Mengenal Jenis-Jenis Keputihan yang Normal

Mengenal Jenis-Jenis Keputihan yang NormalKeputihan dalam istilah medis dikenal dengan fluor albus.    Keputihan merupakan sekresi dari vagina pada wanita.  keputihan ini merupakan istilah yang ditujukan kepada semua jenis cairan yang keluar dari vagina, yang bukan berupa darah.   Pada dasarnya, keputihan dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu fluor albus fisiologis (keputihan normal) dan fluor albus patologis ( keputihan tidak normal).  Keputihan yang normal akan muncul setelah menstruasi, menjelang menstruasi atau pada saat masa subur.  Keputihan merupakan gejala tersendiri, bukanlah penyakit.  Keputihan pada keadaan tidak normal, merupakan manifestasi gejala klinis dari kelainan pada kandungan.

 Bagaimana mengetahui keputihan yang normal?

Keputihan yang normal terdiri atas cairan yang kadang-kadang berupa mukus (lendir) yang mengandung banyak epitel dan leukosit dalam batas normal.  Proporsi perempuan yang mengalami keputihan sekitar 1-1,5 %, dan hampir semuanya memiliki  aktifitas seksual yang aktif.   Selain itu, pada keputihan yang normal :

  • Cairan yang keluar berwarna bening, tidak lengket dan encer.
  • Tidak mengeluarkan bau yang menyengat
  • Tidak disertai dengan rasa gatal

Dari mana asal keputihan ini?

Keputihan ini berasal dari vulva, vagina, serviks uteri, korpus uteri dan tuba.  Hal ini cukup berasalan, karena sel-sel yang menyusun struktur tersebut adalah sel-sel mukosa yang memang akan menghasilkan mukus (lendir).

Keputihan yang normal ditemukan pada :

  • Bayi baru lahir sampai umur kira-kira 10 hari, yang disebabkan oleh pengaruh estrogen dari plasenta terhadap uterus dan vagina janin.
  • Pada saat akan menarche (menstruasi untuk pertama kali), yang disebabkan karena estrogen mulai bekerja.
  • Wanita dewasa apabila ia dirangsang sebelum dan pada waktu koitus, yang disebabkan oleh transudasi dari dinding vagina.
  • Saat ovulasi, dengan sekret dari kelenjar-kelenjar serviks uteri yang lebih encer
  • Bertambahnya pengeluaran sekret dari kelenjar-kelenjar serviks uteri seiring dengan penyakit menahun,  wanita dengan gangguan cemas dan stress.

Vagina telah memiliki flora normal dan tingkat keasaman yang akan membunuh bakteri yang masuk ke dalam vagina.  Kebiasaan mencuci vagina secara berlebihan akan membunuh flora normal ini, sehingga timbul infeksi.  Semoga bermanfaat 🙂

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «