataan ini bukanlah tanpa sebab. Sperma yang encer akan menurunkan jumlah sperma. Bentuk sperma juga kurang baik untuk pembuahan. Di samping itu, motilitas sperma akan jauh menurun. Sebaliknya, produksi sperma yang abnormal malah meningkat.

Pada kondisi normal, sperma yang keluar bersama air mani saat ejakulasi berwarna putih agak keabu-abuan. Tesksturnya juga kental dan lengket. Lain halnya dengan sperma encer. Ia akan terasa lebih bening, tidak lengket, dan kurang kental. Jumlahnya juga hanya sedikit. Lalu, apa penyebabnya? Adakah solusi dari masalah kesuburan pria ini?

Penyebab Sperma Encer

1. Intensitas Ejakulasi yang Tinggi

Melakukan ejakulasi yang terlalu sering, baik dengan berhubungan seksual dan onani, dapat berperan pada encernya sperma. Dalam proses produksinya, sperma membutuhkan waktu setidaknya 48 jam agar siap pakai untuk pembuahan. Kalau Anda terlalu sering ejakulasi (bahkan berulang-ulang dalam sehari), sperma yang keluar akan encer. Jumlahnya juga hanya sedikit dan warnanya bening. Ini adalah dampak dari sperma yang belum siap pakai tadi.

2. Berat Badan yang Tidak Sehat

Sudah bukan rahasia lagi kalau berat badan berlebih atau obesitas bisa menyebabkan sulit hamil. Tidak hanya wanita, prinsip ini juga berlaku pada pria. Banyaknya lemak dalam tubuh akan mempengaruhi kerja hormon reproduksi dan berujung pada produksi sel sperma. Tak cuma jumlah sperma yang sedikit, motilitas sperma juga berkurang.

Namun, bukan berarti badan yang terlalu kurus akan diuntungkan. Tubuh yang terlalu kurus juga kurang baik untuk perkembangan sperma. Karena itu, mencapai berat tubuh yang sehat adalah kunci sperma yang sehat. Tidak perlu punya tubuh seperti atlet atau model yang sixpacks. Toh, Anda hanya dituntut mendapatkan berat badan yang sehat. Bukan yang ideal untuk dilihat banyak orang, bukan?

3. Gaya Hidup Buruk

Merokok, minum alkohol, mencandu ganja dan obat-obatan terlarang adalah gaya hidup yang sama sekali tidak sehat. Semuanya dapat merusak kualitas dan kuantitas produksi sperma. Terbiasa makan makanan fast food dan junk food tanpa diimbangi sayur mayur dan buah-buahan juga akan berakibat buruk. Apalagi kalau jarang olahraga dan menggemari kopi. Jika ini diteruskan, zat-zat seperti nikotin, kafein, serta lemak dapat mempengaruhi kerja organ reproduksi dan berujung pada sperma encer.

4. Usia

Sistem reproduksi pria memang tidak seperti wanita. Di kala wanita berusia 35 tahun mulai menurun kesuburannya, sistem reproduksi pria akan terus berjalan. Namun, jangan salah! Penurunan produksi sperma dan sistem pendukung lainnya juga bisa menurun seiring bertambahnya usia. Pada umumnya, penurunan ini dimulai sejak usia 40 tahun. Karenanya, sperma pria pada usia tersebut sangat mungkin encer. Kualitas sperma sudah tidak seprima seperti masa muda.

Bagaimana Caranya Agar Sperma Encer Tak Muncul Lagi?

1. Aturlah Jadwal Berhubungan dengan Istri

Seperti yang telah dipaparkan di atas, salah satu penyebab sperma encer adalah intensitas ejakulasi yang tinggi. Karena itu, salah satu cara untuk menghindari sperma encer adalah mengatur jadwal berhubungan seksual. Bercintalah setiap 2/3 hari sekali, mengingat produksi sperma siap pakai memerlukan waktu 48 jam. Terapkan ini selama 4 bulan dengan rutin. Dengan begitu, Anda akan memiliki kualitas sperma yang lebih baik dan kualitas keturunan juga dipercaya baik dan sehat.

2. Hindari Onani

Selain mengatur jadwal bercinta dengan istri, hindarilah onani. Dengan begitu, Anda tidak akan keseringan ejakulasi. Tak hanya sperma encer, onani yang dilakukan sering-sering mengakibatkan infeksi. Bakteri dari benda-benda yang tidak steril, akan masuk ke dalam tubuh melalui penis, kemudian mencemari organ reproduksi Anda. Bukan tidak mungkin jika masalah kesuburan yang lain mengahampiri gara-gara ini.

