Mengenal Faktor Fisik Penyebab Infertilitas Pada Pria

Mengenal Faktor Fisik Penyebab Infertilitas Pada PriaInfertilitas bisa terjadi pada pria.  Bagaimana infertilitas ini bisa terjadi?  Terdapat beberapa faktor resiko yang bisa mempengaruhi infertilitas seorang pria.  Faktor fisik ini termasuk :

  • Faktor pretestikular, yaitu semua faktor fisik yang dipengaruhi oleh struktur organ sebelum testis, seperti penyakit kongenital atau penyakit bawaan pada hipotalamus, hipofise ataupun organ yang dapat mempengaruhi kerja axis hipotalamushipofise. Faktor ini termasuk Hypogonadotropic Hypogonadism (utamanya disebabkan oleh kegemukan), obat-obatan, alkohol, dan adanya kelainan genetik yaitu Robertsonian translocation.
  • Faktor testikular, yaitu semua faktor fisik yang ada pada testis, bisa didapatkan secara genetik atau penyakit dapatan, misalnya varikokel, trauma testis, torsio testis, kanker testis, dan hidrokel.
  • Faktor post testikular, yang semua faktor fisik yang dipengaruhi oleh struktur organ setelah testis, seperti kelainan kongenital atau penyakit yang mempengaruhi perjalanan sperma yang normal menuju sistem saluran sperma, misalnya sumbatan vas deferens, infeksi (prostatitis), ejakulasi dini dan impotensia.

Bagaimana anda bisa mengenali semua faktor fisik ini? Anda dapat berkonsultasi dengan dokter pribadi anda mengenai segala gejala yang anda rasakan berkaitan dengan fertilitas anda.  Dokter pribadi anda juga akan menyarankan anda untuk melakukan analisis semen.  Jika dokter pribadi anda mendapatkan adanya suatu kelainan, maka dokter pribadi anda adalah memberikan pengantar untuk pemeriksaan lanjutan ke dokter spesialis Urologi.

Bagaimana dokter Urologi memeriksa anda? Seorang dokter spesialis urologi akan melakukan pemeriksaan lanjut, jika didapatkan adanya hasil analisis semen yang abnormal. Dan dokter akan memberikan perhatian khusus, jika didapatkan kelainan atau penyulit penyerta. Pemeriksaan secara seksama akan dilakukan, dan jika kelainan sudah dapat dapat dipastikan, maka dokter Urologi akan menyarankan tindakan bedah jika kelainan fisik tersebut dapat diperbaiki.

Dengan adanya kelainan fisik tersebut, apakah seorang pria akan benar-benar infertil? Jawabannya tidak selalu.  Tergantung dari berat tidaknya kelainan fisik yang ada.  Untuk memperkecil resiko infertilitas, anda dengan menjaga gaya hidup sehat dan mengkonsumsi suplemen.  Anda dapat memilih berbagai suplemen yang anda perlukan untuk membantu meningkatkan fertilitas anda, dan membantu pasangan anda cepat hamil.

Obat Kesuburan Fertilaid