Setelah KB Susah Hamil, Apa Iya?

Susah hamil setelah KB? - via mako.co

Susah hamil setelah KB? – via mako.co

Dewasa ini, sudah banyak pasangan yang tak ragu menggunakan pil KB. Mereka memang sengaja menunda kehamilan karena berbagai macam latar belakang. Ketika mereka sudah siap hamil dan memiliki momongan, barulah konsumsi pil KB tadi dihentikan. Lantas, mereka merencanakan kehamilan dengan rutin sebelum masa suburnya habis.

Sayangnya, banyak yang kurang mengerti tentang perencanaan kehamilan setelah mengambil KB. Banyak yang mengeluhkan susah hamil gara-gara pernah menggunakan KB sebelumnya. Padahal, tidak demikian yang terjadi.

1. Tunggu Sampai Periode Normal dan Teratur

Menurut Dr. Amos Grunebaum, MD (direktur medis dari WebMD Fertility Center), pil KB bekerja untuk mencegah ovulasi. Jika menghentikan penggunaannya, hormon Anda akan keluar dari tubuh dengan cepatnya. Biasanya, ini terjadi dalam kurun waktu dua hari. Ketika kadar hormon hilang, otomatis tubuh perlu memulai fungsi normalnya lagi dari nol. Singkatnya, tubuh mulai mengembangkan folikel dan menyusun proses ovulasi yang normal dan rutin.

Fase kembalinya ovulasi setelah lepas KB, bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang perlu beberapa minggu. Ada pula yang bisa sampai beberapa bulan. Tapi intinya adalah tubuh Anda harus berada dalam kondisi normal dulu. Setidaknya, dalam waktu kurang dari dua sampai tiga bulan setelah pil KB dihentikan. Kalau ovulasi sudah normal dan rutin, Anda tahu kapan masa subur datang. Dampaknya, lebih mudah merencanakan kehamilan karena Anda dan suami bisa berhubungan seksual di masa itu.

Jadi jika sekarang Anda sudah ovulasi, kemungkinan tubuh sudah kembali normal. Lantas ia pun sudah siap diajak merencanakan kehamilan.

2. Pastikan Tidak Ada Masalah Kesuburan

Tapi, coba ingat kembali! Sebelum Anda menggunakan pil KB, apakah tidak ada masalah apapun dengan kesuburan Anda? Jika sebelumnya Anda sudah memiliki masalah kesuburan dan belum diobati, maka masalah tersebut akan tetap ada seperti sedia kala. Melepaskan pil KB tidak serta merta menjadikan Anda subur dan mudah hamil.

Dalam beberapa kasus, beberapa wanita dengan menstruasi dan ovulasi yang tidak teratur, turut menggunakan pil KB. Selepas dari penggunaan pil KB, kondisi mereka tetap kembali seperti semula. Oleh karenanya, Anda lebih susah hamil.

3. Sambil Menunggu, Jadikan Tubuh Siap Huni

Masih menurut Dr. Amos Grunebaum, MD, langkah terbaik selama menunggu ovulasi berjalan normal adalah mempersiapkan tubuh agar siap huni. Misalnya, mengkonsumsi suplemen prakonsepsi secara rutin. Suplemen tersebut harus mengandung 400-600 mikrogram asam folat. Konsumsi asam folat signifikan bisa mengurangi resiko bayi lahir cacat. Selain itu, resiko keguguran juga semakin rendah.

Agar asam folat yang diasup bekerja maksimal, mulailah konsumsinya sedari satu atau dua bulan sebelum konsepsi. Anda juga bisa memulainya semenjak konsumsi pil KB tinggal kemasan terakhir.

4. Lakukan Pencatatan Lendir Serviks dan Suhu Basal Tubuh

Yang perlu Anda catat, munculnya perdarahan tidak bisa sekonyong-konyong dikatakan ovulasi. Jika Anda punya siklus reguler selama 28 hari, mungkin Anda mengasumsikan diri telah berovulasi. Tapi satu periode perdarahan saja belum cukup dikatakan ovulasi. Itulah mengapa penting juga memeriksakan ovulasi dengan kurva temperatur pada grafik ovulasi lendir serviks dan suhu basal tubuh. Kurva ini akan memberikan informasi tambahan, apakah dan kapan Anda ovulasi.

Menurut situs MediciNet.com, setiap wanita yang lepas dari pil KB perlu waktu rata-rata 5 bulan untuk hamil. Saat itu, ovulasi sudah berjalan normal dan rutin kembali. Dari situ pula, 85% pasangan maksimal memakan waktu hingga satu tahun agar bisa memiliki anak.

Sekarang Anda sudah lebih paham bukan kalau setelah KB itu tidak susah hamil? Selama Anda senantiasa menjaga kesehatan dan menjauhi gaya hidup yang buruk, periode menstruasi yang teratur tentu akan cepat kembali. Ovulasi rutin pun datang lagi. Kalau sudah begitu, masa subur setelah KB bisa Anda titi dan memiliki anak tak akan makan waktu lama. Tetap semangat, ya!

Obat Kesuburan Fertilaid