Mengenal Bentuk-Bentuk Uterus Abnormal Penyebab Susah Hamil

Mengenal Bentuk-Bentuk Uterus Abnormal Penyebab Susah HamilSetiap wanita yang ingin mempunyai anak, pasti mendambakan keadaan fisik yang normal.  Tetapi tidak dipungkiri pula, beberapa wanita mengalami ketidaknormalan dari segi anatomi tubuh yang menyebabkannya sulit hamil. Kelainan bentuk uterus (rahim) misalnya. Padahal uterus adalah tempat tumbuh dan berkembangnya janin sampai menjadi sempurna.

Sebenarnya kelainan bentuk uterus ini sendiri sama sekali tidak bergejala.  Biasanya seorang wanita akan memeriksakan diri setelah kesulitan untuk hamil.  Apakah kemudian benar-benar tidak bisa hamil jika memiliki uterus yang abnormal? Kita tidak bisa memastikannya hingga dilakukan pemeriksaan dengan seksama, dan mengetahui sejauh mana ketidaknormalan uterus yang ada.

Uterus NormalSecara umum, uterus yang normal berbentuk seperti buah pir dengan panjang sekitar 7,5 cm, lebar 5 cm dan ketebalan dinding sekitar 2,5 cm.  Bagian paling bawah uterus dikenal dengan nama serviks atau mulut rahim.  Badan uterus berongga dan terhubung dengan saluran telur (tuba fallopi) di sisi kiri dan kanan.  Uterus terdiri dari otot polos dengan struktur yang bersilangan.  Otot-otot ini akan berkontraksi saat haid dan melahirkan.  Di bagian dalam uterus terdapat endometrium yang merupakan lapisan mukosa (lendir).  Lapisan ini merupakan bantalan bagi janin dalam kandungan.  Jika tidak ada pembuahan, maka dinding endometrium ini kemudian akan meluruh bersamaan dengan darah haid. Itulah mengapa orang yang sedang haid, akan merasakan nyeri perut bagian bawah, karena selain adanya kontraksi dari otot-otot polos uterus, dinding uterus juga akan meluruh.

Terdapat beberapa kelainan bentuk uterus yang sering ditemui, yaitu :

  • Uterus Septus, yaitu sebagian atau seluruh dinding uterus terbelah menjadi dua bagian.  Bagian luarnya tampak normal seperti uterus pada umumnya. Pada uterus septus ini, seolah-olah ada sekat antara kedua bagian uterus. Kelainan ini dapat dikoreksi dengan operasi.  Sebagian besar wanita dengan kelainan uterus jenis ini dapat hamil sampai waktunya melahirkan.
  • Uterus Bikornis, yaitu  uterus yang menyerupai bentuk hati dan memiliki sekat di bagian dalamnya.
  • Hanya dilakukan koreksi bila benar-benar diperlukan.
  • Uterus Didelfis, yaitu kelainan uterus ganda.  Pada kelainan ini, uterus memiliki dua serviks. Sekitar 75 % kasus, kelainan uterus ini memisahkan vagina menjadi dua bagian. Pada kelainan ini, jarang sekali dilakukan operasi.  Hanya saja, pada pasien dengan kelainan uterus ini yang kemudian hamil, pada usia kehamilan 18-20 minggu, akan dilakukan operasi pada pasien yang seviksnya longgar.  Operasi ini hanya atas indikasi saja.  Jika tidak diperlukan, maka tidak akan dilakukan operasi.

Masalah yang mungkin timbul pada pasien dengan kelainan uterus bermacam-macam, mulai dari yang bergejala seperti tidak mendapat haid, keguguran berulang, dan kelahiran berulang, serta adanya kesulitan hamil dan letak sungsang pada wanita yang akan melahirkan.

Kelainan uterus ini sangat jarang terjadi.  Akan tetapi, bagi anda yang sulit hamil  atau mengalami keguguran berulang, penting anda untuk tetap memeriksakan diri ke dokter pribadi anda, sampai terbukti tidak ada faktor fisik yang menyebabkan anda sulit hamil.

Herbal kesuburan ini layak anda coba, membantu meningkatkan kesuburan hingga berkali-kali lipat sehingga anda bisa hamil lebih mudah. » KLIK DISINI! «