Apa itu Infertilitas?

Apa itu infertilitas Infertilitas dapat diartikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil setelah berhubungan seks tanpa kondom secara teratur. Infertilitas merujuk pada ketidakmampuan biologis seseorang untuk memberikan kontribusi terhadap konsepsi (pembuahan), atau jika seorang perempuan tidak mampu hamil dalam jangka waktu yang lama. Di berbagai negara infertilitas berarti apabila pasangan suami istri gagal untuk hamil setelah 12 bulan melakukan hubungan seksual secara rutin tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah kasus infertilitas merupakan kondisi yang di alami perempuan, sedangkan sisanya disebabkan oleh salah satu gangguan sperma dan faktor lain yang tidak dikenal. Menurut TheMayo Clinic, Amerika Serikat:

  • Sekitar 20% dari kasus infertilitas disebabkan pada manusia.
  • Sekitar 40% sampai 50% dari kasus infertilitas disebabkan oleh wanita.
  • Sekitar 30% sampai 40% dari kasus infertilitas disebabkan oleh kedua pasangan (pria dan wanita).

Menurut kamus medis Medilexicon, infertilitas adalah “Hilangnya kemampuan atau tidak bisa menghasilkan keturunan, baik olehlaki-laki atauperempuan, tidakdapat diubahsebagaimanakemandulan.”

Menurut Departemen Kesehatan Amerika Serikat, sekitar 10% sampai 15% dari pasangan di Amerika Serikat tidak subur – yang berarti mereka tidak juga hamil setelah setidaknya satu tahun rutin berhubungan seks tanpa kondom.

Banyak kasus infertilitas yang dapat diobati. Infertilitas dapat dikarenakan penyebab tunggal pada salah satu pasangan atau bisa juga hasil dari kombinasi beberapa faktor.

Kemungkinanuntuk hamildalam waktusatu tahun

Di Eropa, Amerika Utara dan sebagian besar dunia, sekitar 85% dari pasangan suami istri akan hamil dalam waktu satu tahun jika mereka memiliki hubungan seks tanpa kondom dan teratur. Sementara di Inggris rata-rata persentasenya adalah sebagai berikut (National Health Service):

  • 20% akan hamil dalam waktu satu bulan
  • 70% akan hamil dalam waktu enam bulan
  • 85% akan hamil dalam waktu 12 bulan
  • 90% akan hamil dalam waktu 18 bulan
  • 95% akan hamil dalam waktu 24 bulan

Oleh Sebab itu, para dokter di Inggris biasanya tidak akan mendiagnosa seorang pasangan dengan infertil hingga 24 bulan berlalu setelah berhubungan seksual tanpa kondom secara rutin. Kebanyakan orang akan berkunjung ke dokter umum saja jika tidak ada kehamilan dalam waktu 12 bulan mencoba.

Menurut National Health Service, Inggris, pasangan yang telah mencoba untuk hamil selama lebih dari tiga tahun memiliki kesempatan 25% maksimum hamil selama 12 bulan berikutnya jika mereka terus mencoba.

Lanjutkan baca => Apa Saja Faktor yang Menyebabkan Infertilitas?