Perawatan ZIFT Tawarkan Implantasi Embrio Secara Alami

Perawatan ZIFT membuahkan kehamilan - via zol-img.com.

Perawatan ZIFT membuahkan kehamilan – via zol-img.com.

Selain perawatan kesuburan GIFT yang dikenal menjamin pembuahan secara alami, ternyata masih ada perawatan ZIFT yang dikenal di dunia medis. Prosedur ZIFT memang tidak menjamin pembuahan secara alami, namun implantasi bayi tetap dilakukan secara alami. Setidaknya, ini bisa jadi pilihan bagi pasangan yang ingin hamil sealami mungkin.

Perawatan kesuburan Zygote Intrafallopian Transfer (ZIFT) adalah jenis perawatan berteknologi tinggi yang serupa dengan Gamete Intrafallopian Transfer (GIFT) dan program bayi tabung (In Vitro Fertilisation). Bedanya, proses pembuahan sel telur pada ZIFT dilakukan di laboratorium. Pembuahan ini terjadi sebelum dokter menempatkan zigot (embrio bersel satu yang belum terbagi ke beberapa sel) ke tuba falopi.

ZIFT adalah perawatan kesuburan yang terbilang paling invasif (melukai tubuh karena melibatkan pembedahan atau operasi). Karena fakta itulah, prosedur ini sangat jarang digunakan sebagai alternatif merawat kesuburan. Di Amerika Serikat, terhitung teknologi reproduksi bantuan ini dipakai kurang dari 1% dibanding teknologi lainnya. (Data dikutip dari laman babycenter.com)

Untuk Siapa Sajakah Perawatan ZIFT Dipakai?

ZIFT bisa dipakai oleh wanita dengan hanya satu tuba falopi yang terbuka dan telah mencoba aneka perawatan kesuburan, namun selalu gagal. Di samping itu, masalah-masalah seperti unexplained infertility (ketidaksuburan yang tidak dapat diketahui penyebabnya), problem ovulasi, hingga jumlah sperma suami yang sedikit juga bisa dijembatani.

Jika jumlah sperma suami sangat rendah atau ada masalah pembuahan dalam siklus bayi tabung terakhir, prosedur ZIFT bisa digunakan sekaligus dengan prosedur ICSI (Intracytoplasmic Sperm Injecttion). Dengan ICSI, peluang pembuahan sel telur meningkat karena suntikan satu sperma langsung ke satu sel telur.

Apa Saja Tahap-Tahap Perawatan ZIFT?

Pada dasarnya, langkah awal perawatan ZIFT sama saja dengan langkah program bayi tabung. Keduanya sama-sama melibatkan perangsangan ovarium, pengembangan folikel, pengumpulan sel telur, dan pembuahan.

1. Merangsang Ovarium

Beberapa hari di awal periode, istri akan mengambil obat kesuburan. Obat ini digunakan untuk merangsang ovarium agar mengembangkan sel telur yang matang. Di samping itu, obat kesuburan juga menjaga tubuh dari pelepasan sel telur yang terlalu dini.

2. Pengembangan Folikel

Ketika sedang mengambil obat kesuburan, Anda akan mengunjungi dokter setiap dua atau tiga hari sekali. Dalam kunjungan tersebut, tes level hormon dalam darah dan USG akan dilakukan. Dengan begitu, kondisi folikel (kantung berisi cairan di mana sel telur matang) Anda dapat dipantau.

3. Pengumpulan Sel Telur

Ketika sel telur siap diambil, dokter memberikan anestesi dan memasukkan selang ultrasonik lewat vagina. Dengan cara ini, kondisi ovarium bisa dilihat. Setelah folikel teridentifikasi, sebuah jarum tipis dimasukkan dari dinding vagina. Sebanyak delapan hingga lima belas sel telur pun bisa diambil dalam sekali proses.

4. Pembuahan

Dalam tahap ini, seorang embriologis (ahli sel telur, sperma, dan embrio) dilibatkan. Ia akan memadukan sperma dan sel telur di laboratorium. Setelah itu, ia melakukan monitoring terhadap proses pembuahan. Sehari sesudahnya, setiap sel telur yang dibuahi berubah menjadi embrio bersel satu. Embrio inilah yang disebut zigot.

Setelah keempat langkah di atas, maka masuklah pada tahap pembedahan, implantasi, dan tes kehamilan. Langkah-langkah inilah yang membedakan prosedur ZIFT dengan prosedur bayi tabung maupun GIFT.

5. Pembedahan

Begitu zigot berkembang, dokter melakukan pembedahan minor. Mulanya, dokter memberi anestesi terlebih dahulu. Kemudian sayatan kecil di perut diciptakan. Dokter akan menggunakan laparoskop (mikroskop tipis dengan penerang) untuk mentransfer satu sampai lima zigot ke tuba falopi. Jika ada sisa zigot yang tidak terpakai, Anda bisa membekukannya. Di kemudian hari, zigot yang beku bisa dicairkan dan dipakai bila perawatan tidak membuahkan hasil.

6. Implantasi Sukses

Jika perawatan ZIFT bekerja, zigot akan berjalan ke tuba falopi. Kemudian, ia akan melakukan implan di uterus. Setelah implan sukses, zigot akan tumbuh menjadi bayi yang Anda idamkan. Kalau ada lebih dari satu zigot berhasil melakukan implan di uterus, kemungkinan hamil akan semakin besar. Apalagi kehamilan ganda atau hamil anak kembar.

7. Tes Kehamilan

Pada umumnya, tes kehamilan pada prosedur ZIFT dilakukan dua minggu setelah pembedahan dilakukan.

Jika Anda dan suami sepakat menjalani perawatan ZIFT untuk kasus infertilitas, alangkah baiknya mengkonsultasikannya pula dengan dokter yang terpercaya. Temukan prioritas perawatan kesuburan terbaik untuk Anda dan pertimbangkan pula segi biaya, waktu, tenaga, dan emosinya. Selamat merencanakan kehamilan, ya!

Obat kesuburan terbaik di dunia AGAR CEPAT HAMIL secara alami. Solusi Program Hamil Sukses! » BELI DI SINI «