6 Alasan yang Tidak Bikin Rugi Ketahui Masa Subur dengan Alat Prediksi Ovulasi

6 Alasan yang Tidak Bikin Rugi Ketahui Masa Subur dengan Alat Prediksi OvulasiHalo, calon ibu! Sudah rahasia umum jika kita ingin hamil, hubungan seksual dengan suami harus dilakukan ketika masa subur tiba. Melakukan hubungan seksual di luar masa subur sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, peluang kehamilannya tidaklah sebesar dengan hubungan seksual di masa subur.

Oleh karena itu, wajib hukumnya mengetahui kapan masa subur Anda akan segera datang. Ada dua cara yang umum dilakukan oleh para wanita untuk mengetahuinya. Pertama, dengan memantau perkembangan suhu basal tubuh dan keadaan lendir serviks yang akan dicatat di grafik ovulasi. Kedua, dengan menggunakan alat prediksi ovulasi (ovulation predictor kit).

Cara mengetahui masa subur dengan metode yang terakhir ini wajib Anda coba. Alat tersebut telah tersedia di sejumlah apotek dan toko obat. Cara kerjanya pun lebih canggih karena hanya menggunakan tes urin. Dari urin tersebut, hormon yang memberi sinyal kalau ovulasi sudah dekat akan terdeteksi dengan mudah.

Jika Anda ingin hamil dan masih ragu menggunakan alat ini, akuinginhamil.com akan memaparkan enam alasan mengapa Anda tidak akan rugi mengetahui masa subur dengan alat ini.

1. Alat prediksi ovulasi nyaman dan bebas dipakai

Jika Anda adalah tipe wanita yang ingin segalanya terasa praktis, modern, dan kurang telaten, alat prediksi ovulasi ini sangat dianjurkan. Cara pakai alat ini serupa alat tes urin untuk narkoba dan kehamilan. Anda tinggal menampung urin atau buang air kecil di atas alat ini. Setelah beberapa saat, analisis ovulasi Anda akan tampil lewat garis strip atau tanda lainnya.

Alat ini pun bisa dipakai kapan saja. Anda tidak perlu menunggu menstruasi tiba untuk memakainya. Pagi, siang, sore, malam, dipakai setiap hari, atau sesempatnya, boleh-boleh saja. Menyenangkan, bukan?

2. Hasilnya lebih akurat jika dibandingkan dengan pemakaian grafik ovulasi

Karena metode yang dipakai lebih canggih dan modern, tentu saja alat ini mampu memperkirakan waktu ovulasi Anda lebih akurat. Apalagi cara kerjanya yang langsung mendeteksi kadar hormon dalam urin. Kurang canggih apalagi?

3. Bisa memprediksi masa subur sangat cepat

Ketika Anda menggunakan grafik ovulasi yang berbasis pada lendir serviks dan suhu basal, Anda perlu waktu berbulan-bulan untuk tahu pasti kapan ovulasi akan tiba. Ini karena Anda membutuhkan pola ovulasi dan memastikannya berjalan secara rutin dan teratur. Lain halnya dengan alat prediksi ovulasi. Alat ini dapat memprediksi tibanya ovulasi paling dekat enam jam sebelumnya.

4. Penggunaannya hanya diperlukan di pertengahan siklus

Dibandingkan dengan pencatatan suhu basal dan lendir serviks via grafik ovulasi, alat prediksi ovulasi tidak perlu dipakai setiap hari. Cukup pada pertengahan siklus bulanan saja, ovulasi bisa diperkirakan. Sedangkan grafik ovulasi menuntut Anda menggunakan termometer basal di pagi hari sebelum bangkit dari posisi tidur. Jika Anda lupa, bukankah pencatatan dan prediksi ovulasi malah tidak akurat?

5. Alat prediksi ovulasi bekerja lebih baik pada mereka yang tidak mengalami kenaikan suhu basal

Tidak semua wanita akan mengalami ovulasi yang diiringi kenaikan suhu basal secara tajam. Keadaan tidak normal yang bisa disebabkan oleh beragam faktor ini, tentu saja membuat rencana kehamilan jadi rancu. Nah, kabar baiknya, alat prediksi ovulasi dapat menjembatani permasalahan ini. Ovulasi pun bisa terdeteksi meski suhu basal terasa datar-datar saja.

6. Tidak perlu susah-susah menilik lendir serviks

Anda suka jijik atau tidak tega melihat dan menyentuh lendir serviks sendiri? Atau kadang, Anda tidak bisa membedakan lendir serviks mana yang berpotensi untuk masa subur? Sudahlah! Mungkin Anda memang harus beralih ke alat prediksi ovulasi! Tak perlu susah-susah emnilik lendir, ovulasi pun langsung terdeteksi.

Bagaimana calon ibu? Anda paling masuk dengan alasan nomor berapa? Sudahlah! Tak perlu pikir panjang lagi! Yuk segera ke apotek dan membeli alat prediksi ovulasi! Dijamin waktu ovulasinya akurat dan masa subur Anda bisa segera dimaksimalkan untuk merencanakan kehamilan!

Selamat mencoba, ya!