3. Buang Jauh Rasa Stres

Tidak hanya pada wanita, stres juga harus dijauhi pria. Stres dapat menurunkan jumlah dan mempengaruhi kualitas sperma. Tidak perlu cara yang susah-susah untuk menghilangkan stres. Jika Anda belum mampu berlibur, mendengarkan musik, menonton film, memasak, olahraga fisik, yoga, atau meditasi bisa dilakoni. Dengan begitu, gairah berhubungan Anda tetap terjaga. Sperma yang dikeluarkan bersama dengan air mani juga lebih maksimal.

4. Lakukan Diet untuk Kesuburan

Untuk menghindari obesitas, diet kesuburan wajib Anda lakukan. Mulailah dari konsumsi buah-buahan, sayur, ikan segar, dan asupan zinc. Selain baik untuk tubuh Anda, pola makan seperti ini juga baik untuk sperma. Lebih bagus lagi jika Anda melengkapinya dengan olahraga dan konsumsi vitamin C.

5. Konsumsi Vitamin C

Kekurangan asupan vitamin C dapat mengakibatkan penggumpalan sperma. Bahkan, kondisi ini mungkin berujung pada kemandulan pria. Mengkonsumsi suplemen untuk mencukupi kekurangan vitamin C adalah saran yang perlu diikuti. Menurut beberapa studi, konsumsi vitamin C dapat meningkatkan kesuburan pada pria yang merokok.

Vitamin C sendiri dikenal sebagai antioksidan. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, strawberi, semangka adalah sumbernya. Sayur seperti brokoli, tomat, dan kecambah juga bisa dijajal karena mereka juga adalah empunya vitamin C.

6. Jauhi Alkohol, Ganja, dan Rokok

Mulai sekarang, bertekadlah menjauhi gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari alkohol, ganja, narkoba, dan juga rokok. Jika sulit, aturlah catatan untuk mengurangi jumlahnya. Lakukan terus hingga lepas total. Bila perlu, Anda bisa menemui bantuan konsultasi untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Kurangi juga konsumsi kafein. Bukan berarti Anda tidak boleh minum sama sekali. Setidaknya, kurangi jumlahnya selama merencanakan kehamilan saja supaya kualitas sperma Anda maksimal.

7. Waspadai Lingkungan dan Paparan Bahan Kimia yang Berbahaya

Beberapa bahan kimia dikenal memiliki kemampuan sebagai spermisida. (membunuh sperma). Oleh karenanya, waspadai lingkungan kerja dan bahan kimia yang biasa Anda pakai. Mulai dari bekas oli, peralatan bengkel, sabun cuci, deterjen, pewangi ruangan, dan cat.

8. Biarkan Testis Anda Bernapas

Untuk mencapai kesuburan yang maksimal, Anda harus membiarkan testis tetap dingin. Bahwasanya, testis sangat sensitif dengan udara panas. Sperma yang diproduksinya bisa mati dan tidak bisa dipakai untuk proses pembuahan. Oleh karenanya, jauhi sauna atau berendam air panas. Kenakan celana yang memungkinkan sirkulasi udara keluar dan masuk. Terakhir, jangan terlalu sering bersepeda agar tidak timbul gesekan atau tekanan yang membuat testis panas.

9. Olahraga

Jika aktivitas terlalu padat, berjalan kaki setidaknya 15 menit per hari akan membangkitkan kembali vitalitas dan kualitas sperma. Aliran darah menuju alat reproduksi Anda juga semakin lancar dan mendukung kerja testis, si sumber produksi sperma.

Demikianlah penyebab dan solusi dari kasus sperma encer. Agar sperma Anda tetap dalam keadaan prima untuk merencanakan kehamilan, kehidupan seksual dan gaya hidup yang sehat sangatlah penting. Jika sperma Anda tetap encer walaupun solusi di atas telah dilakukan, tidak ada salahnya berkonsultasi pada dokter kesuburan. Dapatkan diagnosa atas penyebabnya dan solusi yang relevan. Sebab, kualitas sperma menentukan seberapa besar tingkat kesuburan seorang pria.

Herbal kesuburan ini layak anda coba, membantu meningkatkan kesuburan hingga berkali-kali lipat sehingga anda bisa hamil lebih mudah. » KLIK DISINI! «