Penyebab Infertilitas Yang Mungkin Tidak Anda Duga!

Penyebab InfertilitasiHamil dengan mudah tanpa hambatan adalah idaman setiap wanita, namun faktanya 6 dari 10 pasangan memiliki masalah dengan kesuburan. Selain faktor penyebab infertilitas yang pernah dibahas sebelumnya, ada juga sejumlah faktor penyebab infertilitas yang mungkin tidak anda duga.

Stres merupakan faktor utama yang menjadi penyebab sebagian perempuan susah sekali hamil. Namun selain faktor tersebut berikut ini hal tidak biasa penyebab infertilitas pada perempuan.

#1 – Cokelat

Tahukah anda bahwa cokelat mengandung banyak kafein? Kafein ini memiliki sifat adiksi. Kafein juga amat berbahaya bagi wanita yang sedang program hamil. Sering ditemukan bahwa sejumlah cokelat mengandung plastik cair yang berbahaya terutama cokelat yang diproduksi secara komersial.

#2 – Bepergian dengan sepeda motor

Mengunakan sepeda motor dalam perjalanan jauh tentu saja melelahkan dan juga dapat melelahkan rahim. Getaran kendaraan roda dua yang terlalu kencang merupakan hal yang sebaiknya dihindari oleh wanita yang tengah berjuang untuk cepat hamil.

#3 – Masalah gigi

Wanita hamil sangat rentan mengalami masalah pada gigi dikarenakan banyaknya kalsium yang terkuras dari tubuh mereka. Sedangkah wanita yang memiliki masalah pada gigi maupun infeksi gusi dapat lebih sulit untuk hamil. Kesimpulan tersebut dibuktikan oleh sejumlah peneliti yang menemukan bakteri pada gigi yang juga ada pada organ reproduksi wanita.

# 4 – Kegemukan

Infetilitas sering dikaitkan dengan wanita dengan berat badan lebih (obesitas). Kegemukan berdampak terhadap masalah hormonal, ketidakseimbangan hormon, silklus haid tidak teratur, PCO, sehingga menurunkan sistem metabolisme dan juga energi. Hormon yang berfungsi pada reproduksi salahsatunya adalah Ghrelin. Bila produksi hormon ini berkurang maka akan menurunkan peluang wanita kegemukan untuk dapat hamil.

# 5 – Antioksidan dalam krim kecantikan

Antioksidan kita kenal sebagai zat yang sangat baik dan bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Tapi pada saat program hamil, antioksidan bisa menimbulkan efek samping.

Misalnya penggunaan krim wajah yang mengandung antioksidan anti penuaan. Padahal, hal tersebut bisa menjadi penyebab infertilitas karena molekul oksigen reaktif dinetralkan oleh antioksidan.

Sebelumnya saya sempat 2 kali keguguran. Namun kami tidak pernah putus asa dalam berikhtiar, karena kami yakin Allah SWT akan memberikan yg terbaik bagi kami. » BACA SELENGKAPNYA «