Tentang Ovulasi: Siklus Menstruasi, Gejala-Gejala, Alat Tes, dan Faktor yang Mempengaruhi

Ovulasi dan siklus menstruasi - via graphic.com.gh

Ovulasi dan siklus menstruasi – via graphic.com.gh

Calon ibu, membicarakan ovulasi rasanya memang tak pernah ada habisnya. Topik yang juga berkaitan dengan siklus menstruasi ini, selalu menjadi kata kunci yang seksi bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Sebab, inilah yang menjadi kunci hubungan seksual bisa berakhir pada kehamilan.

Anda pasti belum bosan mengulik lebih dalam tentang ovulasi, bukan? Yuk, kita simak lagi informasi-informasi tentang ovulasi berikut ini!

Bagaimana ovulasi dihubungkan dengan siklus menstruasi?

Selama siklus menstruasi, folikel yang dominan melepas sel telur yang berkembang ke tuba falopi. Tuba falopi adalah saluran tipis yang terletak di antara ovarium dan rahim. Sel telur yang berkembang, normalnya hidup selama 24 jam. Namun ia harus segera dibuahi dalam waktu 12 jam. Jika sukses dibuahi sperma, ia bisa melakukan implan pada lapisan rahim. Terjadilah kehamilan.

Jika sel telur tidak dibuahi, tubuh menyerap sel telur dan lapisan rahim mulai meluruh. Dengan luruhnya lapisan tersebut, menstruasi muncul. Dari titik ini, siklus Anda berulang lagi dari awal.

Bagaimana saya bisa dikatakan ovulasi?

Seorang wanita bisa dikatakan sedang ovulasi kalau mengalami tanda-tanda ovulasi. Ovulasi sendiri biasa terjadi 12-14 hari menjelang menstruasi. Dan berikut ini adalah tanda-tanda fisik seorang wanita yang sedang ovulasi:

1. Sakit pada perut bagian bawah
2. Keputihan atau lendir serviks lebih tipis, elastis, dan transparan. Singkatnya, ia mirip dengan putih telur mentah
3. Payudara nyeri
4. Ada sedikit perdarahan atau bercak-bercak darah dari vagina
5. Peningkatan hasrat seksual
6. Suhu tubuh meningkat sekitar 0,5 derajat Celcius

Bisakah saya menguji diri sendiri untuk melihat, apakah saya ovulasi?

Karena suhu tubuh meningkat seiring ovulasi, kadang ini mengukur suhu bisa digunakan untuk memprediksi kapan ovulasi terjadi. Tetapi kemungkinan penyakit dan konsumsi obat paracetamol mungkin mengubah-ubah suhu tubuh yang alami. Inilah yang membuat metode pengukuran suhu tubuh saja kurang bisa diandalkan.

Alternatif yang bisa Anda coba adalah menggunakan kalkulator ovulasi untuk melacak hari ovulasi. Untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan, belilah alat prediksi ovulasi di apotek. Alat ini bekerja dengan cara menguji kadar hormon luteinising dalam urin. Ada pula alat prediksi ovulasi yang berbasis air liur, yang mendeteksi peningkatan estrogen. Namun alat berbasis urin lebih dianjurkan karena lebih akurat dibandingkan dengan alat berbasis air liur.

Faktor apa saja yang mempengaruhi ovulasi?

Problem ovulasi bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda-beda. Faktor tersebut bisa berasal dari:

1. Terlalu berlebihan saat berolahraga
2. Terlalu kurus
3. Terlalu gemuk
4. Punya diabetes
5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
6. Stres psikologis
7. Obat-obatan tertentu, khususnya yang mengandung estrogen dan progestogen

Untuk menentukan apakah seorang wanita ovulasi, dokter akan menyarankan Anda untuk mencatat suhu tubuh harian. Pengukuran ini dilakukan di pagi hari. Saran lain yang mungkin disampaikan oleh dokter adalah menggunakan alat prediksi ovulasi.

Jika ada masalah kesuburan, tes lainnya bisa digunakan. Salah satu contohnya adalah USG yang dapat meninjau keadaan ovarium da tuba falopi. Masih ada tes lainnya lagi, yang disesuaikan dengan penyebab infertilitas Anda atau suami.

 

Calon ibu, tak cuma perkara hormon. Kini ovulasi juga berhubungan dengan kehidupan sehari-hari Anda. Alangkah baiknya, miliki tubuh yang sehat dan ideal untuk kehamilan dengan olahraga yang seimbang. Perbanyak makanan bernutrisi agar tidak kelebihan zat gula dalam darah. Masih sama seperti kemarin, hindari pula stres.

Agar masalah ovulasi teratasi dan kehamilan lebih mudah didapat, tak ada salahnya mencoba suplemen kesuburan. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah FertilAid! Suplemen ini dibuat dari komposisi herbal, kaya vitamin dan mineral, aman, alami, halal, dan dibuat oleh pakar ginekologis kenamaan Amerika. Untuk tahu lebih banyak, klik tautan berikut ini!

Obat Kesuburan Fertilaid