Menghilangkan Stres dengan Endorpin

Menghilangkan Stres dengan Endorpin

Menghilangkan Stres dengan EndorpinSalah satu penyebab seorang wanita sulit hamil adalah stres.  Stres bagi wanita sifatnya multifaktorial. Banyak studi yang telah membuktikan adanya bukti kuat antara sulit hamil dan stres.  Jika anda ingin hamil, maka mulailah memanajemen stres anda.  Perkuat imunitas tubuh anda dengan terus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, sehingga tubuh dan otak anda akan lebih siap menghadapi stres fisik dan psikis dari lingkungan.

Salah satu yang bisa anda lakukan anda terus memproduksi hormon endorfin.  Bagaimana dan apa endorfin itu? Dan mengapa anda harus bersahabat dengan endorfin ini?

Endorfin adalah senyawa kimia pada otak yang dikenal sebagai neurotransmitter, yang berfungsi menghantarkan sinyal listrik kepada sistem saraf.  Setidaknya terdapat 20 jenis endorfin yang telah ditemukan pada manusia.  Endorfin ini bisa ditemukan pada kelenjar hipofise, di bagian lain dari otak atau terdapat di seluruh sistem saraf.

Endorfin ini dikenal juga sebagai hormon kebahagiaan, karena hormon ini akan diproduksi ketika anda sedang bahagia.  Stres dan nyeri pada tubuh merupakan sinyal yang menyebabkan keluarnya endorfinEndorfin akan berikatan dengan reseptor opiat pada otak untuk mengurangi persepsi kita akan nyeri dan stres.  Endorfin ini bekerja seperti morfin dan kodein.  Akan tetapi, berbeda dengan obat-obatan narkotika, aktivasi reseptor opiat oleh endorfin dalam tubuh tidak menyebabkan ketergantungan atau adiksi obat.

Selain itu berkurangnya rasa nyeri, sekresi hormon endorfin menyebabkan rasa euforia, perubahan selera makan, pelepasan hormon seksual, dan peningkatan respons imun.  Dengan tingginya kadar endorfin dalam tubuh, rasa nyeri akan sangat berkurang dan hanya sedikit efek dari stres yang akan berpengaruh pada tubuh kita.

Bagaimana endorfin dapat dihasilkan?  Pada dokter dan ilmuwan banyak berbeda pendapat mengenai bagaimana endorfin dapat dihasilkan oleh otak.  Hanya saja, seperti diketahui bahwa tubuh menghasilkan endorfin sebagai respons atas olahraga yang berkelanjutan.

Seorang wanita yang ingin hamil harus selalu bahagia.  Ketika otak anda melepaskan hormon endorfin, maka fungsi reproduksi akan optimal.

Ingin menghilangkan stres? Berbahagialah dengan keadaan anda, dan senantiasa bersyukur dengan segala keadaan. Semoga bermanfaat 🙂

Obat Kesuburan Fertilaid