Mengenal Alat Prediksi Kesuburan atau OPK

Mengenal Alat Prediksi Kesuburan atau OPKBeberapa waktu lalu, tim akuinginhamil.com sempat menulis atau menyebutkan tentang alat prediksi kesuburan sebagai alternatif untuk mengetahui kapan masa ovulasi Anda. Kini, kami akan membawa Anda untuk lebih dekat lagi dengan alat prediksi kesuburan yang juga biasa disebut OPK.

Sebenarnya, seperti apa sih sebenarnya alat tersebut? Bagaimana pemakaiannya dan di mana bisa mendapatkannya? Apa keuntungan pemakaiannya dan keakuratannya? Sabar, para calon ibu! Kami akan segera menjabarkannya lewat pertanyaan-pertanyaan berikut!

Sebenarnya, apa sih alat prediksi kesuburan itu?

Alat prediksi kesuburan atau juga disebut OPK (Ovulation Predictor Kit) adalah alat sederhana nan pintar, yang dapat mengukur kadar hormon dalam urin Anda. Bila ditilik dari penggunaannya, alat ini sangatlah mudah diaplikasikan karena mirip dengan testpack kehamilan.

Untuk Anda yang malas menandai kalender ovulasi, tidak telaten melihat perubahan fisik pada masa subur, serta siklus bulanannya tidak menentu, jelas ini adalah jalan pintas yang sangat menggembirakan. Sebab dia akan dengan mudahnya menemukan kapan masa subur Anda. Setelahnya pun, Anda dan suami dapat segera merencanakan kehamilan di waktu yang tepat dan akurat.

Kata orang, alat ini pun bisa menguji masa subur dari air liur. Benarkah itu?

Ya. Sebagaimana menguji lewat urin, OPK juga mampu menguji ovulasi lewat air liur. Cara kerjanya adalah OPK melihat kadar garam di air liur. Apakah kadarnya semakin meninggi dan sejalan dengan peningkatan estrogen atau tidak. Jika meninggi, kemungkinan besar inilah masa suburnya.

Dalam pengecekan lewat air liur ini, ketika kadar garam pada air liur mengering, akan terjadi pola seperti daun pakis. Meski tes OPK lewat air liur ini bisa mendeteksi, tetap saja menguji kesuburan dengan urin lebih dianjurkan. Ini karena keakuratannya yang lebih bisa dipercaya dibandingkan dengan air liur.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja OPK ini?

Ketika urin diuji, OPK akan melihat peningkatan atau lonjakan pada hormon luteinising (LH) yang terjadi pada satu atau dua hari sebelum ovulasi. Lewat prediksi lonjakan yang positif tersebut, Anda tidak perlu lagi melewatkan waktu subur.

Keberadaan hormon LH sebenarnya akan selalu ada dalam darah dan urin wanita. Hanya saja, dalam jangka waktu satu atau dua hari sebelum ovulasi, kadarnya akan meningkat hingga lima kali lipat.

Anda pun akan mengalami masa subur sekitar 12 – 36 jam setelah lonjakan LH dan pada waktu sel telur dilepaskan. Itulah masa subur dan jangan sia-siakan waktu Anda beserta suami supaya tidak segera berhubungan seksual.

Setelah penjelasan tersebut, apa sih benefitnya menggunakan OPK?

Tentu saja OPK sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki kondisi sebagai berikut:

  • Anda memiliki menstruasi yang tidak teratur, yang berarti dapat membuat Anda lebih sulit untuk memprediksi hari subur.
  • Anda atau pasangan benar-benar disibukkan oleh pekerjaan, apalagi jika pekerjaan tersebut mengharuskan Anda dan suami tinggal di lain kota/pulau. Artinya, berhubungan seks secara teratur menjadi lebih sulit.
  • Anda sudah memiliki anak, sehingga sulit untuk berhubungan seksual lagi. Sementara waktu Anda telah mencoba kehamilan, ternyata Anda pun tidak lantas langsung hamil.
  • Anda ingin segera mempercepat proses memiliki anak.

OPK ini termasuk alat prediksi yang sederhana, cepat, sangat mudah digunakan bila dibandingkan dengan memonitor suhu tubuh basal atau mengamati perubahan pada lendir serviks Anda. Memonitor suhu tubuh basal dan mengamati perubahan lendir memerlukan waktu yang cukup lama dan terbilang harus rutin serta teliti.

Kelihatannya menarik. Di mana bisa membeli OPK ini?

Anda dapat membelinya secara mudah. Kini sudah banyak orang yang menjualnya lewat toko online, toko kimia, apotek, dan beberapa supermarket besar. Tidak perlu resep juga untuk membelinya. Klinik, tempat praktek, atau laboratorium yang menyediakan jasa tes kehamilan turut menjual OPK. Biayanya beragam, tergantung dari versi yang dipilih. OPK tersedia dari yang sederhana hingga yang digital sekali pun.

Bagaimana cara menggunakannya? Susah gak ya?

Mudah sekali kok! Pertama, gunakan saja kalender ovulasi untuk membantu Anda mengira-ngira kapan saatnya masa subur akan segera dimulai. Akan ada instruksi lebih detail pada alatnya. Namun petunjuk dari akuinginhamil.com selanjutnya akan memandu secara perlahan.

Lalu, Anda tinggal buang air kecil pada bagian ujung OPK. Bisa juga dengan menampung urin pada wadah dan celupkan OPK di wadah itu. Cara ini bisa beragam, tergantung dari merk juga. Kemudian, Anda akan melihat strip berwarna muncul pada OPK yang menunjukkan apakah ada lonjakan hormon LH atau tidak. Jika OPK yang digunakan adalah versi digital, maka yang tampil adalah gambar wajah tersenyum sebagai tanda inilah waktu suburnya!

Agar mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan tes pada waktu yang sama setiap harinya, sekitar pukul 10.00 – 18.00. Jangan menguji saat Anda baru bangun karena lonjakan LH perlu waktu hingga empat jam untuk muncul pada urin. Usahakan agar minum secukupnya saja dan tidak kebanyakan sebelum jam pengujian. Kadar air yang terlalu banyak dalam tubuh akan menyulitkan deteksi lonjakan.

Setelah pengujian dilakukan, jangan terlalu antusias membaca hasilnya! Biarkan saja selama sepuluh menit agar hasil yang sesungguhnya muncul. Jika hasilnya positif, berhubungan seks dalam dua hari ke depan jangan ditunda lagi.

Adakah catatan untuk pemakaian OPK?

Tes ini tidak akan berhasil atau tidak valid jika Anda baru saja hamil, memiliki sindrom ovarium polikistik , atau sedang menggunakan obat kesuburan tertentu. Jika masih ragu, hubungi dokter pribadi Anda.

Menyoal keakuratan, memang OPK ini tidak bisa dikatakan benar-benar 100% akurat. Toh, OPK juga merupakan hasil ciptaan manusia. Tapi, bukankah penciptaannya sendiri telah melalui berbagai macam proses riset dan ilmu pengetahuan?

Jadi, untuk apa ragu lagi dengan OPK? Anda yang mengalami problem seperti yang telah disebutkan di atas, pasti wajib dan perlu punya! Apalagi kalau keinginan memiliki momongan tak bisa ditahan lagi. Akhir kata, selamat mencoba ya! Semoga artikel ini membantu dan semoga sukses!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «