Pernah Menderita Toksoplamosis, Bisakah Hamil?

Pernah Menderita Toksoplamosis, Bisakah Hamil?Toxoplasmosis merupakan salah satu infeksi parasit yang disebabkan Toxoplasma gondi.  Toxoplasmosis bisa merupakan infeksi tunggal atau merupakan kombinas infeksi TORCH. TORCH sendiri merupakan istilah yang ditujukan kepada kelompok infeksi yang disebabkan Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes  Simpleks.

Mengapa seorang wanita sangat penting mengetahui tentang Toxoplasmosis? Ternyata didapatkan bahwa banyak wanita yang kesulitan untuk hamil karena terinfeksi Toxoplasma tanpa disadarinya.  Ketika wanita tersebut telah positif terindeksi Toxoplasma, maka resiko tanpa keguguran jauh lebih tinggi.  Adapun jika kehamilan bertahan sampai cukup bulan, maka kemungkinan bayi lahir cacat akan lebih besar lagi. Kelainan saraf, mata, paru-paru, telinga, terganggunya fungsi motorik, hidrosefalus dan lain-lain.

Bagaimana parasit ini masuk ke dalam tubuh? Parasit ini banyak ditularkan melalui hewan berdarah panas.  Hewan seperti kucing, anjing, tikus , sapi, kuda, burung , babi dan lain-lain dapat menyebabkan toksoplasmosis jika hewan-hewan tersebut tertular Toksoplasma sebelumnya.  Itulah sebabnya mengapa wanita yang ingin hamil disarankan tidak sering menyentuh hewan seperti kucing. Selain itu, anda sebaiknya menghindari makanan mentah, seperti daging atau sayuran mentah. Mengapa? Ternyata ookista yang bersifat seperti telur, dapat disebarkan melalui daging yang mentah, dan ookista juga dapat menempel di sayuran yang baru dipetik dari kebun.

Gejala yang timbul setelah terinfeksi Toxoplasma sifatnya subklinis, artinya tanpa  gejala.  Seringkali penderita tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi.  Tetapi sekali terinfeksi, maka parasit ini akan menetap dalam bentuk kista dalam organ tubuh penderita selama siklus hidupnya.  Gejala klinis yang paling sering dijumpai adalah pembesaran kelenjar getah bening (limfe), yang dikenal dengan limfadenopati.  Limfadenopati paling disertai demam.  Kelenjar limfe leher adalah yang paling sering terserang. Selain itu, penderita juga akan merasakan nyeri otot, kaku leher, dan nyeri persendian.  Pada infeksi berat, biasanya penderita juga mengalami komplikasi pembesaran limpa dan hepatitis.

Diagnosis Toxoplasmosis ditegakkan karena ada kecenderungan yang mengarah kepada penyakit tersebut, yaitu adanya riwayat infertilitas, abortus berulang, bayi lahir mati dan cacat bawaan.  Memelihara binatang piaraan berbulu misalnya kucing.  Pemeriksaan yang digunakan saat  ini adalah pemeriksaan serologis, dengan memeriksakan antibodi IgG dan IgM.  Anda dapat menanyakan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini jika berkunjung ke dokter pribadi anda.

Lalu bagaimana kemungkinan hamil bagi yang menderita toxoplasmosis?

Anda disarankan untuk rajin memeriksakan diri ke dokter.  Anda akan mendapatkan terapi sampai tuntas.  Untuk menanggulangi infeksi Toxoplasma yang sifatnya menetap ini dibutuhkan kombinasi imunoterapi dan pengobatan antimikroba.  Kombinasi pengobatan ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan bagi penderita dengan meningkatkan reaksi imunologik selulernya, sekaligus mengendalikan infeksi toxoplasmanya.  Jika semua terapi telah tuntas, dan dipastikan tidak ada lagi infeksi Toxoplasma gondi atau salah satu dari infeksi kelompok TORCH, maka anda dapat memulai program hamil anda.  Semoga bermanfaat 🙂

Obat Kesuburan Fertilaid